Jam Makan Ikan di Sungai

Jam makan ikan di sungai

Jam Makan Ikan di Sungai – Memancing ikan di air tawar seperti sungai memang bisa dilakukan kapan saja.

Namun, jika Kamu mengetahui waktu makan ikan di air tawar ini, maka hal itu akan memudahkan Kamu dalam menangkap banyak ikan.

Ya, sebagai orang yang hobi mancing, setidaknya Kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk memancing.

Selain mengetahui berbagai Tips Mancing, perlu pula tahu Jam makan ikan di sungai yang tepat untuk memancing ini, maka Kamu tidak akan kecewa dengan hasil yang akan Kamu dapatkan nantinya.

Kira-kira jam berapa saja sih yang tepat untuk memancing ikan dengan menyesuaikan waktu makannya?

Jam Makan Ikan di Sungai

Mengetahui waktu yang tepat untuk memancing sangat berpengaruh pada hasil seorang pemancing.

Kapan waktu terbaik untuk memancing ikan di sungai ? Nah, ada dua waktu terbaik bagi Kamu yang ingin memancing ikan di sungai, yakni siang dan malam. Tentu saja. 😁

Ikan di sungai lebih menyukai kondisi cahaya redup di pagi dan sore hari untuk mencari makan karena dua waktu ini lebih baik daripada matahari yang cerah di tengah hari.

Tutupan awan menciptakan senja tersendiri dan dapat mendorong ikan untuk menggigit umpan yang Kamu berikan.

Lele, patin, nila dan banyak spesies ikan lainnya akan mencari makan di pagi atau sore hari.

Namun, jam makan ikan di sungai lebih didominasi di sore hari daripada di pagi hari. Ikan dengan ukuran besar tampaknya kurang selektif melihat umpan sehingga lebih mudah ditangkap saat gelap.

Memang, memancing di sore hari amatlah sulit apalagi untuk pemancing yang kurang berpengalaman.

Namun, jika dibandingkan dengan pagi hari, sore adalah waktu yang lebih baik.

Jika Kamu adalah pemancing pemula, maka Kamu dapat bereksperimen dengan memancing di sore hari kemudian lanjutkan lagi saat pagi.

Cobalah untuk dan terus memancing dari sore sampai gelap. Kamu bisa catat hasil yang Kamu dapatkan di antara waktu pagi dan sore hari tersebut, manakah yang paling menghasilkan banyak ikan?

Nah, adapun untuk pagi hari, jam tepat untuk memancing adalah pukul 06.00 hingga  09.00.

Lebih dari jam tersebut, maka Kamu jangan berharap terlalu banyak karena ikan tidak tahan dengan cahaya matahari yang panas dan akan bersembunyi ke dalam sungai.

Sementara jam makan ikan di sungai bagi Kamu yang ingin memancing di sore hari adalah 15.00- 17.00 saat matahari tidak begitu terik dan langit juga belum terlalu gelap.

Ketika langit sudah mulai gelap, maka ikan-ikan di sungai akan kembali ke habitatnya dan malas untuk memburu makan karena malam hari adalah waktunya ikan untuk beristirahat.

Namun berbeda jika Kamu ingin memancing ikan patin. Ya, patin adalah salah satu jenis ikan nokturnal yang lebih aktif ketika malam hari.

Ikan patin akan aktif mencari makan di malam hari daripada pagi hari. Ya, jam makan khusus patin adalah saat malam hari sekitar pukul 20.00 – 23.00.

Baca Juga : Aplikasi Pendeteksi Ikan Di Sungai

Rekomendasi Umpan Pancing yang Tepat

Waktu terbaik untuk memancing
Batukita.com

Rasanya percuma jika Kamu tahu jam makan ikan di sungai yang tepat untuk memancing namun tidak memahami umpan yang tepat untuk menarik ikan.

Nah, buat Kamu yang tidak tahu umpan apa yang sekiranya tepat untuk mengelabui ikan-ikan di sungai, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Kamu pertimbangkan ya!

Sesuaikan Warna Umpan

Pada umumnya, umpan pancing mempunyai 2 warna yakni biru atau merah muda. Nah, setiap warna umpan bisa menghasilkan efek yang berbeda.

Misal, Kamu membeli umpan berwarna biru, maka warna ini mampu memantulkan sinar dari matahari dan umpan akan menjadi terlihat bercahaya.

Ketika umpan ini terlihat bercahaya, maka tentunya akan lebih terlihat dan bisa menarik ikan.

Sementara untuk umpan ikan dengan warna merah muda bisa membuat ikan mendekat karena warnanya cenderung terlihat menarik.

Apabila Kamu bingung untuk memilih dua warna tersebut, maka siapkan saja keduanya. Mengetahui Jam makan ikan di sungai sangat penting, begitu pula dengan umpannya.

Kamu bisa menggunakan umpan berwarna biru jika memancing saat pagi hari dan gunakan umpan merah muda apabila Kamu memancing di sungai yang keruh agar umpan terlihat lebih menonjol.

Pilih Bentuk Umpan

Umpan ikan memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang menyerupai ikan, lurus, asimetris dan telur, panjang dan ada yang pendek.

Masing-masing bentuk umpan memiliki karakteristik yang berbeda. Misal, umpan dengan bentuk pendek lebih cocok untuk memancing ikan kecil-kecil di sungai.

Kemudian umpan berbentuk lurus lebih mudah untuk dilemparkan ke dalam sungai karena bobotnya yang lebih ringan.

Ya, masing-masing bentuk ikan umumnya menyesuaikan pada kebutuhan si pemancingnya.

Perhatikan Bahan

Nah, tips terakhir dalam mencari umpan terbaik untuk Kamu yang hobi memancing adalah mencari bahan yang disesuaikan dengan keinginan.

Misal, umpan dengan bahan timbal dan alumunium yang memiliki sifat ringan  dan harga yang murah.

Lalu ada bahan tungsten yang terbuat dari logam berat namun cepat tenggelam jika kail dilemparkan ke sungai.

Ada juga bahan umpan dari timah dan besi yang karakteristiknya mudah dilempar pada jarak jauh.

Sudah tahu kapan Jam Makan Ikan Di Sungai yang direkomendasikan ya? Kamu bisa memilih pada pagi hari di jam pukul 06.00 hingga  09.00 atau malam hari di 17.00 – 23.00.

Baca Juga : Cara Mendeteksi Ikan Di Sungai

Pastikan Kamu bisa memancing di waktu yang tepat dan jangan lupa untuk siapkan umpan terbaik. Demikian, semoga Bermanfaat, terima kasih.