Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat

2 min read

Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat

Sebagai pemancing, kita tidak akan tahu jenis ikan apa saja yang ada di dalam air, sehingga mata kail berkemungkinan akan pernah putus. Untuk itu, perlu kiranya mengetahui bagaimana Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat.

Di beberapa hari yang lalu, saya juga telah mengulas bagaimana Cara Merawat Senar pancing agar tidak kusut dan keriting, terlebih setelah selesai pulang ke rumah. Hal ini penting diperhatikan agar Perlengkapan Mancing tetap bagus.

Merek Senar Pancing banyak ragamnya, memiliki harga dan kualitas yang berbeda. Namun, tidak semua orang mampu membeli yang berkualitas tinggi. Sehingga, Mengetahui Cara Membuat Tali Pancing Jadi Kuat adalah jalannya. Berikut, disajikan Memancing.info :

Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat

Senar Pancing biasa atau yang disebut monofilamen lebih mudah putus, beda halnya jika kamu memakai senar PE atau berbahan nilon yang kuat, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena kekuatannya sudah teruji, begitu pula dengan kualitasnya.

Merebus Tali Pancing di Air Mendidih dicampur Teh

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam hal ini, namun yang paling umum dan banyak dipakai ialah dengan cara merendam tali pancing ke dalam air yang mendidih, dan sudah dicampuri dengan serbuk teh.

Jika kita cari asal-usul trik merebus senar pancing ini, akan sangat sulit ditemukan, baik dari dunia Maya maupun secara langsung, karena merupakan salah satu peninggalan budaya dari para leluhur, yang diturunkan secata turun-temurun.

Tetapi, saya menemukan sebuah informasi bahwa, manfaat rendaman senar pancing di air yang dicampuri teh ini, berguna untuk menghilangkan minyak yang ada pada senar berjenis monofilamen. Sedangkan air panas berfungsi untuk meluruskan dan melenturkan senar.

Nah, penasaran bagaimana cara memperkuat tali pancing agar lentur dan tidak mudah putus menggunakan rendaman air panas dicampur teh? Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, rendamlah air panas dalam panci hingga mendidih
  • Setelah mendidih, masukkan daun teh tubruk dan aduk hingga rata
  • Setelah rata, masukkan pula daun jambu biji dan diamkan beberapa saat
  • Kemudian, siapkan senar yang akan dikuatkan, jangan sertakan bersama spul reel pancing, cukup senar saja
  • Saring air mendidih tadi dan buang daun teh beserta daun jambu biji tadi
  • Lalu, masukkan senar ke dalam wadah secara keseluruhan, tutup dan diamkan sekitar 5 menitan
  • Kemudian, matikan kompor dan biarkan senar terendam hingga airnya sedikit dingin
  • Keluarkan senar lalu tiriskan
  • Terlahir, gulung kembali senar ke dalam reel.

Nah, demikian cara merebus senar pancing agar kuat, lentur dan tidak mudah putus. Cara ini sudah terbukti ampuh dan sering dilakukan oleh para angler-angler profesional di luar sana, dan kamu juga bisa mencobanya mulai sekarang.

Selain itu, setelah melakukan cara ini, kamu juga akan merasakan bahwa senar yang kamu pakai akan mudah tenggelam ketika memancing kembali, baik di sungai, rawa, waduk danau, muara hingga laut.

Membuat Senar Pancing Jadi Kuat (Metode 2)

Selain metode di atas, ada cara lain yang juga bisa kamu terapkan. Namun menurut saya, selagi dengan merebusnya di air mendidih dengan campuran teh masih bisa dilakukan, pakai metode itu saja, metode ini tidak udah.

Bukannya melarang, namun cara kedua ini prakteknya cukup ribet, dan juga belum banyak yang mencobanya. Jadi, saya merangkumnya di sini hanya supaya kalian tahu saja. Berikut caranya :

  • Pertama, potong senar secukupnya, sepanjang yang ingin dipakai untuk memancing
  • Potong 4-5 tiang pancang, bisa menggunakan bambu. Tiang ini nantinya untuk menegangkan atau mengencangkan tali pancing
  • Setelah itu, lumuri dengan lem kaca atau paralon secara merata
  • Ulangi beberapa kali di setiap hari berikutnya

Cara ini memang belum banyak yang mencoba dan mempraktekkannya, namun ada juga yang telah membuktikan, bisa mengangkat beban 10 kg dengan senar kecil berukuran 12°. Kekurangannya, prosesnya ribet dan senar rentan kaku.

Baca juga : Membuat Rangkaian Pancing T


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat, lentur dan tidak mudah putus ketika digunakan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *