Cara Mancing Ikan Baung

Cara mancing ikan baung
Cara mancing ikan baung

Cara Mancing Ikan Baung – Baung merupakan salah satu jenis ikan yang habitatnya adalah air tawar dan seringnya ditemukan di sekitar sungai. Bagi Anda yang ingin menangkap ikan ini, maka Anda pahami dulu Tips Mancing, dan bisa mengunjungi beberapa perairan tawar. Namun, Teknik memancing Ikan Baung ini tidaklah semudah yang Anda kira.

Anda harus tahu umpan apa yang tepat agar bisa menarik ikan-ikan ini. Faktor waktu juga bisa menjadi pertimbangan ketika hendak memburu ikan baung. Penasaran bagaimana trik dan Cara Mancing Baung ? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Umpan Ikan Baung Yang Direkomendasikan

Kunci utama untuk bisa menangkap ikan ini, selain Trik memancing Ikan Baung yang ulasannya ada di  bawah, adalah memperhatikan umpannya. Anda harus membuat sebuah umpan yang tepat agar ikan baung tertarik dengan kail Anda. Apa sajakah umpan yang harus Anda persiapkan?

Umpan Alami

Ada dua umpan alami yang bisa Anda gunakan untuk menarik ikan baung, yakni cacing tanah dan nilem. Cacing tanah terbilang umpan alami yang sering sekali digunakan oleh para pemancing untuk memikat berbagai macam jenis ikan.

Memberi umpan cacing tanah juga terbukti jitu. Selain cacing tanah, Anda bisa memberikan umpan ikan baung berupa nilem. Nilem adalah ikan puyau yang menjadi salah satu spesies hewan laut yang habitatnya adalah air tawar.

Dalam Cara Mancing Ikan Baung ini, Memberikan umpan ikan baung seekor nilem juga terbukti efektif untuk menarik perhatian baung. Selain cacing tanah dan nilem, adapula jenis umpan lainnya yang bisa Anda coba.

Umpan dari Ikan dan Telur Itik

Umpan pertama yang bisa Anda racik sendiri untuk bisa menarik ikan baung adalah berbahan dasar tepung ikan dan telur itik, berikut detail bahannya :

  • 1 bungkus tepung ikan
  • 2 butir kuning telur itik rebus
  • 25 gram pelet udang
  • 2 bungkus terasi
  • Kapas
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  • Siapkan sebuah tempat untuk menyatukan semua bahan di atas.
  • Lalu masukkan semua bahan-bahan yang ada di daftar kecuali air dan juga kapas kemudian. Aduk hingga benar-benar merata.
  • Setelah itu tambahkanlah sedikit air dan kapas lalu aduk lagi hingga merata.
  • Umpan siap untuk diberikan kepada ikan baung.

Umpan Ikan dari Lemak Kambing dan Usus Ayam

Nah, kalau jenis umpan satu ini cocok sekali untuk digunakan ketika Anda memancing di air yang keruh. Umpan berbahan utama lemak kambing ini mempunyai aroma yang tajam sehingga mampu menarik ikan baung, berikut adalah bahan-bahannya :

  • Lemak kambing
  • Usus ayam
  • 2 butir kuning telur ayam
  • Kapas

Cara membuat :

  • Masukkan usus ayam ke dalam sebuah tempat kemudian haluskan.
  • Setelah itu masukkan 2 kuning telur.
  • Selanjutnya tambahkan lemak atau gajih kambing.
  • Aduk semua bahan hingga benar-benar halus setelah itu tambahkan kapas kemudian aduk lagi.
  • Jika semuanya sudah merata sempurna, maka masukkan ke dalam sebuah kaleng dan tutup .
  • Kemudian masukkan kaleng tersebut ke dalam timbunan tanah.
  • Biarkan kaleng tersebut tertimbun di tanah selama kurang lebih 3 hari.

Cara Mancing Ikan Baung

Tips mancing ikan baung
Wikipedia.org

Sudah paham bukan umpan apa yang paling tepat sebagai salah satu Cara Mancing Ikan Baung agar mudah neter? Ya, Anda bisa menggunakan umpan alami atau buatan yang telah dijelaskan di atas. Berikut adalah cara untuk bisa berhasil memancing ikan baung :

Pahami Kapan Waktu yang Tepat

Selain memperhatikan umpan, Anda juga harus perhatikan kapan waktu yang tepat untuk memancing. Ya, Anda harus mengenali musim yang bagus untuk memancing ikan baung karena itu berpengaruh pada warna air sungai atau rawa.

Musim hujan bisa dibilang adalah waktu terbaik untuk Anda yang ingin memancing ikan baung. Saat musim ini, maka warna sungai akan menjadi lebih keruh kecokelatan dan ada banyak ikan yang bergerombol saat musim ini.

Pilih Umpan

Nah, kalau Anda ingin memancing saat musim hujan, ada baiknya jika Anda menggunakan umpan buatan dari lemak kambing dan usus. Umpan dari dua bahan utama tersebut efektif kok menarik ikan baung. Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di artikel Umpan Ikan Baung ini.

Cek Alat Pancing

Cara Mancing ikan Baung berikutnya, Pastikan Anda mengecek semua peralatan pancing Anda benar-benar aman untuk digunakan. Dikarenakan ikan baung ini sangat aktif, maka Anda membutuhkan joran dengan ukuran yang panjang. Sementara untuk reel pancingnya, Anda bisa menggunakan ukuran 1000 ke atas.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Mujair

Siapkan Jangkar

Apabila Anda tidak memancing di pinggir sungai atau memancing di atas jembatan, maka Anda perlu mempersiapkan sebuah jangkar. Alat ini berfungsi untuk mencegah tali senar Anda terputus atau ikan baung melompat dari kail saat Anda angkat ke atas.

Ajaklah Teman

Jika Anda memancingnya di sekitar sungai atau waduk, maka usahakan untuk mengajak seorang teman. Jadi, ketika umpan berhasil, maka Anda bisa menarik senar. Sementara teman Anda mengkontrol joran dan alat pancing lainnya agar tidak goyang atau bahkan terjatuh.

Dekati Arus

Cara mancing ikan baung selanjutnya adalah dekati arus air. Ikan satu ini suka sekali dengan arus yang kuat. Carilah spot di sungai yang mempunyai arus kuat. Namun pastikan Anda selalu berhati-hati pada keselamatan Anda agar tidak terbawa arus.

Pastikan Badan dalam Kondisi Fit

Nah, ikan baung sendiri terbilang lebih aktif ketika malam hari, jadi  untuk Anda yang memang mengincar ikan baung di malam hari ini, maka pastikan kondisi badan Anda dalam keadaan fit, ya! Ikan ini memang bagusnya dipancing saat malam hari.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Bawal

Penutup

Bagi Anda yang memang berniat memancing saat malam hari, gunakan pakaian yang menghangatkan dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Nah, demikianlah ulasan kali mengenai Cara Mancing Ikan Baung beserta umpan yang direkomendasikan. Selamat mencoba.

Join the discussion

Memancing.info