Cara Mancing Di Air Tenang

Cara mancing di air tenang

Bagi kamu yang hobi berburu ikan air tawar di sungai, saya menyarankan untuk memahami teknik dan Cara Mancing Di Air Tenang beserta umpan yang dipakai, dan spot potensial yang akan menjadi lokasi kamu berburu.

Air tenang yang saya maksud ialah aliran air sungai yang kecil, biasanya terjadi karena di daerah hulu ataupun daerah tersebut sedang terjadi kemarau. Lalu, bagaimana Teknik Memancing Ikan di Air tenang agar tidak boncos? Berikut ulasannya oleh Memancing.info.

Kalo dikaji-kaji, Tips Mancing Ikan Di Sungai Tenang memang tergolong gampang, bila dibanding berburu di air keruh. Karena, Mayoritas ikan akan keluar serta umpan mancing di air tenang yang dipakai akan mudah terlihat.

Namun tetap saja, ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan juga, tips memancing ikan air tawar di air tenang atau beraliran lambat, untuk meminimalisir terjadinya keboncosan dan hasil yang minus.

Lalu, bagaimana Cara Mancing Di Air Tenang dan Tips-tips lainnya yang harus dilakukan? Simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bisa bermanfaat serta menjadi referensi utama bagi kamu semua. Check this out…

Cara Mencari Spot Mancing Di Air Tenang

Tips mancing ikan di air tenang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan spot ikan yang potensial ketika sampai ke sungai. Hal ini sangat penting karena nantinya akan sangat berpengaruh ke hasil pancingan yang didapat.

Ketika air tenang dan kecil di musim kemarau, banyak bagian sungai yang sebelumnya dalam menjadi dangkal. Sehingga, bila tempat tadi dirasa potensial, kemungkinan hari ini sudah tidak lagi.

Mayoritas ikan di air tawar akan mencari tempat yang dalam. Jikapun berada di lokasi yang dangkal, maka ikan akan mencari wilayah yang tersembunyi, misalnya di bawah tumbuh-tumbuhan yang menjorok ke sungai.

Selain itu, cara mencari spot ikan di sungai beraliran tenang juga tidak boleh sembarangan, karena beda ikan beda selera dan kesukaannya. Misalnya ikan nila, lele, patin dan tawes, punya selera yang berbeda soal lokasi kesukaannya.

Ikan Nila

Jika kamu hendak berburu ikan nila, maka carilah spot yang di mana tempat air memudar dan tenang, ini biasanya berada di lokasi lubuk / dalam. Selain itu, pastikan di daerah tersebut banyak tumbuhan air.

Namun secara umum menurut para pemancing yang sudah profesional, ikan nila paling suka berada di tepian sungai, terlebih yang memiliki kedalaman tertentu, serta memiliki ketenangan yang hening dan redup.

Next : Cara Mencari Sarang Nila di Sungai

Ikan Patin Dan Lele

Untuk ikan Lele, spotnya tidak jauh berbeda dengan Nila, yakni lokasi pusaran air yang tenang. Namun karena lele suka bersembunyi di lumpur, carilah lokasi di sungai yang memiliki lumpur di sasarannya.

Berbeda dengan ikan Patin yang suka bersembunyi, misalnya di dasar air yang dalam. Selain itu, patin merupakan ikan pemangsa. Jadi juga mudah ditemukan di lokasi-lokasi yang terdapat banyak ikan-ikan kecil.

Ikan Tawes

Untuk mencari spot ikan tawes di sungai, carilah lokasi yang memiliki aliran air yang sedikit deras. Mereka hidup secara berkelompok dan tiap kelompoknya biasanya berjumlah banyak dan sama. Jangan lupa untuk membawa umpan yang banyak.

Baca Juga : Tips Mancing Di Musim Hujan

Umpan Mancing Di Air Tenang

Umpan mancing di air jernih

Pada postingan sebelumnya tentang umpan memancing di air yang keruh dan deras, kita dianjurkan untuk memakai umpan yang memiliki bau amis yang tajam, karena penglihatan ikan sangat terganggu waktu itu.

Nah, berbeda jika keadaan air sedang jernih dan tenang, ikan akan lebih leluasa dalam memilih umpan karena penglihatan dan penciuman mereka sedang membaik. Sehingga, semakin banyak jenis umpan yang menjadi pilihan.

Sejatinya, memancing di air tawar ini cukup mudah, baik dari segi mencari spot potensial hingga jenis umpan yang sangat bervariasi. Umpan alami maupun racikan sama-sama ampuh untuk menghindari keboncosan.

Namun meskipun begitu, akan lebih baik lagi bila umpan yang digunakan sangat relevan dengan jenis ikan yang ingin diburu. Karena tidak semua ikan memiliki rasa, selera serta mood yang sama.

Untuk soal referensi mengenai umpan beberapa jenis ikan di air tawar, kamu bisa membaca artikel pilihan di bawah ini :

Akhir Kata

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Tips, teknik dan Cara Mancing Di Air Tenang serta bagaimana menentukan spot dan umpan yang di pakai. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat teman-teman semua. Terima kasih.