Aroma Essen Yang Disukai Ikan Gurame

Essen ikan gurame adalah faktor penting bagi para pemancing, biasanya para pemancing memanfaatkan jenis serangga yang disukai gurame untuk dibuat umpan, dan sebagai penguat aroma pemancing memilih essen, berikut aroma essen yang disukai ikan gurame.

Ikan gurame atau gerameh memiliki nama latin Osphronemus Goramy, adalah ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi khususnya di wilayah Asia Tenggara dan Selatan.

Namun tidak hanya sebagai ikan konsumsi saja, terdapat beberapa spesies gurame yang dijadikan sebagai ikan hias akuarium, hal ini karena keunikannya.

Pemancing ikan menyukai ikan gurame karena selain memiliki daging yang banyak, gurame dikenal dengan sensasi strike yang menegangkan, tarikannya yang kuat dan tidak mudah menyerah membuat daya tarik tersendiri bagi pemancing.

Untuk itu akan dibahas aroma essen yang disukai ikan gurame sebagai pendukung umpan agar dalam memancing gurame mendapatkan hasil yang maksimal.

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Gurame

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Gurame
Aroma Essen Yang Disukai Ikan Gurame

Dalam memancing ikan, khususnya gurame, biasanya pemancing akan menambahkan essen kedalam racikan umpan agar mendapatkan aroma yang kuat.

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang senang dengan aroma aroma menyengat, berikut ini daftar aroma essen yang tepat untuk memancing ikan gurame.

Essen Durian

Essen durian memiliki aroma yang manis dan menyengat, hal ini disukai oleh gurame, maka essen durian bisa digunakan untuk campuran dalam meracik umpan ikan gurame.

Essen Nangka

Nangka dikenal dengan rasa yang manis dan aroma yang kuat, hal ini juga disenangi oleh ikan gurame, maka ketika ingin memancing ikan gurame liar, essen nangka bisa diterapkan.

Essen Pisang

Selain essen nangka, ada juga essen pisang yang bisa digunakan untuk racikan umpan ikan gurame, aroma pisang yang kuat dan manis, membuat umpan lebih mudah di sambar oleh ikan gurame.

Essen Pandan

Essen pandan adalah jenis essen dengan aroma alami yaitu bahan pandan, dan menjadi salah satu essen yang ampuh dalam resep rahasia umpan ikan gurame. Dengan essen pandan umpan jitu ikan gurame dapat membantu para pemancing mendapatkan ikan.

Essen Tengiri

Selain essen buah-buahan, gurame juga menyukai aroma yang kuat dan amis, maka racikan umpan bisa ditambahkan dengan essen tengiri, biasanya umpan ini digunakan untuk memancing gurame di tambak.

Baca juga : Aroma Essen Yang Disukai Ikan Nila

Racikan Essen Ikan Gurame

Berikut ini adalah beberapa daftar racikan essen ikan gurame pada agar semakin ampuh dan jitu dalam mendapatkan ikan gurame.

Bahan Racikan I:

  1. 2 buah roti marie
  2. 1 bungkis mie instan (dihaluskan)
  3. Berkley no.9
  4. Berkley no.11
  5. 1 bungkus biskuit klik
  6. Essen Durian

Cara Meracik Essen Untuk Gurame:

  • Campurkan bahan-bahan diatas pada wadah, mulai dari roti marie, mie instan, dan biskuit.
  • Haluskan bahan-bahan diatas, lalu tambahkan air dan 3 tetes essen durian pada berkley no.9 dan no.11.
  • Jika sudah tambahkan lagi essen durian sebanyak 5 tetes, jika adonan umpan terlalu kental maka tambahkan sedikit air.
  • Umpan bisa digunakan.

Bahan Racikan II:

  1. Pelet
  2. 1 kaleng deho kecil
  3. Air hangat
  4. Essen Nangka

Cara Meracik:

  • Pertama, silahkan masukkan daging deho pada plastik, dan tambahkan kinoy.
  • Setelah itu, masukkan pelet kedalam plastik, dan aduk hingga rata dan membentuk sebuah adonan.
  • Apabila adonan terasa keras, maka bisa menambahkan air hangat secukupnya, hingga terasa adonan mudah dibentuk menjadi umpan.
  • Selain itu, jangan lupa tambahkan 3-4 tetes essen nangka untuk semakin memperkuat aroma umpan.
  • Umpan siap digunakan.

Baca Juga: Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

Itulah berbagai jenis aroma essen yang disukai ikan gurame, dan beberapa daftar cara meracik essen semoga bermanfaat.