Cara Mancing Ikan Gabus

Cara mancing ikan gabus

Oke, di sini saya akan menjabarkan tentang bagaimana Cara Mancing Ikan Gabus siang hari, apa saja umpan yang digunakan, perlengkapan yang perlu dipersiapkan, teknik mencari spot serta hal-hal lainnya, sehingga kamu berkesempatan mendapatkan hasil yang maksimal.

Gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer dan hampir ada di setiap perairan di Indonesia. Ikan ini memiliki banyak manfaat. Selain rasanya yang enak dan gurih, juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka dan bekas luka di tubuh. Lalu, apa saja Teknik dan Tips Mancing Ikan Gabus ? Sabar cuy..

Begini Cara Mancing Ikan Gabus

Menurut pendapat saya pribadi, Trik Memancing Ikan Gabus hampir sama dengan saat kita berburu ikan air tawar lainnya. Bahkan, ikan ini lebih gampang didapat meski tanpa menerapkan berbagai teknik rahasia. Hanya saja, hasil yang diperoleh umumnya akan kurang maksimal.

Untuk itulah, kamu juga dianjurkan untuk mengetahui apa saja strategi dan Cara Mancing Ikan Gabus agar tidak boncos. Baiklah, langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai selesai, semoga bisa bermanfaat.

Habitat

Habitat ikan gabus
Mancingmania.com

Sebelum masuk ke pembahasan Cara Mancing Gabus ini, pertama-tama kita ketahui dahulu habitatnya, agar bisa menentukan lokasi spot yang potensial. Hal ini berguna untuk menghemat waktu, sehingga kita tidak perlu berlama-lama berkeliling lokasi pemancingan.

Penyebaran ikan gabus hingga kini sangat luas, bukan hanya Indonesia saja, melainkan mulai dari Pakistan di barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan wilayah di India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian selatan, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Ikan Gabus umumnya berada di sungai perairan yang dangkal, sekitar 40-60 cm, dengan keadaan air yang tenang dan sedikit mengalir, jernih maupun keruh, berlumpur, gelap, maupun lokasi air yang bebatuan sebagai tempat mereka bersembunyi.

Habitat Ikan Gabus juga banyak ditemukan di rawa-rawa, parit pemukiman dan persawahan, saluran air hingga waduk. Selain itu, juga berada di lokasi air yang banyak tumbuh-tumbuhan, rerumputan belukar yang dipenuhi akar-akar pohon.

Untuk mendapatkan Spot Ikan Gabus dengan cara yang mudah adalah, bisa dilihat dari permukaan ketika ada anak ikan gabus yang berenang secara bergerombol. Dengan begitu sudah bisa dipastikan bahwa di bawah gerombolan tersebut terdapat induknya.

Waktu terbaik mancing ikan gabus adalah ketika pagi hari sebelum matahari terbit, sekitar jam 6-7 pagi. Karena di waktu ini Meraka mencari makan. Selanjutnya setelah Ashar hingga menjelang magrib. Di siang hari, potensi cukup kecil, frekuensi Sambaran juga minim.

Umpan

Salah satu elemen terpenting dari Cara Mancing Ikan Gabus adalah umpan yang dipakai. Gabus merupakan jenis ikan karnivora yang sangat doyang dengan serangga-serangga kecil, ulat, anak-anak ikan dan sejenisnya. Selain itu, kamu juga bisa memakai umpan tiruan.

Umpan Ikan Gabus memakai serangga diantaranya belalang, jangkrik, laron, Orong-Orong, anak Tawon, Coro, kroto, gendon, dan lainnya. Pemasangannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengaitkan langsung ke mata pancing, kemudian mulailah beraksi.

Makanan Ikan Gabus lainnya diantaranya adalah anakan ikan mas, cacing tanah, katak / kodok, ulat daun pisang, cicak, udang dan anak bebek. Jangan lupa juga, salah satu yang paling ampuh tentulah cacing tanah.

Nah, untuk umpan casting / buatan, kamu bisa memakai jenis popper, pencil, torpedo, katak Karet, minnow. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di toko perlengkapan memancing. Harganya juga cukup murah dan ramah kantong.

