Cara Mancing di Laut Supaya dapat Ikan Besar

Memancing.info – Ketahui cara mancing di laut supaya dapat ikan besar dan beberapa tekniknya. Memancing ikan di laut merupakan pengalaman menarik untuk dilakukan, minimal sekali seumur hidup. Tentu berbeda rasa dan sensasinya, jika dibandingkan dengan memancing di empang atau tempat pemancingan umum. Baca Juga: Umpan Mancing Laut Dangkal

Selain memuaskan hobi, pemancing bisa sekalian menikmati pemandangan serta keindahan laut secara langsung. Namun, jika terbiasa memancing di tempat yang lebih kecil, maka belum tentu mudah ketika memancing di area yang lebih luas. Simak cara mancing yang benar dan juga tekniknya:

Cara Mancing di Laut Supaya dapat Ikan Besar

Jika ingin memancing ikan di laut, yang perlu diingat yaitu janganlah terburu-buru. Pastinya membutuhkan persiapan yang matang dan sebaik-baiknya sebelum akhirnya turun ke laut untuk mengaksesnya. Berikut cara memancing ikan di laut dengan benar:

1. Mempersiapkan Peralatan Mancing

Hal pertama cara mancing di laut supaya dapat ikan besar yaitu perlu mempersiapkan peralatan yang lengkap dengan kualitas yang baik. Kondisi ikan dan air yang ada di laut berbeda dengan yang ada di empang atau pemancingan umum.

Pemancing dapat menggunakan peralatan seperti joran, pelampung kecil, senar, serta kail. Tak ketinggalan juga dengan jaring kecil yang memudahkan saat penangkapan. Selain itu, siapkan pula cool box untuk tempat penyimpanan ikan yang sudah ditangkap.

2. Memilih Umpan Pancing Terbaik

Pemancing bisa menggunakan beberapa pilihan umpan untuk memancing ikan di laut. Diantaranya yakni udang, cumi-cumi, ataupun ikan kecil. Cumi-cumi tersebut dapat disebar di area sekitar kapal dengan tujuan menggiring para ikan untuk mendekati kapal.

Para pemancing profesional kerap kali menggunakan cumi-cumi sebagai umpan dan terbukti berhasil. Selain itu, bisa juga memanfaatkan umpan lainnya seperti daging ikan, udang, atau umpan buatan yang berbentuk seperti ikan.

3. Menyetel Alat Pancing

Sebelum melempar kail ke laut, pastikan lebih dahulu bahwa telah memeriksa dan menyetel alat pancingnya. Terdapat dua model setelan alat pancing yang bisa digunakan ketika memancing di laut dengan tingkat kedalaman kurang 100 meter.

Setelan pertama yaitu umpan gantung, posisi umpannya diantara permukaan air laut dan dasar laut disertai dua mata kail. Sedangkan setelan kedua, umpan di atas permukaan laut dan rangkaian umpan yang terdapat di bawah pelampung berjarak 2 hingga 3 meter. Baca Juga: Umpan Ikan Laut Pinggiran

4. Memperhatikan Cuaca dan Alam

Terakhir, jangan lupa perhatikan kondisi cuaca dan alam di sekitar laut. Hindari memancing saat cuaca buruk, sebab akan kesulitan saat menangkap ikan dan pastinya membahayakan. Perhatikan juga kondisi alam, jangan sampai memancing saat sedang alami terang bulan.

Ketika bulan bersinar dengan cerah, itu menandakan air laut dalam kondisi yang lebih cerah. Apabila air laut kondisinya cerah, berarti ikan predator akan lebih mudah untuk memangsa ikan-ikan yang ada di laut. Jika demikian, hasil tangkapan ikan pun tidak akan maksimal.

Teknik Memancing Ikan

Setelah membaca pembahasan cara mancing di laut supaya dapat ikan besar seperti apa, kini pemancing juga perlu mengetahui teknik untuk memancing. Dengan mengetahui beberapa tekniknya, tentu pemancing dapat memancing dengan baik dan benar.

Terdapat beberapa teknik memancing yang bisa dipahami dan nantinya dapat dipraktikkan secara langsung. Berikut selengkapnya:

  1. Flying lining. Teknik ini memakai ikan hidup sebagai umpannya. Ikan yang dapat digunakan yaitu selar, kembung, tembang, dan baby barracuda. Target sasaran teknik ini yaitu ikan tenggiri atau barracuda. Pastikan gunakan balon yang diikatkan agar ikan tangkapan tidak berenang terlalu jauh.
  2. Bottom fishing. Teknik kedua ini menjadi teknik dasar yang umum digunakan para pemancing. Hanya membutuhkan rangkaian dasar dengan umpan. Kemudian dilempar ke laut dan menunggu sampai ikan memakan umpannya. Tipsnya adalah pastikan gunakan pemberat, seperti timah atau besi.
  3. Casting. Teknik ini digunakan ketika memancing ikan kakap, kerapu, atau sejenisnya. Memanfaatkan umpan buatan atau lure yang berbentuk seperti ikan, serangga dan lainnya. Pemancing tinggal melemparkan ke spot yang diinginkan perhatikan momen melempar dan saat menggulung umpannya.
  4. Surf casting. Teknik ini dipakai saat memancing ikan laut tetapi tidak ingin pergi melaut. Pemancing cukup berdiri di tepi laut atau pantai. Namun, teknik ini membutuhkan joran yang berukuran panjang, sekitar 340-450 cm. Teknik ini kurang lebih mirip dengan teknik casting.

Itulah cara mancing di laut supaya dapat ikan besar dan teknik memancing yang bisa digunakan. Memancing di laut tentu memiliki sensasi yang berbeda dari memancing biasanya. Tidak ada salahnya sekali-kali memancing di laut.