Cara Mancing Di Air Keruh

Cara mancing di air keruh

Seorang pemancing baik yang profesional ataupun masih pemula, sangat dianjurkan untuk mengetahui beberapa Cara Mancing di Air Keruh ini, dengan tujuan mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal.

Mengapa demikian? alasan utamanya ialah mayoritas ikan di air tawar akan kesulitan dalam melihat umpan, ketika keadaan air sedang naik atau tinggi, sehingga wajib mengetahui apa saja umpan mancing ikan air keruh dan deras.

Sebelum mengetahui teknik memancing di sungai air keruh ini, hal pertama yang harus dipahami terlebih dahulu ialah tentang peralatan yang dipakai, spot yang potensial, waktu memancing dan umpan yang digunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini, admin Memancing.info telah merangkum secara lengkap kepada kamu, materi mengenai bagaimana Tips Mancing ikan di air keruh atau deras. Simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Penyebab Air Sungai Menjadi Keruh

Meski tidak terlalu penting, namun mengetahui penyebab Kenapa air sungai menjadi keruh adalah suatu ilmu, yang akan bermanfaat untuk seorang pemancing. Terlebih lagi bagi yang suka berburu ikan di alam liar.

Sebenarnya, penyebab umum yang terjadi hanya ada dua macam, yang pertama karena curah hujan yang tinggi, dan kedua karena pencemaran lingkungan pada sektor air.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan badan sungai tidak sanggup lagi menampung seluruh arus air yang masuk, sehingga air akan menguap dan meluber ke tebing, hingga terjadi banjir yang menggenangi pemukiman masyarakat.

Lalu, Mengapa curah hujan yang tinggi menyebabkan air menjadi keruh? Karena lumpur yang ada di dasar maupun tepian sungai jadi terpecah dan berpisah, sehingga bercampur dengan arus air dan menyebabkan warnanya menjadi kecoklatan.

Penyebab yang kedua adalah pencemaran lingkungan. Ini merupakan ulah manusia sendiri, yang melakukan berbagai kegiatan yang berujung pada pembuangan akhir di sungai.

Contohnya ialah membuang sampah, limbah pabrik, limbah peternakan, deterjen / bahan peledak, pencarian emas, dan lain-lain. meski tidak selalu membuat air menjadi keruh, namun mayoritas dari hal di atas umumnya sangat berpengaruh.

Perlengkapan Mancing Di Air Keruh

Tips mancing di air keruh
Perlengkapan Memancing Di Sungai Air Keruh

Air sungai yang keruh karena curah hujan yang tinggi, tidak membuat ikan menjadi mati atau hanyut. Nmun, beberapa motif pencemaran air bisa menyebabkan organisme di dalamnya menjadi mati, bahkan menyisakan penyakit-penyakit.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya diatas, sekarang hal yang harus kamu persiapkan yakni peralatan dalam cara mancing di air keruh. Peralatan yang digunakan tidak jauh berbeda dari umumnya, hampir sama dengan perlengkapan ketika memancing di air jernih.

Namun, saya sarankan untuk memakai umpan serangga ataupun hewan kecil yang bisa mengeluarkan bau amis yang sangat pekat, sehingga bisa tercium dengan baik oleh ikan-ikan yang ada di sungai.

Karena, ketika keadaan air sedang sangat keruh, maka penglihatan ikan juga akan sedikit terganggu, begitu pula dengan proses pergerakan mereka. Yang paling bisa mereka andalkan saat itu hanyalah indra penciuman.

Oh iya, jangan lupa juga untuk memakai pemberat senar, agar umpan bisa berada di posisi yang stabil. Dalam artian, tidak terombang-ambing oleh keadaan air yang tengah mengalir deras.

Spot Mancing Di Sungai Air Keruh

Kondisi air keruh di sini terbagi menjadi dua bagian, yakni keruh sedang dan pekat. pada kondisi air keruh sedang, kemungkinan beberapa jenis ikan masih bisa terlihat, contohnya ikan Wader, meskipun sedikit kabur.

Namun, bila keadaan air sedang keruh pekat berwarna kecoklatan, tentunya kita akan sangat sulit untuk mencari keberadaan ikan. Untuk itu, mengetahui karakter Air sangat penting karena akan menentukan spot dan potensial.

Nah, spot yang bagus ketika air sedang dalam keadaan keruh sedang maupun pekat, sejatinya hampir sama dengan spot seperti biasa yakni ketika air jernih dan tenang, baik memakai teknik dasaran ataupun casting.

Namun, sangat dianjurkan untuk mencari spot di pinggiran sungai, terutama yang bermuara atau dekat dengan laut. Biasanya sepi an sungai akan sedikit sedang dan tidak terlalu keruh.

Akan lebih bagus lagi ketika kamu mendapatkan spot di lokasi hulu, yang posisi sungai berbentuk tikungan. di daerah ini, aliran air juga sangat berbeda, dia akan jauh lebih tenang, sehingga menjadi tempat berkumpulnya ikan.

Selain itu, juga dianjurkan untuk memancing di spot pertemuan antara sungai dengan anak sungai. Biasanya, di daerah tersebut ditumbuhi pohon-pohon atau tumbuhan liar yang menjorok ke badan sungai. Di sini juga menjadi tempat berkumpulnya ikan.

Spot yang terakhir ialah di lokasi-lokasi bekas longsoran tanah, biasanya di tempat ini akan ada berbagai tumpukan kayu atau bambu yang terjebak, sehingga menyebabkan aliran air terhambat dan akhirnya menjadi sedikit tenang.

Simak juga : Tips Mancing Di Musim Hujan

Umpan Mancing Di Air Keruh

Umpan Ikan Air Keruh | Cyberspaceandtime.com

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, ketika air sedang keruh, maka penglihatan mayoritas ikan akan jadi terganggu, sehingga menyulitkan mereka ketika berburu mangsa. Mereka hanya bisa mengandalkan indera penciuman.

Nah, untuk itu, umpan yang dianjurkan untuk dipakai ialah umpan yang memiliki bau amis yang kuat dan menyengat, bau busuk maupun harum. Beberapa diantaranya ialah :

  • Cacing tanah
  • Cacing merah
  • Cacing darah
  • Laron
  • Udang yang sudah dikupas
  • Orong-Orong
  • Pelet
  • Usus ayam busuk
  • Tempe busuk
  • Dll

Beberapa ikan yang bisa kamu dapatkan ketika memahami Cara mancing di air keruh diantaranya ialah ikan lele, ikan Sidat, ikan Baung, ikan Keting, ikan Gabus, dan ikan Tawes.

Tips Mancing Di Air Keruh

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips dan trik buat kamu, ketika memancing di sungai berair keruh, di antaranya sebagai berikut :

  • Kamu bisa menggunakan teknik mancing dasaran
  • Pakailah joran berukuran medium, dengan panjang 2-3 m
  • Karena kita tidak tahu keadaan di dalam air apakah banyak jebakan maupun ranjau atau tidak, gunakanlah senar berukuran 0,20-0,30 agar tidak gampang putus ketika menarik ikan, atau tersangkut
  • Pakailah kail tinggal, rekomendasi ukuran no. 3
  • Pakailah pemberat / timah yang lebih besar dari biasanya, karena air keruh setelah hujan biasanya beraliran deras
  • Gunakan pelampung yang cukup besar agar tetap terlihat, karena arus air sedang tidak stabil.

Baca Juga : Cara Memancing Ikan di Air Tenang

Akhir Kata

Nah, demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Tips, trik dan Cara Mancing di Air Keruh beserta umpan yang dianjurkan untuk dipakai. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat teman-teman semua. Terima kasih.