Oh iya, selain umpan alami dan buatan di atas, kamu juga bisa meracik berbagai umpan dari campuran beberapa bahan. Untuk informasi selengkapnya, silakan simak artikel tentang Umpan Ikan Gabus ini.

Perlengkapan

Teknik mancing ikan gabus
Youtube.com

Nah, setelah kamu mempersiapkan umpan pilihanmu dari penjelasan di atas, langkah dalam Cara Mancing Ikan Gabus berikutnya adalah mempersiapkan beberapa peralatan di bawah ini. Perlu diperhatikan bahwa semua kembali pada kebutuhan masing-masing, dalam menyesuaikan dengan peralatan di bawah ini.

Gunakan peralatan yang sesuai dengan kesanggupan dalam pemenuhan saja, tidak perlu memaksakan memakai perlengkapan yang mahal dan mewah, yang penting nyaman dipakai dan kamu menguasainya. Kamu bebas memakai spinning atau baitcasting.

Jika memakai spinning, tidak perlu menggunakan ukuran reel yang besar, kisaranya cukup antara 1000-3000. Jika menggunakan baitcasting, ukurannya pakai saja yang 100-300. Untuk ukuran senar, kamu bisa memakai yang menyesuaikan dengan spot.

Bila lokasi pemancingan terdapat banyak tumbuhan air yang berpotensi menyangkutkan mata kail, pakailah ukuran senar yang agak besar. Senar yang direkomendasikan antara lain jenis Multifilament atau PE dengan ukuran 1-2.

Untuk joran, kamu juga bebas memailih yang mana, yang penting harus seimbang dengan piranti. Beberapa jenis joran yang direkomendasikan diantaranya Ultra Light, Medium Light dan Medium Heavy. Bila khawatir lure akan tersangkut, pakailah joran jenis Medium atau Heavy.

Sebenarnya di beberapa spot, kamu juga bisa menggunakan joran alami / buatan alam, mulai dari pelepah kelapa sawit, salak hingga kayu biasa. Jika menggunakan joran ini, kamu tidak memerlukan spinning, cukup ikatkan senar pada ujung joran yang disediakan.

Peralatan lain yang perlu dipersiapkan diantaranya ember untuk tempat ikan, jaring lingkar yang kecil, sepatu boot, sarung tangan, dan perlengkapan alternatif lainnya dalam menjaga keselamatan selama memancing.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Belanak

Teknik Mancing

Mancing ikan air tawar bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, penerapan teknik yang baik akan bisa mengoptimalkan hasil tangkapan. Berikut adalah beberapa Teknik dan Strategi Mancing Ikan Gabus yang harus diketahui dan bisa kamu terapkan :

Teknik Dudul

Teknik ini dikenal sudah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun-temurun pada generasi zaman sekarang, terlebih kepada anak-anaknya di pedesaan. Teknik ini biasanya memakai joran tegek yang terbuat dari bambu yang diraut. Spot yang potensial biasanya di persawahan atau rawa-rawa.

Teknik Tauk

Teknik ini dilakukan dengan cara membiarkan pancingan semalaman dan menggunakan umpan hidup seperti anakan ikan, kodok dan serangga berukuran besar lainnya. Yang diburu menggunakan teknik ini biasanya gabus yang berukuran besar. Umpan dibiarkan berenang-renang di permukaan. Teknik ini disebut juga dengan nama Teger / Neger.

Teknik Permukaan

Teknik selanjutnya adalah memancing ikan gabus yang sedang berdiam diri di permukaan. Teknik ini membutuhkan kefokusan, kehati-hatian dan konsentrasi yang lebih. Karena kita harus bisa melihat gabus secara diam-diam tanpa menimbulkan efek kaget, sebab ikan akan langsung lari.

Jika kamu sudah melihat ikan gabus sedang di permukaan, langsung saja jatuhkan mata kail dengan umpan cacing secara perlahan, tepat di depan kepalanya. Gabus biasanya langsung akan mencium dan seketika menyambar umpan yang kamu suguhkan. Teknik ini biasa dilakukan di parit, sawah dan rawa.

Baca Juga : Teknik Mancing Ikan Nila

Demikian, ulasan kali ini mengenai Cara Mancing Ikan Gabus mulai dari penentuan spot, habitat, perlengkapan, umpan dan tekniknya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Terima kasih.