Cara Memasang Umpan

Cara memasang umpan
Cara memasang umpan

Cara Memasang Umpan – Memancing menjadi salah satu hobi yang sedang trend di berbagai kalangan, baik anak remaja, dewasa hingga orang-orang tua.

Bagaimana tidak, kegiatan mancing ikan memang sangat ampuh untuk mengurangi rasa bosan, ditengah rutinitas yang padat, apalagi dalam keadaan Pandemi seperti sekarang.

Namun, memancing ikan tidak semudah yang dibayangkan, ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan sebelum beraksi, salah satunya ialah Cara Memasang Umpan Pada kail kita.

Umpan ikan adalah media paling utama jika kamu ingin berhasil memancing banyak ikan, baik di laut, sungai, rawa hingga danau. Bagaimana cara memasangnya? Simak ulasan di bawah ini.

Cara Memasang Umpan Pada Kail

Jenis ikan di air tawar sangat banyak sekali, pun untuk umpannya yang beragam. Meski hidup di habitat yang sama, namun makanan kesukaan mereka tidaklah sama semua.

Misalnya seperti Ikan Nila yang lebih doyan lumut, atau ikan Gabus yang sangat tertarik dengan bau amis pada cacing. Selain perbedaan umpan, ternyata cara pemasangannya juga berbeda. Berikut ulasannya.

Cara Memasang Umpan Udang Hidup

Cara memasang umpan udang hidup
Wikihow.com

Udang hidup air tawar adalah salah satu umpan yang ampuh, untuk memancing berbagai jenis ikan air tawar, misalnya ikan Nila, Galatama Lele, Bawal, Toman dan lainnya.

Nah, tahap-tahap pemasangan umpan udang adalah sebagai berikut :

Untuk lemparan jauh

Caranya, kail dikaitkan dari bagian ekor hingga tembus ke perut, baik bagian atas ataupun bawah. Hal ini beralasan agar udang bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah terlepas.

Agar udang tetap hidup, jangan sampai mata kail mengenai titik saraf udang yang ada pada bagian atasnya yang berwarna hitam.

Udang mengambang pada bagian kedalaman tertentu

Pemasangan yang kedua ini untuk kamu yang ingin memancing dengan teknik mengambang, pada kedalaman tertentu dengan menggunakan umpan udang.

Cara memasang umpan teknik ini ada 3 macam. Pertama, mengaitkan umpan pada bagian ekor, tembus dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Kedua, menancapkan dari bagian mulut hingga ke bawah perut atau atas punggung. Dan yang ketiga, dari bagian atas punggung melengkung ke depan atasnya.

Untuk pemakaian cara ini, pemancing biasanya menggunakan rangkaian pancing yang dilengkapi dengan pelampung, agar kedalaman umpan bisa ditentukan.

Untuk spot yang lebar

Yang terakhir, yakni buat kamu yang memancing pada spot bebas dan lebar, misalnya rawa-rawa yang banyak dihidupi tumbuhan air, pemasangannya dari bawah bagian ekor hingga ke bawah perut.

Cara Memasang Umpan Ikan Hidup

Tidak sedikit ikan air tawar yang juga suka memakan sesama ikan lainnya, misalnya anakan ikan atau ikan-ikan yang berukuran kecil. Nah, kamu bisa mencobanya sebagai umpan utama.

Cara memasang umpan ikan yang masih hidup adalah sebagai berikut :

Mancing Di Permukaan

Untuk kamu yang ingin memancing di area permukaan air dengan umpan ikan mati, misalnya seperti ikan gabus, Toman dan sejenisnya, bisa memasang umpan pada bagian punggung ikan.

Tujuannya agar umpan bisa bertahan hidup sedikit lebih lama. Pergerakan yang dilakukan umpan akan menarik perhatian ikan air tawar dan segera menyambarnya.

Mancing Dasaran

Sedikit berbeda dengan teknik permukaan, pada mancing dasaran, kita memasang umpan pada bagian bawah dekat ekor ikan, ini bertujuan agar umpan bisa berenang ke bawah / dasar.

Mancing Di Arus Yang Kuat

Jika kamu ingin memancing di arus yang kuat dan deras, tentunya kamu memerlukan batu pemberat agar bisa menentukan kedalaman air, dan umpan tidak gampang terbawa arus.

Pasanglah umpan ikan pada bagian kepala atau bagian mata hingga ke tengah badan. Ini berfungsi agar umpan ikan itu hanya berenang di dasar laut atau di bawah air.

Cara Memasang Umpan Kucur

Cara pasang umpan kucur pada kail
Youtube.com

Kucur merupakan nama dari racikan umpan yang telah di fermentasi sedemikian rupa, yang umumnya terbuat dari usus ikan, lemak sapi, atau apapun yang terbuat dari hewan.

Umpan ini juga cukup ampuh dan manjur. Proses pembuatannya juga beraneka ragam, bisa kamu baca pada artikel Cara Membuat Umpan Kucur ini. Namun, cara pemasangannya tidaklah terlalu rumit.

Caranya, kamu tinggal melilitkan helai demi helai dari umpan ini ke mata pancing, hingga mata kail telah penuh dengan lilitan. Setelah itu, mulailah beraksi.

Selengkapnya : Cara Membuat Umpan Kucur

Cara Memasang Umpan Jangkrik

Selain udang dan ikan hidup, ada beberapa jenis serangga yang juga sangat disukai ikan air tawar, salah satunya ialah jangkrik, hewan bising dengan suara melengking ini.

Cara pemasangannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menusuk bagian manapun, bisa dari bagian perut hingga tembus ke ekor, ataupun sebaliknya.

Cara Memasang Umpan Pelet

Tips mancing menggunakan pelet
Langgengpancing.com

Hampir semua orang yang hobi memancing sepertinya sudah tidak asing lagi dengan umpan yang satu ini. Pelet menjadi pencampur racikan ikan yang hampir selalu di pakai.

Untuk itulah, pemasangan umpan dengan racikan pelet sangatlah gampang, karena bentukan akhirnya selalu menyerupai adonan lembut, kenyal dan mudah lengket pada mata pancing.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran potongan adonan pelet tersebut, sesuaikan dengan ukuran mata kail, maupun ukuran mayoritas ikan di spot tempat kita memancing.

Umpan racikan pelet menjadi salah satu umpan terbaik ketika memancing ikan di air tawar, umpan ini disukai banyak ikan seperti Nila, Mas, Gurame, Mujair, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Umpan Cacing

Sejak kita kecil dahulu, cacing sudah menjadi umpan mancing yang kita gunakan, terutama ketika ikut orangtua ke kebun, sawah atau sungai. Selain mudah didapat, ternyata juga mudah di pasang.

Menurut saya pribadi, umpan cacing ini disukai oleh seluruh ikan air tawar (di daerah tempat tinggal saya). Namun, cacing juga memiliki beberapa jenis, misalnya cacing tanah, pita, merah, bayam, dan sebagainya.

Secara umum, Cara Memasang Umpan Cacing ialah dengan menusukkan bagian kepala ke mulut mata pancing, kemudian tusukkan terus sampai seluruh bagian kail penuh.

Tetapi, jangan lupa sisakan bagian ekornya di ujung, agar ketika di dalam air ekor tersebut bisa bergerak-gerak, yang akhirnya bisa menarik perhatian ikan untuk menyambarnya.

Untuk penggunaan lebih dari satu ekor, bisa dengan cara mengaitkan 2-3 ekor atau lebih, lalu disusun satu-persatu. Penambahan pergerakan pada umpan akan lebih menambah potensi penyambaran.

Ada pula cara pintalan, yakni kamu hanya butuh satu ekor cacing, kemudian tusuk bagian kepalanya, lalu geser ke pangkal kail. Sedangkan badannya kamu pelintir 3-4 kali, lalu kaitkan sedikit bagian ekor agar tidak lepas.

Selengkapnya : Jenis Cacing Umpan Mancing

Cara Memasang Umpan Daun Talas

Teknik mancing dengan daun talas
Mancingikan.net

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa ternyata daun talas cukup ampuh untuk memancing ikan air tawar, seperti ikan nila, mas dan gurame. Selain murah, juga mudah didapatkan.

Bukan hanya sebagai umpan, daun talas juga bisa dimanfaatkan sebagai alas umpan. Nah, berikut Cara Memasang Umpan Daun Talas pada kail yang baik dan benar :

Sebagai Umpan Utama

Jika dipakai sebagai umpan, caranya sangat gampang. Kamu hanya perlu mengaitkan langsung pada mata kail, atau dilipat dan digulung terlebih dahulu.

Selain itu, juga bisa diremukkan dan dicampur dengan bahan-bahan racikan yang lainnya. Umpan ini terkesan sangat sederhana namun cukup ampuh dan manjur.

Sebagai Alas Umpan

Selain sebagai umpan utama, juga bisa dijadikan alas umpan. Cara ini cukup unik. Daun talas dibiarkan mengambang di permukaan air, lalu letakkan umpan utama di atasnya.

Carilah daun talas yang lebih muda dan kecil. Karena jika daunnya terlalu lebar, bisa-bisa konsentrasi ikan malah terfokus ke daun, bukan ke umpan.

Daun talas yang mengambang di permukaan air berfungsi untuk menarik perhatian ikan. Artinya, dia akan berpikir dapat rezeki nomplok, daun talas ada, eh makanan lezat juga ada.

Cara Memasang Umpan Lumut

Yang terkahir adalah lumut, sebagai salah satu jenis umpan alami yang sangat terkenal untuk memancing ikan Nila di sungai dan spot lainnya.

Lumut Untuk Mancing yang direkomendasikan adalah lumut sawah, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di dekat-dekat mata air tepi sawah, parit, dan aliran air irigasi alami.

Untuk mancing nila, para Angler biasanya membuat rangkaian pancing dengan jumlah 3-6 rangkaian, dengan jarak sekitar 1 cm. Pertama, masukkan lumut dalam bejana berisi air.

Cara gampang dalam memasangnya adalah, rangkaian mata kail masukkan ke dalam bejana, kemudian diputar-putar. Secara otomatis lumut yang ada didalamnya akan menyangkut di rangkaian mata pancing kita tersebut.

Oh iya, lumut yang sudah kita kumpulkan usahakan jangan terkena sinar matahari, karena akan cepat membusuk. Kamu bisa mencoba umpan ini, selain murah, juga jitu.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Di Sungai

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Cara Memasang Umpan Pada kail beserta penjelasannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.

Join the discussion

Memancing.info