Cara Mencari Sarang Ikan Nila

3 min read

Cara mencari sarang ikan nila

Bagi pembaca semua yang sedang mencari tips dan Cara Mencari Sarang Ikan Nila di sungai maupun rawa-rawa, kamu sudah berada di artikel yang tepat. Karena Memancing.info akan mencoba merangkumnya secara lengkap di sini.

Memancing di sungai memang mengasyikkan dan memiliki kesan tersendiri. Namun nyatanya tidaklah mudah, terlebih bila kita memiliki target untuk berburu ikan tertentu, misalnya ikan Nila. Setidaknya, kita tahu Cara Menemukan Sarang Nila di sungai.

Karena meskipun kita menggunakan Umpan Ikan Nila jitu dan ampuh, dengan racikan yang bagus sekalipun, namun bila tidak bisa memprediksi Spot Ikan Nila di sungai, bisa saja hasilnya akan boncos. Kalaupun berhasil, yang di bawa pulang juga akan minim.

Selain itu, mayoritas ikan di air tawar memiliki jenis umpan yang sama, apalagi diantara mereka kebanyakan adalah omnivora (pemakan segala). Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa umpan akan sering habis disambar ikan lain, bukan ikan nila.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana Cara Mencari Sarang Ikan Nila yang benar, sehingga tidak perlu membuang waktu berlama-lama karena pindah spot tiap sebentar. Simak ulasan kanal Tips Mancing dari Memancing.info di bawah ini.

Habitat & Cara Mencari Sarang Ikan Nila

Cara menemukan sarang ikan nila

Sebelum mengetahui tips mencari sarang ikan nila, tentunya hal yang pertama harus diketahui ialah spot potensial dari ikan ini. Beberapa tolok ukur yang perlu diperhatikan ialah keadaan air, struktur badan sungai dan aliran.

Pastinya, ikan nila berada di perairan tawar, seperti sungai, rawa, danau dan waduk. Namun ada pula yang di perairan payau. Di air tawar, suhunya berada di sekitaran 14 – 38°C atau suhu optimal 25 – 30°C.

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah keadaan air. Carilah perairan yang mengalir atau tidak, namun sepanjang tahun tidak pernah kering, dengan minimal kedalaman 1 meter.

Sedangkan untuk mencari ikan nila babon (besar), carilah perairan yang dalam. Bila ketersediaan oksigen di dalam air cukup tinggi, maka mafsu makan ikan nila akan jadi besar pula.

Bila kamu berniat memancing ikan nila babon, carilah lokasi air yang mengucur atau terlihat banyak gelembung. Selain itu, nila babon suka lokasi bersih, maka pastikan pula di dasarnya bersih tanpa sampah ataupun kayu-kayu yang meranjau.

Namun ditemukan pula fakta bahwa, habitat ikan nila sangat suka di lokasi-lokasi air yang banyak terdapat kayu yang membentang di permukaannya, misalnya jika ada pohon yang tumbang, kemungkinan di sana banyak ikannya.

Fakta lainnya adalah, ikan nila sangat suka dengan kebersihan dan kejernihan air, dengan kedalaman 1-3 meter. Maka pastikan pula spot tempat kamu memancing tidak keruh atau berwarna cokelat kehitaman.

Cara menemukan sarang ikan nila yang terakhir ialah di lokasi persimpangan dan tikungan di sungai. Persimpangan ini biasanya mengarah ke anak sungai atau muara. Sedangkan yang tikungan ini umumnya beraliran tenang dan cukup dalam.

Baca juga : Ciri-Ciri Ikan Nila

Umpan Ikan Nila Harian

Umpan ikan nila harian

Setelah mengetahui teknik mencari sarang ikan Nila melalui spotnya di atas, maka selanjutnya ialah menyiapkan umpan-umpan yang potensial dan teruji ampuh.

Faktanya, meski sesama ikan nila, namun bagi kategori yang susah makan, liar, beda habitat, ukuran dan keadaan air, umpan yang digunakan juga bisa berbeda. Kamu harus memahami ini agar hasil buruan semakin banyak.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu pakai, mulai dari umpan alami dari alam hingga umpan racikan buatan. Untuk umpan alami, kamu bisa memakai beberapa pilihan di bawah ini :

  • Cacing
  • Lumut
  • Udang
  • Ulat beras
  • Ulat pisang
  • Jangkrik
  • Laron
  • Daun Singkong
  • Usus ayam
  • Dll

Sedangkan untuk racikan yang bagus, kamu bisa membaca selengkapnya di artikel Umpan Ikan Nila ini, beserta persiapan dan tata cara meraciknya.

Waktu Terbaik Mancing Ikan Nila

Waktu terbaik mancing ikan nila
Source : Youtube.com

Ikan nila umumnya hidup secara bergerombol dalam jumlah yang tidak menentu. Bila gerombolan mendekati si pemancing, maka ia sangat hoki saat itu. Namun begitu pula sebaliknya bila sedang tidak terlihat.

Untquk itu, satu hal yang perlu diperhatikan juga ialah kapan waktu paling tepat untuk memancing ikan nila, keadaan air dan faktor cuaca, baik siang maupun malam hari.

Fyi, Nila adalah spesies ikan berarah dingin. Maka tidak heran bila dia tidak menyukai suhu air yang terlalu panas karena sinar matahari yang tajam. Ikan Nila akan mencari lokasi air yang teduh untuk beradaptasi dengan keadaan suhu tubuhnya.

Satu lagi, ikan nila lebih sering beraktivitas mencari makanan atau kawin pada siang hari, sedangkan ketika malam ia akan beristirahat. Sehingga Nila dikategorikan sebagai ikan Nokturnal.

Nah, waktu paling tepat untuk berburu ikan nila ialah ketika pagi dan sore. Pagi ketika matahari terbit dan sore saat matahari hendak tergelincir. Dua kondisi inilah yang paling pas dan potensial.

Baca juga : Umpan Nila Babon

Faktor cuaca juga harus diperhatikan di sini. Misalnya ketika terjadi hujan terus menerus, tentu air sungai atau danau akan keruh dan kecoklatan. Ini mengganggu pola makan ikan nila. Mereka akan lebih memilih untuk bersembunyi di dasar atau lobang-lobang air.

Namun, tidak selamanya musim hujan jadi penghambat untuk berburu ikan nila. Faktanya, air hujan bisa menghangatkan temperatur air karena, mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Bila hujan turun hanya sejenak, maka tidak jadi masalah.

Sinar matahari yang bersinar sedang, kemudian teduh, lalu terang lagi, menjadi momen terbaik untuk mancing ikan nila. Kondisi gerimis tanpa disertai petir juga dianjurkan untuk memancing Nila, dan kemungkinan hasil pancingan pun tidak akan boncos.

Baca Juga : Teknik Mancing Ikan Nila

Akhir Kata

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai info bagaimana Cara Mencari Sarang Ikan Nila beserta habitatnya, umpan yang digunakan serta Waktu terbaik memancing ikan Nila di sungai, waduk dan rawa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *