Cara Mencampur Em4 Dengan Pelet Ikan Nila

Memancing.info – Sebagai pembudidaya ikan pakan termasuk hal penting yang harus diperhatikan, karena pakan atau pelet bisa mempengaruhi kualitas ikan nila. Namun, tidak perlu khawatir pakan ikan bisa dicampur dengan EM4, cara mencampur em4 dengan pelet ikan nila bisa jadi solusi. Pencampuran dengan menambah em4 dapat menghemat biaya. Baca Juga: Daun Walangsangit Untuk Mancing Nila

Bahan em4 mengandung beberapa mikroorganisme yang baik dan juga menguntungkan bagi ikan. Nutrisi yang dibutuhkan ikan akan terpenuhi dan juga kualitas ikan akan semakin baik, serta menekan patogen penyakit pada ikan. Simak ulasannya dengan jelas di bawah ini:

Manfaat Penggunaan Em4 Yang Dicampur Pelet Ikan Nila

Cara Mencampur Em4 Dengan Pelet Ikan Nila
Cara Mencampur Em4 Dengan Pelet Ikan Nila

Em4 ini bisa jadi alternatif pakan yang digunakan untuk nutrisi ikan, selain itu manfaat yang ditawarkan em4 ini pastinya akan menguntungkan peternak ikan. Kandungan probiotik di dalamnya bisa meningkatkan produktivitas ikan, serta menekan penyakit pada pencernaan ikan. Beberapa kilasan manfaat em4 ini bisa jadi pilihan yang menarik dan menguntungkan.

Sebenarnya bahan em4 saja sudah bermanfaat untuk nutrisi ikan, bahkan apabila ditambahkan dan dicampur dengan pelet ikan nila akan lebih baik lagi. Manfaat yang diperoleh tentu saja banyak sekali dan semua berdampak pada kualitas ikan nanti. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh peternak dengan penggunaan em4 diantaranya:

  • Daya tahan tubuh ikan akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.
  • Laju pertumbuhan ikan akan berlangsung dengan cepat, akibatnya ikan akan cepat panen.
  • Kadar oksigen dalam air akan meningkat, sehingga kualitas kolam juga akan meningkat.
  • Gas amonia dalam kolam akan kurang.

Cara Mencampur Em4 Yang Benar

Cara mencampur em4 dengan pelet ikan nila harus dilakukan dengan benar dan hati – hati agar keuntungan yang didapat. Bisa jadi bahan yang yang dicampurkan bermanfaat namun malah dicampurkan dengan asal maka akan membahayakan ikan. Maka dari itu peternak perlu mengeti cara mencampurkan em4 ini dengan baik dan benar. Baca Juga: Trik Mancing Nila Dengan Lumut

1. Menyiapkan Bahan Em4 Dan Campurannya

Sebelumnya harus siapkan bahan – bahan yang dibutuhkan sebelum memulai mencampurkan diantaranya pakan ikan buatan atau jadi sebanyak 1 kg, kemudian 4kg ampas tahu. 

Selain itu 4 kg dedak halus, 1kg tepung protein, 1 liter air tebu, 100 mililiter em4, 2 butir telur serta wadah sedang dan sekop. Beberapa bahan tersebut bisa disiapkan terlebih dahulu.

2. Lakukan Beberapa langkah Proses Pencampuran Em4

Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya yakni mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan. Selanjutnya tinggal mencampurkan beberapa bahan yang disiapkan tadi untuk dijadikan dalam 1 adonan.

3. Memastikan Semua Bahan Tercampur Dengan Rata

Setelah menyiapkan beberapa bahan campuran yang akan digunakan dalam membuat pelet dan em4. Selanjutnya bisa campurkan dengan merata antara ke semua bahan diatas, pastikan dalam mencampur dengan rata. Untuk mencampurkan gunakan sekop yang telah disiapkan tadi agar mempermudah proses pencampuran bahan.

4. Mempacking Hasil Adonan

Setelah adonan tercampur dengan merata bisa tutup rapat menggunakan plastic agar kedap udara dan juga air. Diamkan adonan yang telah ditutup plastic tersebut sampai 1 minggu. Lama penyimpanan tersebut agar proses fermentasi berhasil dan maksimal.

5. Mengatur Pemberian Adonan Em4

Setelah 1 minggu kapan bisa diberikan pada ikan yang dipelihara sesuai dengan kebutuhan ikan. Berikan hasil pakan tersebut pada pagi dan sore hari untuk mengatur pola makan pada ikan yang dipelihara. Baca Juga: UMPAN IKAN NILA LIAR 

Cara mencampur em4 dengan pelet ikan nila diatas bisa diterapkan dan dipraktekkan pada secara mandiri dan mudah. Campuran bahan yang bisa digunakan yakni ampas tahu, dedak, tepung ikan dan juga tetes tebu atau sering disebut molase. Beberapa campuran tersebut nantinya bisa diberikan untuk dicampur dengan em4.

Cara pemberian pakan untuk adonan em4 ini usahakan dibarengkan dengan pelet, Bisa juga bahan untuk dijadikan pelet. Pemberian pakan bisa dilakukan sekitar 2 sampai 3 kali dalam sehari. Bisa buat kepalan kecil – kecil lalu berikan pada ikan yang dimiliki.