Cara Membuat Rangkaian Pancing T

2 min read

Cara membuat rangkaian Pancing T

Ada berapa langkah yang perlu dipahami sebagai Cara Membuat Rangkaian Pancing T yang benar. Dalam dunia pancing, terkadang penggunaan Perlengkapan Mancing dari segi rangkaian yang dibuat, bisa memiliki perbedaan dalam segi kegunaan.

Kelebihan rangkaian pancing bercabang juga digunakan ketiga berburu ikan yang ditargetkan atau dikhususkan. Misalnya, bila kamu hendak berburu ikan baronang, maka mata kailnya dirangkai glosoran, yakni memiliki banyak mata kail dan posisi timah di bagian bawah.

Cara Membuat Rangkaian Pancing Simpul T ini bisa dibilang susah-susah gampang, dalam artian harus memperhatikan step by stepnya, agar tidak salah ikat. Dinamakan rangkaian simpul T karena memang hasil akhir ikatan simpulnya berbentuk huruf T kapital.

Pengertian Rangkaian Pancing T

Rangkaian Pancing T merupakan sebutan bagi simpul dalam cara mengikat mata kail bercabang dan menyerupai huruf T besar. Rangkaian ini biasanya digunakan ketika berburu ikan tertentu.

Rangkaian ini memang bukan satu-satunya yang sering dipakai dan digunakan. Pasalnya, semakin banyak jenis ikan yang ditemukan di suatu spot, maka rangkaian pancingnya juga akan bervariasi, menyesuaikan karakteristik ikan tertentu. Berikut, sajian dari Memancing.info.

Perlengkapan Membuat Rangkaian Pancing T

Beberapa peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Senar leader / kawat neklin dengan panjang sekitar 50-70 cm
  • Swivel. Kamu bisa menggunakan semua jenis swivel, tapi usahakan jangan yang threeway dan crossline swivel.

Cara Membuat Rangkaian Pancing T

Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu gambar di bawah ini, karena saya akan membuatkan caranya berdasarkan gambar ini :

Cara membuat rangkaian pancing T
Step by Step Proses Pembuatan Simpul T

Berikut, adalah beberapa langkah-langkah membuat rangkaian pancing bersimpul T yang baik dan benar, beserta tahap-tahapnya :

  • Masukkan ujung senar leader / kawat neklin yang sebelumnya sudah dipersiapkan sebanyak 2 kali. Dari dua sisi yang ada, panjangkan salah satunya dibanding sisi lainnya.
  • Kemudian, sisi yang panjang dililitkan sebanyak 10 kali ke sisi yang pendek.
  • Setelah dililitkan, kemudian senar yang berlebih dimasukkan ke dalam bolongan yang terbentuk dari langkah sebelumnya.
  • Selanjutnya, pegang swivel dan tahan dari bagian sisi yang pendek, sembari menarik sisi yang panjang hingga rapi dan kencang.
  • Langkah berikutnya, silakan buat simpul baru yang agak renggang dan memiliki bolongan di bagian tengah, sambil dililitkan kedua sisi sebanyak +- 20 kali.
  • Lalu, renggangkan sedikit bagian tengah lilitan dengan tujuan membentuk celah yang kecil. Lalu,  masukkan bagian swivel ke celah tersebut.
  • Selanjutnya, tarik secara pelan kedua sisi kiri dan kanan hingga kencang dan rapat. Alhasil, akan membentuk huruf T kapital yang terbalik sebanyak 2 buah.
  • Setelah itu, buatlah simpul baru untuk menghasilkan 2 cabang baru dibawahnya. Lilitkan sebanyak 4-6 kali pada bagian ujung dengan rapi dan kuat. Tips : buat simpul baru pada sisi yang panjang saja.
  • Berikutnya, potonglah bangau tengah bolongan yang tercipta dari simpul tadi, lalu potong sisi kiri dan kanan secara rata.
  • Nah, setelah kamu berhasil memotongnya, maka akan tercipta 2 simpul yang baru lagi.
  • Kemudian, buat lagi simpul baru pada 2 cabang yang baru tadi.
  • Seperti pada gambar no. 5, buatlah sedikit renggangan sehingga membentuk lobang di bagian tengah. Lalu, masukkan swivel serta semua simpul yang ada di bagian bawah ke dalam celah itu.
  • Tarik kedua sisi secara perlahan sampai rapi dan kencang. Maka, akan tercipta 3 cabang rangkaian pancing T.

Pengganti Rangkaian Pancing T Yang Direkomendasikan

Banyak juga para pemancing yang mengaku bahwa cukup kesulitan untuk merakit rangkaian pancing T ini, karena alasannya ribet dan tidak sabaran pastinya. Untuk itu, kamu bisa membuat alternatif yang satu ini.

Alternatif ini bisa kamu pakai dengan menggunakan swivel berjenis Three Way Swivel & Crossline Swivel, dengan menggunakan senar leader ataupun kawat neklin. Sedangkan simpul yang digunakan yakni Clinch Knot.

Bila kamu hendak membuat lebih dari 3 cabang, kamu hanya perlu mempersiapkan Crossline ataupun Three Way Swivel yang lainnya. Tergantung dari berapa banyak cabang yang ingin kamu rangkai. Semua menyesuaikan pada kebutuhan.

Baca Juga : Cara Merawat Senar Pancing


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai materi tentang Cara Membuat Rangkaian Pancing T beserta Langkah-Langkah secara lengkap. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Selamat memancing dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *