Alat Penangkap Ikan Modern

Alat penangkap ikan modern
Alat penangkap ikan modern

Alat Penangkap Ikan Modern – Bagi banyak pemancing, memilih, mengatur, dan menggunakan alat tangkap ikan adalah hal yang harus diperhatikan.

Tanpa Alat tangkap ikan yang benar, maka nelayan tidak bisa membawa hasil yang menyenangkan.

Alat Penangkap Ikan Modern saat ini banyak membantu para nelayan. Siapa saja yang ingin menangkap banyak ikan juga bisa terbantu dengan hadirnya alat-alat modern ini.

Tidak hanya satu alat tangkap saja, namun ada juga alat untuk menangkap ikan terbaik degan teknologi terbaru. Kira-kira apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Alat Penangkap Ikan Modern

Semakin canggihnya teknologi saat ini, maka semakin memudahkan nelayan untuk bisa menangkap ikan tanpa harus menjumpai banyak kesulitan.

Masing-masing alat memang mempunyai kelebihannya tersendiri. Semua pilihan alat tergantung pada budget dan kebutuhan para nelayan yang ingin menangkap seberapa banyak ikan.

Berikut adalah beberapa alat tangkap ikan yang modern :

Fishing Rod in Pen

Alat penangkap ikan modern
Shopee.co.id

Kalau alat pancing yang hanya terdiri dari joran, kail dan senar mungkin itu merupakan alat yang bisa dibilang masih biasa.

Namun bagaimana jika alat pancing itu bisa digulung menjadi seperti pena dan mudah dibawa ke mana-mana?

Alat Penangkap Ikan Modern ini memiliki ukuran yang kecil dan memudahkan Anda menangkap ikan kapan saja Anda mau.

Fishing rod ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan hampir seperti pena bentuknya dan bisa Anda selipkan pada saku ataupun tas.

Apabila dilipat, maka alat pancing modern ini bisa berubah ukurannya hingga 20 cm saja! Alat pancing ini terbuat dari bahan aluminium sehingga sangat kuat meskipun sering dilipat-lipat.

Bahan aluminium juga membuat alat pancing modern ini lebih ringan dibawa ke mana-mana. Nah, jika Anda tarik fishing rod in pen ini untuk memancing, maka ukurannya bisa mencapai 1 meter.

Fishing rod in pen diproduksi menggunakan teknologi presisi sehingga cocok untuk dibawa ke mana-mana.

Bream Trawl

Alat untuk menangkap ikan modern
Cornwallgoodseafoodguide.org.uk

Alat Penangkap Ikan Modern Selanjutnya ada bream trawl, sebuah alat penangkap ikan dengan teknologi mesin penggaruk.

Sebenarnya alat tangkap ikan ini sudah digunakan sejak lama oleh para nelayan yang biasa mencari ikan di pesisir lautan.

Alat ini sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di berbagai negara. Bream trawl  bisa dibilang sangat efektif untuk mengambil ikan dengan alat penggaruknya.

Pada umumnya, bream trawl  lebih banyak digunakan untuk menangkap ikan yang ukurannya kecil-kecil. Alat ini juga bisa digunakan untuk menangkap udang atau kerang.

Nah, bentuk dari bream trawl  adalah kerucut yang memanjang. Alat ini dilengkapi dengan jaring agar bisa menjerat banyak ikan. Cara kerja bream trawl  adalah digerakkan oleh kapal nelayan.

Setelah itu, bream trawl  akan dilepaskan di bawah laut untuk menangkap ikan-ikan kecil dan kemudian nelayan akan menarik alat ini jika jaring telah terisi oleh ikan.

Satelit Navigasi Sistem

Alat bernama satelit navigasi sistem ini sangat membantu nelayan untuk mengetahui di mana lokasi spesifik ikan berada, bagaimana arah angin dan seperti apa suhu permukaan laut.

Dengan alat tangkap ikan yang berteknologi modern ini, maka siapapun akan lebih mudah dalam berburu ikan di tengah lautan.

Alat ini dibekali dengan fitur yang mampu menavigasi atau melacak keberadaan ikan-ikan di bawah laut sehingga memudahkan nelayan untuk menjaringnya.

Fish Finder

Alat fish finder
Baktikunegeriku.com

Alat Penangkap Ikan Modern selanjutnya ini merupakan salah satu alat buatan orang Indonesia yang memudahkan nelayan untuk memburu ikan.

Sesuai dengan nama alatnya, yakni ‘fish finder’ atau penemu ikan, maka alat ini digunakan untuk menemukan lokasi ikan-ikan berkumpul atau bergerombol.

Cara kerja dari alat ini adalah dengan meletakkan kamera di bawah kapal dan kamera akan bekerja untuk memonitor keberadaan ikan.

Selain mengandalkan teknologi kamera, alat ini juga mengandalkan GPS untuk memudahkan monitoring nelayan.

Alat satu ini dibanderol dengan biaya 15 juta rupiah. Meskipun mahal, namun  alat ini sangatlah efektif untuk menangkap ikan dan cara kerjanya juga terbilang efisien.

Sonar Penangkap Ikan

Alat penangkap ikan berteknologi modern selanjutnya yang terbukti efektif untuk menangkap ikan di lautan adalah sonar penangkap ikan.

Sesuai namanya, maka alat ini memang mengandalkan pantulan suara untuk bisa mendeteksi keberadaan ikan-ikan yang ada di bawah laut.

Nah, sonar penangkap ikan kemudian menginterpretasikan pantulan suara melalui warna.

Nelayan hanya perlu memonitor dari layar warna-warna yang diinterpretasikan dari suara yang ditangkap, apakah kapal akan mendekati gerombolan ikan atau justru mendekati karang.

Baca Juga : Alat Penangkap Ikan Yang Dilarang

Mr. Krabs

Mendapatkan ikan dengan alat Mr. Krabs
Merahputih.com

Mendengar kata Mr. Krabs mungkin yang terlintas adalah nama tokoh kartun dalam Spongebobs bukan? Nah, Mr. Krabs sendiri adalah singkatan dari Modern Revolusioner Keramba.

Mr. Krabs merupakan sebuah alat penangkap ikan berteknologi modern hasil mahasiswa UGM Yogyakarta.

Mr. Krabs merupakan alat penangkap ikan yang mengandalkan fitur LED Superbright yang digunakan untuk menarik ikan-ikan di lautan.

Warna yang dihasilkan dari LED ini adalah merah dan hijau yang menghasilkan sinar yang amat terang. Setelah itu, ikan yang terdeteksi cahaya akan ditangkap dan digiring masuk ke keramba.

Keramba ini memiliki teknologi sensor photodiode sehingga jika ada ikan yang masuk keramba akan terbaca oleh layar dan nelayan hanya perlu melakukan monitoring.

Smart Fishing

Smart fishing untuk menjebak ikan
Fishfiles.com.au

Alat Penangkap Ikan Modern terakhir ada teknologi bernama smart fishing yang memudahkan nelayan menemukan ikan.

Smart fishing ini merupakan aplikasi yang mampu melakukan scanning sehingga nelayan menjadi lebih mudah menemukan lokasi spesifik ikan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi satelit termutakhir sehingga bisa mentransmisikan informasi tentang lokasi ikan kepada para nelayan melalui layar.

Baca Juga : Alat Penangkap Ikan Tradisional

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa jenis Alat Penangkap Ikan Modern yang menggunakan teknologi terbaru masa kini. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Join the discussion

Memancing.info