Aroma Essen Yang Disukai Ikan Bawal

Ketika kamu ingin memancing tentu mengharuskan yang namanya persiapan umpan ikan. Jenis umpan yang dipilih tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan target ikan yang akan dipancing, maka berikut ini adalah aroma essen yang disukai ikan bawal sebagai pendukung umpan.

Ikan bawal sering menjadi target para pemancing karena sensasi strike dari bawal ini cukuplah menegangkan dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para penghobi mancing.

Sebelum melakukan pemancingan, alangkah lebih baiknya mengetahui karakteristik ikan bawal itu sendiri. Bawal dikenal dengan karakter yang agresif, lincah, dan galak, gigi yang kuat serta tajam dimana hidup secara berkelompok layaknya ikan nila dan ikan tawes.

Terkadang untuk memancing ikan bawal, racikan umpan saja kurang berpengaruh, sehingga membutuhkan penguat aroma pada umpan agar ikan mau memakannya.

Baca Juga: Umpan Ikan Bawal

Maka dengan hal tersebut, essen dapat digunakan untuk memberikan aroma pada umpan sehingga memiliki bau yang kuat dan mengundang ikan untuk menyambar umpan.

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Bawal

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Bawal
Aroma Essen Yang Disukai Ikan Bawal

Lalu apa saja sih aroma essen yang disukai ikan bawal? Yuk ketahui selengkapnya.

Mari ketahui yuk apa saja essen yang bisa digunakan untuk memancing ikan bawal ini, dan ikan bawal menyukainya.

Essen SemarWangi

Essen semarwangi memiliki aroma yang wangi, dan ini cocok untuk memancing bawal baik harian ataupun galatama. Dengan kemasan botol kecil, membuat essen ini mudah digunakan dan dibawa kemana-mana.

Essen Barracuda A-3

Dengan menggunakan essen barracuda yang memiliki aroma menyengat dan wangi membuat ikan bawal mudah untuk melahap umpan.

Aroma kuat yang diberikan essen menggundang ikan bawal untuk mendekat dan melahap umpan, sehingga strike pun akan menjadi lebih sering.

Essen Choya

Selain itu, bawal juga suka dengan aroma aroma yang amis, maka essen choya juga bisa digunakan untuk memancing ikan bawal babon.

Aroma Essen Udang Yang Disukai Ikan Bawal 

Selain essen choya, ada juga essen udang yang juga memiliki aroma amis sehingga membuat umpan memiliki aroma yang menyengat, dengan penciuman yang tajam yang dimiliki bawal, umpan akan mudah tercium baunya dan membuat ikan mudah melahapnya.

Aroma Essen Oplosan Yang Disukai Ikan Bawal 

Ketika ingin mendapatkan hasil maksimal, maka bisa juga menggunakan essen oplosan dimana aroma wangi, amis, dan manis digabungkan menjadi satu, dengan takaran yang pass aroma essen oplosan sangat disukai ikan.

Dengan menggunakan essen dapat mengganti bahan umpan juga ketika bahan umpan tidak bisa didapatkan, misal jika umpan memerlukan udang, ketika udang tidak ada, maka bisa menggunakan essen udang.

Baca Juga : Aroma Essen Yang Disukai Ikan Lele

Jadi itulah daftar aroma essen yang disukai ikan bawal, semoga bermanfaat.