4 Umpan Ikan Mas Yang Dilarang Dalam Perlombaan Mancing

Umpan ikan mas yang dilarang biasanya dicetuskan pada setiap perlombaan memancing. Tujuan diadakannya pembedaan umpan yang dilarang dan diperbolehkan adalah untuk menjaga ke-sportif-an dan hal lainnya. Ada banyak jenis umpan yang dilarang untuk digunakan agar perlombaan tetap bisa berjalan lancar. Baca Juga: Ini 4 Umpan Pelet Ikan Mas Tanpa Kroto! No 3 Dijamin Strike Angler Wajib Coba

Umpan Ikan Mas Yang Dilarang Dalam Perlombaan Mancing

Umpan Ikan Mas Yang Dilarang Dalam Perlombaan Mancing
Umpan Ikan Mas Yang Dilarang Dalam Perlombaan Mancing

Lantas, sebenarnya apa sajakah macam-macam umpan yang tidak boleh untuk dipakai saat lomba mancing? Persyaratan umumnya adalah apapun jenis umpan yang menimbulkan kerugian baik bagi pihak penyelenggara atau bagi peserta lain. Inilah contoh beberapa umpan yang dilarang digunakan untuk berlomba:

1. Umpan Ngebom

Jenis umpan ikan mas yang dilarang pertama adalah umpan ngebom. Apa itu umpan ngebom? Istilah ini dirujuk kepada umpan ikan mas yang berupa campuran makanan dan diberikan sebagai umpan dengan cara dilempar. Baik menabur di dekat kail pancing atau dilempar ke tengah kolam.

Alasan dilarangnya umpan ngebom ini adalah karena dapat merusak ekosistem air kolam dan juga menjadikan kolam lomba kotor. Tidak semua umpan ngebom akan dimakan oleh ikan Itulah kenapa Umpan ini bisa menjadi faktor terbesar dari kotornya kolam perlombaan.

2. Umpan Racikan Mie Instan

Umpan kedua yang sama-sama tidak diperbolehkan untuk dipakai saat lomba adalah umpan racikan mie instan. Pada saat ini, banyak pemancing yang tidak sadar dan terus menjadikan mie instan yang dihaluskan bersama bumbunya sebagai umpan ikan mas. 

Ternyata umpan jenis ini merupakan umpan yang paling dilarang. Alasan dilarangnya penggunaan Umpan ini adalah karena dapat merusak ikan yang hidup dalam kolam itu sendiri. 

Mie instan dan bumbunya yang mengandung senyawa kimia dinilai bisa jadi tidak cocok dengan ekosistem kolam dan akhirnya merusak kolam. Namun, pada beberapa perlombaan masih ada panitia yang mengizinkan penggunaan umpan ini.

3. Umpan Tembleg Susu

Apa itu umpan Tembleg susu? Umpan ini merupakan salah satu umpan ikan mas yang dilarang dipakai untuk memancing umpan ini dibuat dari campuran susu bersama dengan kroto dan tepung putih. Nantinya campuran tersebut akan dibentuk kenyal-kenyal dan dijadikan pelet umpan.

Akan tetapi, umpan Tembleg Susu dilarang penggunaannya pada saat memancing ikan mas, khususnya pada perlombaan. Alasannya adalah Umpan ini dapat membuat ikan sangat tertarik dan bisa membuka peluang kecurangan dalam suatu lomba. Jadi akhirnya, penggunaan umpan ini dilarang.

4. Umpan Hidup

Terakhir, jenis hutan yang juga dilarang penggunaannya adalah umpan hidup. Jenis umpan hidup ada beberapa contohnya, misalnya adalah cacing tanah, ulat, dan serangga-serangga hidup lainnya. Umpan jenis ini dinilai dapat membawa kecurangan.

Alasannya adalah umpan hidup yang disukai oleh ikan mas dapat membuat ikan mas berkumpul pada satu peserta yang memberikan umpan tersebut. Hal ini dapat merugikan peserta lain tentunya. Hingga akhirnya penggunaannya dilarang.

Jenis Umpan yang Diperbolehkan Untuk Dipakai

Apabila contoh di atas merupakan umpan ikan mas yang dilarang dalam suatu perlombaan, lalu jenis umpan apakah yang diperbolehkan untuk digunakan? Secara umum upah yang diperbolehkan adalah umpan yang di luar dari syarat-syarat kecurangan dan kerusakan tadi.

Contoh umpan yang diperbolehkan adalah umpan racikan. Maksud dari umpan racikan adalah umpan yang dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan alami dengan pelet atau sejenisnya. Umpan akan dibuat sendiri dan inilah umpan yang sah dijadikan bahan lomba.

Makan racikan ada banyak jenisnya. Kedua contoh yang paling umum adalah umpan racikan telur asin dan juga umpan racikan telur putih. Bisa juga menggunakan pelet biasa untuk digunakan saat lomba. Baca Juga: Cara Meracik Essen Ikan Mas Babon

Umpan ikan mas yang dilarang saat kejuaraan di atas jangan sekali kali dipakai untuk berlomba. Apabila di luar lomba, semuanya boleh saja dipakai. Kecuali untuk beberapa jenis umpan yang bisa berpotensi merusak kolam dan ikannya karena dapat menimbulkan kerugian.