Aroma Essen Yang Disukai Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh para pemancing, baik dalam memancing harian hingga galatama, lele adalah ikan yang ikut serta dalam pemancingan. Maka agar mendapatkan lele secara maksimal kamu perlu tahu aroma essen yang disukai ikan lele.

Dalam meracik umpan ikan lele, biasanya para penghobi mancing membuat racikan khusus dengan mencampurnya menggunakan essen, hal ini terbukti ampuh.

Maka dari itu, dengan mengetahui aroma essen yang disukai ikan lele menyukainya akan lebih memaksimalkan hasil tangkapan.

Essen sendiri memiliki fungsi sebagai bahan tambahan dalam peracikan umpan agar membuat aroma umpan menjadi kuat dan menarik ikan untuk memakan umpan, sehingga diharapkan akan lebih sering strike.

Manfaat Penggunaan Essen

Kenapa harus menggunakan essen pada umpan ikan lele? Hal ini tentunya karena essen memiliki keunggulan, dimana keunggulan yang paling terlihat adalah essen mampu memberikan aroma wangi dan rasa yang menjadi lebih kuat.

Terdapat beberapa keunggulan jika umpan ikan lele diberikan essen, diantaranya yaitu:

  1. Essen Mudah Ditemukan, Saat ini untuk mendapatkan essen tidak lah sulit, karena sudah sangat mudah dijumpai.

    Sebab essen sudah diproduksi pabrik, terdapat berbagai macam varian rasa pada essen yang bisa digunakan, varian rasa pada essen sangatlah beragam, maka pilih aroma atau rasa essen yang sangat disukai ikan lele.

  2. Mudah digunakan, Cara penggunaan essen cukuplah mudah, hanya perlu meneteskan beberapa tetes pada bahan umpan yang akan digunakan sebagai penguat rasa.

    Dengan hal ini, membuat penggunaan essen sangatlah praktis dan awet untuk diterapkan pada umpan, selain itu wadah essen menggunakan botol kecil, yang mana akan mempermudah pemancing dalam membawanya kemana-mana.

  3. Bahan Pengganti Umpan, Essen juga dapat dijadikan sebagai bahan pengganti dalam membuat racikan umpan ikan lele. Misalkan ketika sulit menemukan bahan udang dalam pembuatan umpan memancing, maka aroma essen udang bisa menjadi penggantinya.

    Begitu pula pada bahan lainnya, sehingga dapat dikatakan essen mempermudah dalam membantu peracikan umpan memancing.

Lalu apa sih essen yang paling disukai ikan lele ini, mari ketahui. Baca juga aroma essen yang disukai ikan mas.

Aroma Aroma Essen Yang Paling Disukai Ikan Lele

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Lele
Aroma Essen Yang Disukai Lele

Dalam penggunaan essen sebagai tambahan pada racikan umpan ikan lele yang paling ampuh harusnya perlu tahu terlebih dahulu berbagai jenis bau essen yang disukai ikan lele.

Dengan mengetahui berbagai jenis aroma essen yang disukai lele, maka akan lebih membuat umpan menjadi maksimal dalam mengundang ikan untuk menyambar, berikut inilah daftar aroma essen yang disukai lele:

1. Manis

Ikan lele terkenal menyukai aroma yang manis, maka agar bisa memperoleh rasa manis bisa menggunakan essen dengan aroma pisang, nangka, milkshake, atau essen jagung bakar.

2. Wangi

Selain aroma manis, ikan lele juga senang dengan aroma umpan yang wangi, jenis jenis essen dengan aroma wangi antaranya seperti almond, pandan, atau melati.

3. Gurih

Tidak hanya wangi dan manis, ikan lele juga sangat senang dengan aroma yang gurih dan sedikit amis. Agar umpan ikan memiliki aroma gurih, maka essen yang cocok diterapkan antara lain seperti essen tengiri, essen udang, ataupun essen tongkol.

Dengan mengetahui aroma essen yang disukai lele, maka akan lebih mudah dalam membuat racikan umpan ikan yang paling tepat, selain itu bisa juga menerapkan penggabungan essen secara tepat agar umpan semakin jitu.

Baca Juga : Aroma Essen Yang Disukai Ikan Mas

Perbandingan yang sesuai dalam peracikan aroma essen oplosan adalah rasa gurih, amis, manis, dan wangi. Dengan ratio yaitu gurih dan amis sekitar 70% ditambah wangi dan manis sekitar 30%. Itulah daftar aroma essen yang disukai ikan lele, semoga bermanfaat.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENTS
X CLOSE