Cara Mancing Ikan Di Sungai

Cara mancing ikan di sungai

Cara Mancing Ikan Di Sungai – Sungai adalah salah satu tempat yang banyak dituju oleh orang yang suka memancing. Di tempat satu ini, para pemancing bisa mendapatkan banyak ikan. Apakah Anda adalah orang yang suka memancing? Jika iya, sudahkah Anda tahu trik atau Tips Mancing di sungai ?

Memancing di sungai tidaklah semudah yang banyak orang kira. Anda memerlukan beberapa peralatan yang memadai dan juga harus tahu lokasi mana yang dirasa strategis untuk bisa mengail banyak ikan. Penasaran bagaimana cara untuk bisa memancing banyak ikan di sungai?

Cara Mancing Ikan di Sungai

Sungai adalah salah satu habitat ikan dan menjadi sumber air bagi kehidupan masyarakat pedesaan. Banyak sekali sungai yang tersebar di negara ini. Hampir semua wilayah Indonesia memiliki sungai yang jernih.

Anda yang ingin tahu Cara Mancing Ikan di sungai yang airnya jernih, beberapa tips yang bisa Anda coba adalah :

Siapkan Reel Pancing

Persiapan yang paling utama untuk memancing di sungai adalah pancing dan reel. Keduanya akan menjadi alat yang paling penting untuk pengalaman memancing di sungai. Ada baiknya lagi jika Anda menyiapkan pula joran yang ukurannya lebih ringan.

Ukuran joran yang lebih ringan tidak hanya nyaman untuk dipegang dalam waktu lama, tetapi juga karena lebih mudah mendeteksi gigitan umpan dari ikan. Anda akan lebih mudah merasakan umpan Anda tertarik dengan joran yang lebih ringan daripada yang lebih berat.

Siapkan Kail

Setelah menyiapkan reel, pancing dan joran, maka Anda juga perlu menyiapkan pengait atau kail. Gunakan kail yang lebih lebar agar lebih mudah tersangkut di mulut ikan. Jika Anda menggunakan kail yang lebih kecil, mungkin saja kail tersebut tersangkut lebih dalam ke tenggorokan ikan.

Kail dengan ukuran kecil tidak hanya bisa membuat ikan mati, tapi juga sangat sulit untuk dikeluarkan dari mulut ikan. Untuk itu, prediksikan terlebih dahulu mayoritas jenis dan ukuran ikan yang diperkirakan ada di sungai tempat memancing.

Tambahkan Umpan di Kail

Cara mancing ikan di sungai selanjutnya adalah siapkan umpan. Anda harus menggunakan umpan untuk bisa menarik ikan pada kail Anda. Gunakan umpan yang tepat di kail agar benar-benar bisa menangkap ikan.

Cobalah menggunakan jenis umpan yang warnanya cerah agar bisa memikat ikan-ikan di sungai. Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan umpan menyerupai mangsa yang biasa dimakan ikan daripada umpan-umpan yang berwarna cerah.

Baca Juga : Umpan Ikan Sungai

Untuk pilihan umpan, Anda bisa menggunakan apa saja mulai dari ikan kecil, cacing, udang, lintah jangkrik atau umpan kucur. Idealnya, Anda harus meneliti jenis mangsa yang paling umum untuk ikan di sungai yang akan Anda datangi dan kemudian merencanakan jenis umpan dengan tepat.

Kaitkan Timah Pemberat

Anda membutuhkan pemberat untuk menciptakan jarak kail yang lebih jauh, dan juga untuk membantu memastikan bahwa umpan masuk ke dalam air. Anda bisa menambahkan timah pemberat untuk membantu senar atau kail masuk ke bawah sungai.

Pertimbangkan Cuaca

Salah satu faktor terbesar yang perlu Anda pertimbangkan saat memancing di sungai adalah cuaca. Mengapa? Sebab cuaca memainkan peran penting saat memancing, sungai akan pasang jika hujan deras turun dan suhu juga turut berubah.

Waktu terbaik memancing di sungai memang saat musim hujan, namun pastikan sungai yang hendak Anda kunjungi sedang tidak terlalu pasang airnya dan cuacanya juga tidak terlalu buruk untuk digunakan memancing.

Pada musim hujan, makanan menjadi lebih langka sehingga ikan akan putus asa untuk mendapatkan makanan yang biasa dimakan sehingga ikan akan mudah tertarik dengan umpan Anda.

Berbeda dengan musim kemarau, secara teoritis makanan pada musim ini akan berlimpah. Akibatnya, ikan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tertarik pada umpan Anda.

Sederhananya, kail Anda lebih mungkin mendapatkan banyak gigitan saat memancing di musim hujan. Bukan berarti Anda tidak boleh memancing di musim kemarau, namun saat musim ini kail Anda akan mendapatkan lebih sedikit gigitan.

Baca Juga : Cara Mancing Di Air Tenang

Spot Mancing Ikan Di Sungai

Tips mancing di sungai
Tribunnews.com

Sungai jernih di Indonesia kadang tercemar erosi atau sampah, sehingga menyebabkan warnanya menjadi keruh. Nah, jika sebuah sungai menjadi keruh warnanya, maka hal itu akan berpengaruh pada cara memancing Anda.

Apabila anda ingin tahu cara mancing ikan di sungai keruh, maka tipsnya adalah cari area di pinggir sungai atau dekat pohon. Banyak ikan yang berkumpul di bawah pohon dan itu bisa menjadi area tepat untuk mengailkan ikan Anda. 

Terlepas dari sungai tertentu yang akan Anda jadikan sebagai tempat memancing, berikut ini adalah bagian sungai yang menjadi tempat terbaik untuk mencoba keberuntungan Anda :

Hulu

Hulu adalah wilayah sungai yang lebih dalam yang biasanya akan menampung lebih banyak ikan yang sedang beristirahat. Meskipun ikan mungkin tidak aktif mencari makan ketika sedang berada di hilir, namun ketika Anda meletakkan umpan di area ini, bisa saja kail Anda akan bergerak dan memikat ikan-ikan.

Hilir

Hilir adalah wilayah di sungai yang arusnya mengalir ke hulu. Wilayah hilir ini bisa menjadi lokasi pemancingan ikan yang sangat baik.

Tikungan Sungai

Jika Anda melihat ada sebuah spot atau tempat di sungai dengan belokan tajam, maka Anda bisa manfaatkan tempat tersebut sebagai lokasi Anda memancing. Seringkali spot ini memiliki air yang lebih dalam dan biasanya merupakan daerah yang sangat baik untuk memancing ikan.

Baca Juga : Umpan Ikan Sungai Air Deras

Tepi Arus

Tepi arus adalah tempat di sungai yang memiliki aliran arus yang melambat karena derasnya air sungai terhalang oleh batang kayu yang jatuh atau akar pohon. Nah, tepi arus ini juga bisa menjadi area yang bagus untuk memancing ikan.

Baca Juga : Cara Mancing Di Air Keruh

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai bagaimana tips, trik, teknik dan Cara mancing ikan di sungai agar mendapat hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.