6 Cara Mancing Ikan Mas Mudah Dijamin Strike! Angler Wajib Tau

Memancing.info – Sangat menarik bagi yang gemar memancing untuk mengetahui cara mancing ikan mas dengan benar. Terkesan tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Namun, mancing ikan membutuhkan cara atau teknik agar bisa mendapatkan ikan. Baca Juga: Umpan Pelet Ikan Mas

Apalagi memancing ikan mas ini terkenal sangat sulit dan jarang yang mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, dibutuhkan umpan yang tepat juga saat memancing ikan. Berikut cara memancing ikan mas yang bisa dicoba:

Cara Mancing Ikan Mas

Cara Mancing Ikan Mas
Cara Mancing Ikan Mas

Banyak orang yang memancing ikan sembarangan dan tidak menggunakan teknik. Padahal memancing ikan terutama ikan mas harus memakai teknik yang tepat. Berikut cara-cara yang bisa dipraktikkan:

1. Menyediakan Alat yang Diperlukan

Pertama adalah mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk memancing. Diusahakan jangan mendadak saat mempersiapkan alat tersebut. Bisa saja ada beberapa alat yang ketinggalan. Sebab alat yang lengkap dan tepat untuk memancing adalah hal yang paling penting. Baca Juga: Cara Mancing Ikan Kakap

Bukan hanya umpan bagus saja yang disiapkan, akan tetapi alat yang lain juga harus dipersiapkan dengan matang. Seperti alat pancing, senar, kail, pelampung, dan lain-lain. Sehingga lebih memudahkan para pemancing untuk mendapatkan ikan mas.

2. Memperhatikan Ukuran Senar

Banyak yang memancing ikan tanpa mempedulikan ukuran senar. Padahal ukuran senar sangat berpengaruh untuk ikan yang akan dipancing. Ada beberapa jenis ikan dengan ukuran senar yang tidak sama. Baca Juga: Ini 4 Umpan Pelet Ikan Mas Tanpa Kroto! No 3 Dijamin Strike Angler Wajib Coba

Saat memancing ikan mas menggunakan ukuran senar yang kecil dan halus. Senar yang dipakai harus kuat supaya tidak putus saat ikan sudah terpancing. Selain itu ukuran yang kecil dan halus bisa juga untuk mengelabui ikan agar makan umpan yang dipasang.

3. Membuat Pelampung yang Bagus

Selanjutnya cara untuk mancing ikan mas yang tepat adalah dengan membuat pelampung yang benar. Para pemancing masih banyak yang kurang memperhatikan hal ini. Pelampung yang bagus mempunyai pengaruh saat ikan nanti tertangkap.

Menggunakan kail yang kecil dan pelampung yang kuat pada saat memancing ikan mas. Bertujuan agar ikan yang berhasil ditangkap tidak lari ke mana-mana. Memilih diameter batang pelampung yang tidak terlalu besar.

4. Memilih Umpan Tepat

Menggunakan umpan yang tepat untuk bisa mendapatkan ikan mas yang banyak. Beragam jenis umpan bisa digunakan untuk memancing. Bisa memilih umpan yang dikira bisa membuat ikan terpancing.

Misalkan saja umpan yang terbuat dari kroto, telur bebek, potongan keju, dan lain-lain. Terlebih dahulu bahan dihaluskan lalu dijadikan pelet untuk ikan.

5. Menggunakan Teknik Lempar Senar

Melempar senar harus menggunakan teknik yang tepat. Apabila teknik yang digunakan salah maka tidak mendapatkan ikan. Sehingga teknik ini sangat diperlukan pada saat memancing ikan mas.

Melempar senar dan umpan harus mengenai ke sasaran yang tepat. Kail dan senar harus berada jauh masuk ke dalam air. Kondisi pelampung mengapung dan sedikit terendam di air. Bertujuan agar tidak terbentuk bayangan di air.

6. Menggunakan Teknik Melepas Kail

Yang terakhir harus tahu teknik melepas kail dengan tepat. Saat melepas kail harus hati-hati sebab bisa melukai jari apabila tidak tahu teknik yang benar. Banyak pemancing yang terluka karena terkena kail yang tajam.

Saat ikan sudah berhasil terpancing lalu lepas kail dengan hati-hati dan pelan. Agar tidak melukai ikan dan diri sendiri saat memancing.

Hal yang Perlu diperhatikan

Bagi para pemancing harus mengetahui titik memancing ikan mas. Sebab jika tidak mengetahui titik ini akan percuma saja jika tidak ada ikan yang terpancing. Misalkan saja melihat gerakan ikan dengan memerhatikan gelembung di permukaan air. Baca Juga: Resep Racikan Umpan Ikan Mas Juara, Murah dan Jitu

Selain itu biasanya ada rerumputan sebagai tempat bersembunyi ikan, lempar umpan ke tengah kolam sebab biasanya titik potensial ada di tengah kolam.

Itulah tadi pembahasan terkait cara mancing ikan mas yang bisa dipraktikkan. Dengan mengetahui teknik yang tepat akan mendapatkan ikan mas dalam jumlah banyak. Perlu diperhatikan untuk memakai teknik saat memancing dan tidak asal-asalan.