Habitat Ikan Mas

2 min read

Habitat Ikan Mas

Habitat Ikan Mas – Ikan mas adalah ikan yang paling berpotensi besar di sektor ekonomi. Bagi pecinta kuliner, ikan mas cukup digemari untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang hobi memelihara, ikan ini juga bisa menjadi pilihan tepat.

Sedangkan untuk para pelaku usaha, Ikan Mas bisa menjadi aset yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun sebelumnya, Anda harus kenali dulu Habitat Ikan Mas di sungai, aquarium, dengan keadaan air dan cuaca di bawah ini oleh Memancing.info.

Habitat Ikan Mas Yang Dibudidayakan

Meski cukup mudah dibudidayakan, dan juga Anda sudah paham mendalam secara detail seluk beluk-beluknya, namun salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah Cara Mencari Sarang Ikan Mas.

Begitu pula dengan habitatnya, jangan sampai Anda salah menempatkan ikan mas sehingga ikan tidak dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, sesuai yang diharapkan. Simak penjelasannya di bawah ini :

Jenis Air

Secara umum, ikan mas hidup di air tawar. Di Indonesia, ikan mas dapat hidup di perairan danau, rawa, waduk dan sungai, bahkan berdampingan dengan jenis ikan yang lain seperti Nila, tawes, bawal dan lainnya.

Karena mampu hidup di air tawar, maka tentu saja ini menjadi peluang bagi Anda untuk bisa membudidayakan ikan mas di kolam buatan sendiri. Selain kolam, Anda juga bisa memeliharanya di aquarium.

Kondisi Air

Selain air tawar, ikan mas juga sangat suka dengan air yang tenang dan tidak begitu dalam. Dengan demikian, tidak heran bahwa Anda tidak akan bisa menemukan ikan mas di sungai yang airnya mengalir deras.

Ikan mas akan hanyut terbawa arus jika berada di perairan yang mengalir cukup deras. Sehingga, biasanya mereka lebih memilih berdiam diri di sarang ketika musim hujan atau aliran air sedang naik.

Suhu Air

Mengenai suhu air dalam waktu tertentu, Ikan mas dapat hidup dan berkembang biak dengan baik pada air yang memiliki suhu antara 25 sampai 30 derajat Celcius.

Dengan rentang suhu tersebut, bisa dikatakan bahwa ikan mas akan “senang” hidup di wilayah yang tingginya sekitar 150 hingga 600 meter di atas permukaan air laut.

Kualitas Air

Membudidayakan ikan mas memang susah-susah gampang, termasuk dalam memperhatikan kualitas air kolam yang digunakan. Harus rutin mengecek dan memelihara kondisi air tempat ia tinggal.

Agar ikan mampu berkembangbiak secara optimal, setidaknya air dalam kolam harus mengandung oksigen terlarut, amonia, nitrit, serta nitrat. Selain itu, air harus tetap dalam keadaan bersih dan jernih.

pH Air

Jika diteliti secara detail, perairan danau atau sungai yang menjadi habitat ikan mas memiliki ukuran pH antara 6 sampai 9. Maka, kolam atau aquarium yang buat pun harus demikian.

Agar lebih akurat, Anda bisa menggunakan alat pH meter saat mengukurnya. Meskipun banyak peternak yang hanya main perkirakan saja, namun lebih baik memakai alat jika ada.

Menjaga Kondisi dan Kualitas Air

Kondisi air untuk ikan mas

Kondisi dan kualitas air kolam atau aquarium tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Jika perubahan habitat ikan mas terlalu ekstrim, maka akan menimbulkan dampak yang fatal bagi kehidupan ikan mas.

Bisa saja ikan mas yang sudah Anda pelihara akan mengalami lesu, stress, susah berkembang biak, bahkan mati. Jika hal ini terjadi, tentunya kamu akan rugi.

Menjaga pH

pH air yang tepat untuk ikan mas yaitu 6-9, artinya ikan mas dapat hidup dalam air yang tidak terlalu asam. Namun lambat laun, air akan terkontaminasi oleh banyak hal.

Misalnya kotoran ikan itu sendiri, serta sisa-sisa makanan ikan. Jika kotoran telah menumpuk, maka jelas akan merubah pH air menjadi asam (kurang dari 6).

Untuk dapat mengembalikan Ph air yang sesuai, Anda bisa memasukkan kalsium bubuk ke dalam kolam atau aquarium. Selain kalsium, Anda juga bisa memanfaatkan daun ketapang dan kapur untuk membantu menetralkan pH air.

Menjaga Suhu

Suhu air juga dapat berubah sewaktu-waktu. Anda bisa mengontrolnya setiap waktu untuk memastikan suhu tetap sesuai.

Cara menjaga suhu tetap stabil yaitu dengan memberikan aerasi dan memasukkan mikroba. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis tanaman, misalnya azolla dan eceng gondok.

Baca juga : Umpan Ikan Mas


Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Habitat Ikan Mas (Cyprinus carpio) Kolam atau Aquarium yang bertujuan sebagai pembudidayaan. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama bagi kita semua. Terima kasih.

Baca Juga :

Morfologi Ikan Mas

Wiki Pebrianto
1 min read

Ciri-Ciri Ikan Mas

Wiki Pebrianto
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *