Aroma Essen Yang Disukai Ikan Nila

Memancing ikan nila memiliki kepuasan tersendiri, dengan tarikan ikan nila yang ganas, membuat para pemancing ketagihan strike, berikut ini aroma essen yang disukai ikan nila untuk campuran umpan.

Masih banyak sekali yang belum tahu campuran essen dapat meningkatkan hasil memancing. Maka kali ini akan dibahas seputar aroma essen bagi ikan nila.

Cara Membuat Racikan Essen Ikan Nila Sendiri

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Nila
Aroma Essen Yang Disukai Ikan Nila

Essen ikan nila mudah didapatkan dan diracik, dengan racikan yang tepat, maka akan menjadikan ikan terus menyambar umpan, agar semakin memaksimalkan umpan, biasanya para pemancing memberikan tambahan aroma essen.

Untuk membuat racikan tersebut maka perlu dipersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan.

Berikut ini akan dibagikan tentang bagaimana cara meramu, membuat dan meracik aroma atau essen yang bercampur dengan lumut.

Campuran essen lumut ini paling jitu untuk memancing ikan nila ataupun ikan mujair. Umpan ini sudah teruji dikalangan para komunitas penghobi mancing, khususnya ikan nila.

Racikan ini tidak memberi dampak lumut mati, selain itu campuran dari essen lumut tersebut tidak begitu menghabiskan dana besar.

Untuk terhindar dari tercampurnya bakteri sehingga membuat umpan menjadi cepat busuk, maka gunakanlah peralatan yang steril.

Bahan-bahan essen lumut tersebut seperti berikut:

  • Essen Vanilla
  • Essen Strawberry

Cara membuat racikan essen lumut buat ikan nila:

  • Silahkan campurkan kedua essen vanilla dan strawberry kedalam satu wadah dengan perbandingan takaran 10:2.
  • Untuk essen vanila dengan tarakan 2 bagian dan essen strawberry 10 bagian.
  • Contohnya, apabila digunakan essen strawberry sebanyak 50 ml, maka tambahkan essen vanilla sebanyak 10 ml.
  • Jika ingin akurat dalam menakar essen, silahkan gunakan alat ukur yang bisa didapatkan ditoko-toko pancing terdekat, atau melalui toko online.

Cara penggunaan racikan essen lumut buat ikan nila:

  1. Essen adalah bahan kimia, maka sebaiknya sebelum mencampurnya dengan lumut, maka pilihlah lumut yang masih segar, sudah tua, sehingga lumut tetap kuat serta tidak mudah hancur akibat efek bahan kimia dari essen.
  2. Ciri lumut yang sudah tua adalah warnanya hijau pekat, cenderung kehitam-hitaman.
  3. Jika lumut sudah siap, campurkan essen yang sudah diracik sebanyak 5 tetes pada setiap ukuran lumut dalam wadah baskom dengan diameter kurang lebih 30cm.
  4. Akan lebih baik lagi jika meneteskan essen kedalam air yang ada pada wadah terlebih dahulu, baru kemudian menambahkan lumut ke wadah.
  5. Aroma dari essen yang sudah dicampur pada lumut akan memikat ikan nila karena aromanya yang menyengat.

Selain digunakan sebagai umpan, campuran lumut dan essen ini digunakan juga agar ikan nila berkumpul dan betah pada spot mancing.

Caranya adalah dengan menuangkan air kurang lebih sebanyak satu perempat gelas atau sekitar 50 cc, lalu tambahkan essen yang sudah diracik sebanyak 5 tetes, kocok hingga lumut dan essen tercampur dengan rata.

Jika sudah, silahkan siramkan ke dalam setengah kilogram menir dan aduk hingga rata, tunggu beberapa menit hingga kering, dan umpan penabur ikan nila siap untuk digunakan.

Racikan Essen Lumut Buat Ikan Nila

Lumut dapat dijadikan sebagai umpan alami ikan nila tanpa aroma tambahan, namun pada saat kondisi tertentu ikan lebih menyukai umpan yang beraroma kuat, sehingga lumut perlu diberikan essen.

Essen dapat dibeli di toko-toko pancing terdekat dengan berbagai macam variasi aroma, untuk ikan nila sendiri biasanya menggunakan essen choya, essen ini cukup bagus ketika kondisi air hangat, terkena sinar matahari, bisa dibilang ketika siang hari.

Ketika cuaca dingin seperti pagi atau malam hari, essen yang tepat digunakan adalah essen dengan aroma manis seperti cocopandan ataupun pisang.

Racikan Essen Cacing Buat Ikan Nila

Selain menggunakan lumut, umpan jitu ikan nila lainnya adalah dengan menggunakan cacing. Cara mendapatkan cacing merah juga tidak sulit. Agar cacing memiliki rasa buah, maka bisa biarkan cacing memakan buah terlebih dahulu.

Caranya yaitu siapkan pot dengan ukuran sedang, lalu diberi tanah, pada bagian bawah dan sekitar permukaan atas diberi sabun colek, sehingga cacing tidak kabur.

Kemudian masukkan cacing yang telah didapatkan, beri tanah sedikit, dan taruh irisian buah semangka, sekitar 200-300 mg.

Tunggu hingga kurang lebih satu minggu, sehingga cacing merah memakan semangka tersebut, dan ketika sudah seminggu maka cacing bisa digunakan untuk memancing ikan nila.

Aroma Essen Yang Disukai Ikan Nila Ampuh

Setelah mengetahui cara membuat essen ikan nila liar, kini perlu juga diketahui aroma essen yang disukai ikan nila, apa saja sih, yuk ketahui.

Aroma Essen Choya Disukai Ikan Nila

Para pemancing biasanya akan memilih essen dengan aroma gurih ketika memancing ikan nila, salah satunya yaitu essen choya dimana memiliki aroma yang wangi, gurih dan membuat ikan nila menjadi tertarik memakan umpan.

Baca juga aroma essen yang disukai ikan bawal.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkannya pada umpan lumut. 

Jadi siapkan lumut secukupnya, masukkan kedalam wadah dan beri air secukupnya, tambahkan essen choya 3-5 tetes, dan aduk hingga rata. Maka umpan lumut ikan nila sudah siap digunakan.

Essen Durian Untuk Ikan Nila

Aroma durian yang manis dan kuat membuat ikan nila mudah tertarik, maka essen durian ini cocok untuk memancing ikan nila, sehingga essen durian ini banyak digunakan oleh para pemancing ikan nila.

Selain itu essen durian cocok digunakan disegala cuaca, kondisi air, ataupun tempat pemancingan.

Dengan aroma durian yang sangat kuat dan menyengat, membuat ikan nila tertarik dan menghampiri umpan, hal ini membuat pemancing mudah mendapatkan strike.

Essen Barracuda Untuk Ikan Nila

Dan yang terakhir adalah essen barracuda, essen ini merupakan essen oplosan yang sudah teruji, aroma barracuda yang kuat membuat ikan lebih bernafsu untuk memakan umpan.

Essen barracuda ini memiliki 2 varian aroma, untuk barracuda A-1 memiliki aroma yang amis dan asam, sedangkan barracuda A-3 memiliki aroma wangi.

essen walang sangit untuk nila
essen katilayu untuk ikan nila
essen pisang untuk ikan nila

Itulah daftar aroma essen yang disukai ikan nila, jika ada essen lain yang bisa digunakan silahkan ditambahkan pada kolom komentar, semoga bermanfaat.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENTS
X CLOSE