Ciri-Ciri Ikan Mas

Ciri-Ciri Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Ciri-Ciri Ikan Mas – Ikan yang satu ini memang sudah cukup populer di Indonesia, namun ternyata belum banyak masyarakat yang paham secara detail terkait ciri fisik Ikan Mas ini secara mendalam

Selain fungsinya sebagai ikan hias dan bahan konsumsi, ikan ini memiliki bentuk tubuh khusus yang bisa menjadi identitas utamanya sebagai ikan mas. Soal kepopuleran, pastinya sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa karakteristik ikan mas di Indonesia biasanya dibedakan berdasarkan beberapa sisi, yakni bagian kepala, insang, hidung, mata, mulut, gigi, sirip, ekor, serta bentuk dan warna tubuh. Berikut, penjelasannya oleh Memancing.info.

Ciri-Ciri Ikan Mas Lengkap

Sebelum Anda membeli ikan mas, pastikan dulu bahwa Anda telah mengenali sepenuhnya mengenai Perbedaan ikan mas dengan ikan lainnya, jangan sampai Anda salah pilih ya! Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Bagian Kepala

Ciri-ciri yang pertama adalah dari bagian kepalanya, yang meliputi :

  • Insang

Ikan mas memiliki penutup insang atau dikenal juga sebagai operculum. Insangnya pun terdiri atas 3 pasang yang memiliki celah-celah semacam garis-garis.

Insang ini menjadi salah satu indikator kesegaran pada ikan mas. Anda bisa membuka operculum saat akan memastikan bahwa ikan masih segar atau sebaliknya.

  • Hidung

Ikan mas memiliki sepasang hidung yang bentuknya cenderung cekung. Saluran dalam hidung ini sama sekali tidak berhubungan dengan rongga mulutnya.

  • Mata

Sedangkan pada bagian mata, beberapa di antaranya cenderung menonjol keluar. Namun sebagian lain tidak terlalu menonjol, namun tetap memiliki kelopak yang cukup lebar.

  • Mulut

Mulut ikan mas terletak tepat di tengah (terminal) kepala bagian ujung. Mulut ikan mas dapat menyembul keluar atau disebut sebagai proktaktil. Selain itu, di bagian mulut juga terdapat sungut sebanyak 2 pasang.

  • Gigi

Di dalam bagian mulut, terdapat deretan gigi yang membentuk kerongkongan. Gigi ikan mas terdiri dari gigi geraham sebanyak 3 baris.

Bagian Tubuh

Selain pada bagian kepalanya, tubuh ikan mas juga memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

  • Sisik

Ukuran sisik pada ikan mas cukup besar dan berjenis sikloid (berbentuk lingkaran). Sebagian besar ikan mas memiliki sisik secara penuh, namun ada jenis ikan mas tertentu yang tidak memiliki sisik secara penuh di tubuhnya.

  • Sirip

Dalam satu ekor ikan mas, memiliki 5 jenis sirip yaitu:

√ Sirip dada (pectoral fin) sebanyak satu pasang.
√ Sirip perut (abdominal fin) sebanyak satu pasang.
√ Satu sirip dubur (anal fin)
√ Sirip punggung (dorsal fin) berbentuk memanjang.
√ Satu sirip ekor (caudal fin).

Bagian Ekor

Ciri-ciri ikan mas selanjutnya dapat dilihat pada ekornya. Ekor ikan mas terlihat teratur atau simetris karena bersifat homocerk.

Meskipun terlihat teratur, namun sebenarnya ekor ikan mas memiliki tulang yang tidak beraturan atau asimetris.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh pada ikan mas yaitu lonjong atau memanjang, namun cenderung pipih atau compressed. Tidak hanya itu, tubuh ikan mas juga tergolong cukup tegak.

Meskipun banyak yang memanjang, namun ada beberapa jenis ikan mas yang tubuhnya sedikit lebih pendek dibanding yang lainnya.

Baca juga : Umpan Pelet Ikan Mas

Warna Tubuh

Karakteristik ikan mas
Gambar Ikan Mas Hias

Warna tubuh ikan mas cukup bervariasi. Untuk ikan mas hias, biasanya memiliki warna-warna cerah seperti merah, kuning, oranye, hijau, keemasan, dan hitam.

Semua warna tersebut bisa muncul dalam satu ekor ikan mas. Sedangkan untuk ikan mas konsumsi, biasanya memiliki warna cenderung gelap, misalnya abu-abu, cokelat, hingga kehitaman.

Baca Juga : Umpan Ikan Mas

Hidup di Perairan Tawar

Ciri-ciri ikan mas selanjutnya adalah berjenis ikan air tawar. Artinya mereka hanya bisa bertahan hidup di air tawar, bukan air asin atau air laut.

Mereka juga menyukai air yang cukup bersih dan memiliki arus yang tenang. Beberapa contoh perairan tawar diantaranya danau dan sungai. Bisa juga dipelihara di kolam atau aquarium.

Ada Hias dan Konsumsi

Yang terakhir, ikan mas ini terdapat 2 jenis secara umum, ada yang digunakan sebagai hiasan di akuarium, ada pula yang diperjualbelikan untuk dikonsumsi. Nah, silakan baca artikel di bawah ini untuk info lengkapnya :

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa Ciri-Ciri Ikan Mas secara umum yang paling dikenal dan laris di Indonesia. Semoga ulasan di atas bisa membantu dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.