Cara Mancing Ikan Mujair

Cara Mancing Ikan Mujair – Mujair adalah salah satu jenis ikan yang familiar di kalangan orang-orang dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan ini hidup di air tawar dan bisa Anda temukan di sungai, rawa ataupun danau.

Pastikan Anda pahami Cara Mancing Mujair jika ingin bisa menangkap banyak ikan ini. Jika persiapan memancing Anda salah atau tidak lengkap, jangan berharap Anda bisa membawa pulang banyak ikan mujair yang Anda damba-dambakan.

Namun sebelum mengetahui bagaimana Teknik dan Trik Memancing Ikan Mujair ini, hal utama yang kudu anda ketahui adalah umpan yang tepat untuk mendapatkan ikan mujair yang banyak, dan trik untuk bisa menarik ikan satu ini. Silakan simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Umpan Ikan Mujair Terbaik

Umpan tentu saja menjadi faktor utama mengapa seorang pemancing bisa berhasil mendapatkan banyak ikan. Sama halnya mujair, mengetahui umpan terbaik untuk ikan satu ini menjadi salah satu Cara Mancing Ikan Mujair agar bisa menangkap banyak ikan. Apa saja sih umpan terbaik yang bisa Anda berikan ?

Udang Air Tawar

Udang air tawar bisa menjadi salah satu umpan menarik bagi ikan mujair. Udang mempunyai bau yang sangat tajam dan khas sehingga ikan mujair mudah terpancing. Aroma yang tajam adalah kunci untuk bisa menarik ikan mendekati umpan di kail Anda.

Anda juga bisa kok untuk menambahkan aroma tajam pada udang dengan merendamnya bersamaan essen atau pelet udang ke dalam air. Jika aroma yang dihasilkan oleh rendaman udang ini berhasil, maka Anda bisa menggunakan umpan ini.

Oh ya, jika Anda ingin aroma amis pada udang lebih keluar lagi, Anda bisa mengupas bagian kepala udang beserta kulitnya.

Cacing

Bisa dibilang cacing ini favorit semua jenis ikan air tawar. Banyak pemancing yang juga menggunakan cacing untuk memberikan umpan pada target ikan-ikannya. Dalam Cara Mancing Ikan Mujair ini, cacing menjadi salah satu ikan yang suka sekali dengan cacing.

Jika melihat cacing, mujair mudah tertarik dan bisa terjebak ke dalam kail Anda. Selain itu, cacing memiliki aroma amis yang bisa menggoda mujair untuk datang menghampiri mata kail Anda.

Ada beberapa jenis cacing yang bisa Anda temukan di toko-toko pancing. Mulai dari cacing tanah hingga sutra, semua efektif untuk menarik ikan mujair ke perangkap Anda.

Umpan Racikan

Terakhir, Anda bisa untuk mencoba membuat umpan dari bahan jengkol, lemak sapi dan usus ayam. Umpan satu ini juga terbukti efektif untuk menarik ikan mujair, berikut bahan-bahannya :

  • 5 buah jengkol
  • 2 buah kuning telur bebek
  • Usus ayam
  • Lemak sapi
  • 2 buah bawang putih
  • Margarin
  • Santan

Cara membuat :

  • Bersihkan usus ayam dan kemudian haluskan.
  • Potong jengkol dengan lembut kemudian tambahkan usus yang sudah dihaluskan kemudian aduk rata.
  • Setelah adonan jengkol dan usus merata, tambahkan lemak sapi dan bawang putih yang sudah dicincang.
  • Haluskan semua bahan yang ada dan jika sudah halus, tambahkan santan, kuning telur dan margarin.
  • Haluskan kembali adonan dan masukkan ke dalam sebuah tempat kemudian tutup rapat-rapat.
  • Timbun tempat itu di dalam tanah selama 3 hari agar semakin memikat ikan mujair.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menyimak deretan umpan favorit dan direkomendasikan dalam artikel Umpan Ikan Mujair ini.

Baca Juga : Trik Mancing Ikan Tawes

Cara Mancing Ikan Mujair

Infoikan.com

Setelah Anda tahu umpan apa yang tepat untuk menarik ikan mujair, berikut adalah teknik memancing yang perlu Anda perhatikan :

Siapkan Joran Tegek

Pertama, Anda perlu menyiapkan joran tegek. Jika Anda tidak memiliki alat ini, maka Anda bisa menggunakan alternatif seperti stick pancing. Gunakan stick dengan ukuran yang pendek dan jangan lupa untuk menggunakan reel pula.

Siapkan Sarung Tangan

Siapkan dua buah sarung tangan untuk melindungi tangan Anda terkena goresan senar ketika Anda menarik ikan mujair. Ikan mujair sangat aktif sehingga melakukan strike saja tidak akan cukup, Anda perlu mengambil sendiri ikan mujair dari mata kail Anda jika memang ikan ini gerakannya sangatlah kuat.

Masukkan Umpan ke Mata Kail

Setelah alat pancing siap, maka Cara Mancing Ikan Mujair selanjutnya Anda bisa mengeluarkan umpan yang hendak Anda gunakan. Kaitkan umpan tersebut ke mata kail alat pancing.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Kakap

Jika Anda menggunakan umpan berupa udang, maka ada baiknya jika Anda menggunakan udang yang masih hidup. Anda bisa memberikan umpan yang banyak jika ingin menarik ikan mujair. Memberikan satu umpan saja tidak begitu efektif menarik ikan mujair.

Pilih Spot yang Strategis

Setelah umpan sudah dikaitkan ke mata pancing, maka Anda harus mencari spot yang dirasa strategis untuk menarik banyak ikan mujair. Pilihlah spot di sekitar hili, arus atau pinggir sungai. Setelah itu lemparkan mata pancing Anda dan tunggu sampai ikan mujair masuk ke perangkap umpan Anda.

Tunggu Alat Pancing Anda Bergerak Keras

Apabila mata kail Anda seperti ditarik-tarik namun tidak ada gerakan yang aktif, maka Anda perlu menunggu beberapa saat, sebab bisa jadi yang memakan umpan Anda adalah ikan-ikan kecil seperti sepat.

Tunggu sampai alat pancing Anda benar-benar bergerak aktif karena ciri ikan mujair adalah sangat agresif. Meskipun mulut ikan mujair kecil, namun badannya cukup kuat untuk melakukan perlawanan.

Jika Anda merasa kail Anda melakukan pergerakan yang hebat, maka segera tarik senarnya dan tangkap segera ikan mujair Anda.

Masukkan Ikan ke Air

Setelah Anda melakukan strike dan ikan mujair berhasil Anda tangkap, maka segera masukkan ke dalam ember. Ulangi lagi  cara yang sama sampai Anda merasa puas mendapatkan ikan mujair yang Anda mau.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Baung

Penutup

Jika umpan yang kamu gunakan sudah pas, dan beberapa Cara Mancing Ikan Mujair yang benar di atas sudah kamu terapkan, Insya Allah hasil yang akan kamu dapatkan juga akan maksimal, alias tidak pulang dengan tangan kosong. Selamat mencoba.

Leave a Reply