Cara Mancing Ikan Kakap

Cara mancing ikan kakap

Cara Mancing Ikan Kakap – Kakap atau barramundi adalah jenis ikan yang sulit untuk dipancing. Cara mancing ikan kakap membutuhkan strategi karena bisa dibilang ikan ini cukup cerdik dan gesit. Tanpa strategi memancing, maka waktu Anda akan terbuang hanya untuk menunggu kail Anda disentuh ikan kakap.

Umpan dan Tips Mancing Ikan Kakap menjadi dua hal yang harus Anda pahami karena itulah kunci utama Anda bisa berhasil membawa pulang hasil tangkapan ikan kakap Anda. Penasaran seperti apa sih teknik untuk berhasil menangkap ikan kakap?

Cara Mancing Ikan Kakap

Jika Anda ingin berhasil menangkap ikan kakap, berikut adalah trik untuk meningkatkan peluang Anda. Simak selengkapnya di bawah ini artikel tentang cara mancing Ikan Kakap :

Temukan Tempat yang Bagus

Cara pertama, temukan spot bagus untuk memancing kakap di sebuah laut atau tambak. Cobalah untuk mencari spot dengan lubang dalam atau persimpangan dua aliran air yang terpisah.

Spot tersebut adalah tempat-tempat di mana kakap yang lapar kemungkinan besar akan menunggu untuk menyergap mangsanya. Dari atas perahu, Anda  bisa berkeliling menemukan spot bagus, carilah tempat memudahkan Anda dalam melemparkan alat pancing.

Terus Mencari Tempat

Apabila Anda gagal menemukan area yang tepat untuk memancing, atau sudah menunggu lama namun ikan kakap tidak segera memangsa umpan Anda, maka teruslah menunggu atau mencoba cari tempat lain.

Kakap membutuhkan godaan umpan berulang kali sebelum akhirnya tertarik dengan kail Anda. Jika Anda memancing di darat, Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan. Tetapi, jika Anda memancing di tengah laut, maka jangan menyerah untuk menemukan tempat yang tepat.

Gunakan Joran Pendek

Cara mancing ikan Kakap berikutnya adalah keseimbangan, yakni hal yang penting saat memancing ikan ini, jadi gunakanlah joran dengan ukuran 2 meter saja. Joran berukuran kecil memiliki keseimbangan dan akurasi yang lebih besar saat melakukan casting.

Keseimbangan dan akurasi merupakan persyaratan mutlak saat memancing di lautan. Selain itu, pancing kecil juga lebih mudah diatur saat memancing di sekitar sungai dan tepi sungai yang bervegetasi pula.

Jika Berhasil, Ambil Kakap dengan Cepat

Kakap adalah predator penyergap yang gesit sekali pergerakannya. Jika umpan Anda berhasil, maka pastikan Anda melakukan strike dengan cepat agar gerakan umpan Anda berhasil. Segera angkat senar agar ikan kakap tidak lepas dari mata kail Anda.

Variasikan Pengambilan Ikan Anda

Anda juga bisa melakukan variasi ketika menangkap kakap jika cara cepat ternyata gagal untuk menaklukkan kakap. Cobalah mengambil dengan sangat lambat dan pelan-pelan, kemudian jika ikan masih menyangkut di kail, naikkan tempo strike Anda ke kecepatan sedang.

Cobalah menggerakkan tongkat pancing Anda selama pengambilan dan angkat perlahan-lahan sampai ikan kakap berhasil ditangkap. Kakap ahli dalam melepas kail dan umpan, bahkan dari kail yang tampaknya kokoh.

Mulut ikan ini sangat keras, menolak apapun yang dirasa mengganggunya. Seringkali kail bahkan tidak menembus mulut, melainkan tersangkut di punggung. Jadi, pastikan Anda perlu berhati-hati ketika hendak menangkap ikan satu ini.

Pahami Musim Terbaik untuk Memancing Kakap

Cara Mancing Ikan Kakap berikutnya, pahami bahwa ia bermigrasi ke berbagai wilayah laut, sungai dan muara menurut musim. Agresivitas hewan ini juga berubah seiring musim. Memancing di pertengahan musim kemarau adalah waktu yang paling sulit karena ikan ini suka bergerak lambat.

Cara mancing ikan kakap agar berhasil adalah cari kapan musim terbaik. Musim terbaik untuk memancing ikan kakap adalah saat musim hujan karena semua ikan suka berkumpul dalam satu area.

Memancing saat Malam Hari

Salah satu faktor penting untuk keberhasilan Anda menaklukkan ikan kakap  adalah memancing di sore atau malam hari. Kakap umumnya mencari makan pada malam hari.

Saat matahari terbenam, Anda mungkin akan mendengar suara percikan di permukaan. Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menangkap seekor ikan kakap saat sore atau malam hari.

Memancing di malam hari memang memiliki risiko yang signifikan pada Anda, seperti angin yang lebih besar, cuaca yang dingin dan bahaya lain yang mengintai. Tetapi, malam hari memberi Anda peluang terbaik untuk menangkap ikan kakap dibandingkan saat siang hari.

Umpan Ikan Kakap Terbaik

Teknik mancing ikan kakap
Wikipedia.org

Ikan kakap suka sekali dengan daging ikan bandeng, cumi-cumi, udang ataupun jenis ikan-ikan kecil. Anda tidak harus membuat umpan kucur yang beraroma khas untuk menarik perhatian ikan kakap karena hewan satu ini suka melahap mangsanya tanpa mengendus baunya.

Seekor ikan kakap akan langsung mendekati umpan dengan cepat dan bertindak berdasarkan naluri. Tidak ada banyak waktu untuk mengendus-endus bau seperti ikan jenis lainnya. Saat menggunakan umpan, pastikan Anda menggunakan timah pemberat agar mata kail Anda bisa turun jauh ke dalam lautan.

Umpan terbaik Sebagai Cara Mancing Ikan Kakap ini sebenarnya adalah ikan-ikan kecil yang mempunyai warna cerah. Jika Anda kesulitan mendapatkan ikan kecil dengan warna yang cerah, Anda bisa kok menggunakan umpan minnow lure.

Minnow lure dianggap efektif untuk menangkap ikan kakap, apalagi jika Anda memancing saat malam hari. Ya, pada malam hari yang gelap akan cahaya, umpan-umpan yang berwarna menyala akan membuat ikan kakap semakin mudah ditangkap karena terjebak dengan minnow lure Anda.

Jika masih belum berhasil menangkap ikan kakap, maka terus variasikan umpan Anda. Ubah jenis dan warna, teruslah mencoba. Saat Anda pertama kali mulai memancing ikan kakap, jangan membeli umpan minnow yang bagus karena resikonya Anda bisa kehilangan umpan Anda.

Untuk memilih umpan selengkapnya, silakan kamu baca artikel Umpan Ikan Kakap ini.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Mujair

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai tips, trik dan Cara Mancing Ikan Kakap yang benar dan berpotensi mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.