Cara Mancing Ikan Patin

Cara mancing ikan Patin

Patin adalah salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Ikan ini juga banyak sekali diincar oleh orang-orang yang hobi memancing. Anda yang ingin sekali memancing ikan ini, pastikan Anda harus tahu trik atau Cara Mancing Ikan Patin yang benar.

Tanpa trik dan Tips Mancing, Anda kemungkinan akan sulit menangkap ikan patin mengingat ikan ini cukup aktif. Ikan patin sendiri sering sekali diperlombakan dalam kompetisi memancing. Penasaran bagaimana Trik mancing ikan patin siang hari atau waktu lainnya? Berikut ulasannya.

Cara Mancing Ikan Patin

Ikan patin banyak diminati oleh orang-orang yang hobi memancing karena ukuran ikan ini cukup panjang. Selain itu ikan ini juga atraktif jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Berikut adalah trik untuk Anda yang ingin menaklukkan ikan patin :

Gunakan Glosor atau Pelampung

Cara mancing ikan Patin pertama adalah, Gunakanlah glosor atau pelampung sebagai rangkaian utama alat untuk memancing ikan patin. Anda  bisa menggunakan 1 mata kail berukuran kecil dengan menambahkan timah pemberat pada glosor Anda.

Ikatkan Pancing ke Kenur Pandu

Jika Anda adalah tipe orang yang suka memancing dengan menggunakan pelampung, maka pastikan jarak antara kail ke pelampungnya ini harus memiliki kedalaman yang sama dengan waduk ataupun sungai.

Hal ini bertujuan agar umpannya ini bisa benar-benar menyentuh ke dasar waduk atau sungai. Nah, cara agar Anda tahu kedalaman antara kail dan waduk, maka Anda bisa mengikatkan pancing Anda ke kenur pandu sepanjang 7 cm. Setelah itu ikatkan kenur pandu Anda ke kili-kili.

Tambahkan Timah Pemberat

Teknik mancing ikan Patin selanjutnya, tambahkan timah yang berukuran berat di bagian senar utama alat pemancing Anda. Gunakan bentuk timah yang memiliki lubang di bagian tengah.
Gunakan Karet Stopper untuk Menjaga Timah

Jika timah telah terpasang ke rangkaian alat pancing Anda, maka gunakanlah sebuah karet stopper pada bagian senar. Hal ini bertujuan agar timah tidak berlarian dan lepas dari kili-kili.

Hentakkan Alat Pancing Anda Jika Senar Bergerak

Ketika semua rangkaian alat pancing Anda telah jadi, maka segera lempar ke dalam sungai. Namun ingatlah, ikan patin ini tidak akan mudah terpancing dengan umpan, jadi Anda perlu bersabar.

Namun jika  senar Anda bergetar, maka segeralah hentakkan alat pancing Anda. Jangan sampai terlambat sebab ikan patin sangat peka. Terlambat sedikit saja, maka umpan yang Anda berikan akan terbuang dengan sia-sia.

Sesuaikan Drag dengan Ukuran Senar

Cara Mancing Ikan Patin berikutnya, Jika Anda ingin menargetkan ikan patin dengan ukuran besar,maka Anda bisa menyesuaikan pengaturan drag dengan ukuran senar yang ada. Hentakan alat pancing Anda yang bisa jadi tidak akan kuat untuk menarik ikan patin dengan ukuran besar.

Jadi, sesuaikanlah drag dengan senat Anda, semakin sesuai, maka akan semakin mudah Anda mengatasi perlawanan ikan patin, sebesar apapun ukurannya.

Siapkan Alat Serok

Rahasia memancing ikan patin selanjutnya adalah menyiapkan alat serok. Apabila alat pancing Anda dirasa masih kurang kuat dalam menghadapi perlawanan ikan patin, dan khawatir senar Anda terputus, maka siapkan alat serok.

Jadi, jika ikan patin dirasa sudah terkait dengan kail dan hampir tertangkap namun senar tidak cukup kuat untuk menarik, gunakan serok untuk mengambil ikan. Jangan pernah Anda memegang senar pancing untuk mengangkat ikan patin karena itu bisa membahayakan tangan Anda.

Cara Memilih Spot Ikan Patin yang Tepat

Teknik memancing ikan patin
Pikiran-rakyat.com

Sebagai salah satu Cara mancing ikan Patin adalah, kemampuan menemukan spot yang tepat untuk bisa mendapatkan banyak ikan patin ketika memancing di sungai atau rawa, di bawah ini ada beberapa area-area yang bisa menjadi inspirasi Anda, di antaranya adalah :

Rumpon Alami

Ketika Anda memancing di rawa atau danau, pasti Anda pernah melihat sebuah area bekas pohon yang tumbang. Nah, area tersebut dinamakan dengan rumpon. Biasanya di area tersebut, banyak sekali dijadikan tempat persembunyian berbagai macam ikan, tidak hanya patin saja.

Bekas pohon yang tumbang menjadi habitat yang suka dikunjungi oleh ikan patin dan cocok sekali menjadi tempat Anda memancing. Buang umpan Anda di area ini dan tunggulah sampai ikan-ikan patin terperangkap dengan umpan Anda.

Pada umumnya, jenis ikan patin yang mendiami rumpon ini memiliki ukuran yang besar-besar. Saking besarnya, bahkan ada yang berukuran jumbo. Tidak percaya? Coba saja buktikan sendiri jika Anda sedang memancing di rawa ataupun danau.

Keramba

Selain rumpon alami, Cara Mancing Ikan Patin ini juga menjadi tempat bersembunyi-nya para ikan patin. Keramba adalah sebuah kotak berbentuk keranjang yang sering ditempatkan di danau atau laut. Banyak sekali ikan-ikan patin yang berkumpul di area keramba.

Jika Anda melemparkan  pelet atau umpan Anda ke keramba, maka tempat ini menjadi area favorit buat ikan patin. Makanan berupa pelet yang jatuh ke dasar dari keramba menjadikan titik banyak ikan patin yang akan mengambil umpan Anda ini.

Anda bisa memancing di dekat keramba, namun juga jangan begitu dekat sebab bisa saja kail Anda akan tersangkut pada keramba.

Pinggiran Waduk atau Danau

Spot terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah di pinggiran waduk atau danau. Memang bisa dibilang memancing di pinggiran danau atau waduk ini kurang memuaskan karena hasilnya tidak seperti di sekitar rumpon alami atau keramba.

Namun pinggiran danau juga bisa menjadi alternatif untuk menunggu umpan Anda menarik ikan patin. Triknya, pastikan Anda menemukan area yang menurut Anda itu paling dalam. Coba ukur dengan menjatuhkan kail Anda.

Jika sudah menemukan tempat paling dalam di sekitar pinggir kolam, maka Anda bisa memancing di tempat tersebut.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Lele

Umpan Ikan Patin Terbaik

Hal lain yang tak kalah penting adalah soal umpan. Banyak yang bilang bahwa, belum tentu spot yang bagus dan teknik-teknik akurat diterapkan bila umpannya kurang pas. Nah, untuk itu perlu nengetahui beberapa umpan jitu ikan Patin ini agar hasil yang didapat juga maksimal.

Untuk umpan alami, kamu bisa memakai kroto, cacing tanah, udang, anakan ikan kecil, daging belut dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat berbagai racikan yang bagus. Info selengkapnya bisa kamu cek di artikel Umpan Ikan Patin ini.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Bawal

Penutup

Demikian, Cara Mancing Ikan Patin beserta langkah-langkahnya. semoga Bermanfaat dan selamat mencoba.