Cari
Jenis bambu untuk joran pancing

Jenis Bambu Untuk Joran Pancing

Jenis Bambu untuk Joran Pancing – Joran merupakan salah satu alat pancing yang sangat fungsional bagi seorang pemancing.

Apakah Kamu hobi mencari ikan? Pasti Kamu selalu membutuhkan Perlengkapan Mancing berupa joran bukan? Nah, ternyata ada lho joran yang terbuat dari bambu.

Banyak sekali jenis bambu untuk joran pancing yang menarik digunakan.
Joran-joran dari bahan tradisional ini tidak kalah bagus lho dari joran modern yang banyak ditemukan saat ini.

Orang-orang zaman dahulu memancing ikan menggunakan joran yang terbuat dari bambu karena sifatnya yang kokoh. Kira-kira apa saja sih jenis bambu yang biasanya digunakan joran ?

Jenis Bambu untuk Joran Pancing

Sebelum ada joran yang terbuat dari material fiberglass, carbon dan sebagainya, ternyata bangsa Indonesia zaman dahulu memanfaatkan bambu sebagai alat untuk memancing.

Ada banyak sekali lho Joran pancing tradisional dari bambu yang telah diwariskan oleh bangsa Indonesia.

Model dari joran-joran yang tergolong langka bahkan juga tidak kalah bagusnya dari joran modern.

Sayangnya, joran bambu sudah amat jarang sekali ditemukan di Indonesia karena pengrajinnya mulai beralih ke usaha lain dan tergerus pasar dengan joran modern.

Namun, jika Kamu ingin tahu apa saja sih jenis bambu yang biasa digunakan untuk joran pancing, berikut adalah nama bambunya :

Bambu Cendani

Jenis bambu untuk joran pancing
Ugm.ac.id

Jenis bambu untuk joran pancing pertama adalah terbuat dari bambu cendani atau bisa juga disebut dengan bambu krisik.

Jenis joran pancing satu ini terbilang sangat kuat digunakan untuk memancing. Selain itu, bambu cendani juga memiliki tingkat kelenturan yang begitu bagus.

Bambu cendani mudah sekali untuk dirawat apalagi harganya juga terbilang murah.

Di beberapa desa pedalaman, khususnya Jawa Barat, masih banyak orang yang masih menggunakan bambu cendani sebagai joran pancingnya.

Sementara untuk mereka yang tinggal di kawasan pedalaman Jawa tengah dan Jawa Timur, penggunaan bambu cendani tidak sepenuhnya digunakan sebagai joran.

Ada jenis bahan lain yang dikombinasikan untuk menjadi joran pancing seperti solid carbon atau graphite.

Kalau Kamu adalah tipe orang yang suka memancing dengan joran klasik atau tradisional yang sepenuhnya terbuat dari bambu, maka pastikan Kamu tidak salah memilih joran, ya!

Sebab beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah melakukan modifikasi pada joran pancingnya.

Kalau joran pancing yang murni cendani, maka itu hanya dijadikan sebagai koleksi saja, bukan untuk memancing.

Lalu jenis bambu cendani juga berbeda-beda, ada yang kualitasnya bagus dan ada yang biasa saja.

Buat Kamu yang mungkin masih awam dan kesulitan membedakan mana joran bambu cendani yang berkualitas tinggi dengan yang biasa saja, maka Kamu memukulkan bagian ujung joran ke lantai.

Apabila bunyi yang dihasilkan joran ini nyaring, maka tandanya bambu cendani yang digunakan sudah tua.

Semakin tua, maka akan semakin bagus kualitasnya. Sementara jika bunyi yang dihasilkan senyap, artinya bahan bambu cendaninya berkualitas rendah.

Baca Juga : Aplikasi Pendeteksi Ikan Di Sungai

Bambu Petung

Joran pancing dari bambu
Wongbanten.id

Bisa dibilang joran dari bahan bambu petung ini adalah yang paling terkenal di Indonesia karena mempunyai sifat yang begitu kokoh dan kuat.

Jenis bambu untuk Joran pancing ini terbuat dari dari bahan bambu petung, memiliki kualitas yang bagus karena diolah dengan teknik yang tidak biasa.

Joran pancing dari bambu petung tidak hanya kokoh, namun juga lentur, cocok untuk alat pancing Kamu.

Nah, sama halnya dengan joran pancing dari bambu cendani yang mempunyai dua kategori jenis, maka bambu petung juga demikian.

Ada joran pancing dari bambu petung yang memiliki kualitas bagus dan biasa saja.

Nah, untuk joran yang kualitasnya bagus bisa dicek dengan memperhatikan serat bambunya. Apabila serat bambunya ini makin padat, artinya bagus.

Sementara jika bambunya memiliki serat sedikit dan warnanya gelap, artinya joran pancing dibuat dari bambu petung yang tua sehingga kualitasnya tidak begitu bagus.

Joran pancing dari bambu petung sendiri mempunyai kelemahan karena bentuknya akan sulit untuk kembali ke posisi semula setelah Kamu mencoba menarik ikan.

Posisi joran bambu petung tidak bisa sama seperti di awal Kamu gunakan.
Artinya, semakin sering Kamu menggunakannya, maka joran dari bahan bambu petung ini semakin melengkung bentuknya.

Baca Juga : Jenis Reel Pancing

Joran Palem Waregu

Joran palem maregu
Jasatamanminimalis.com

Jenis bambu untuk joran pancing berikutnya adalah Bambu yang mungkin masih terdengar asing karena bahannya hanya bisa ditemukan di kawasan Jawa Barat saja.

Joran pancing dari palem waregu memang kebanyakan ditemukan di daerah Jawa Barat dengan harga yang relatif mahal kalau dibandingkan dengan bambu cendani atau petung.

Ya, bambu palem waregu memang salah satu jenis yang terbilang langka dan bahkan untuk bisa dijadikan joran, usia pohonnya minimal 10 tahun.

Selain bahannya yang langka, cara membuat joran dari bambu palem waregu juga sangat kompleks.

Baca Juga : Joran Pancing Terbaik

Walau bahannya langka dan pembuatannya kompleks, joran pancing dari palem waregu sebanding dengan harganya karena sifatnya yang sangat kuat dibandingkan dengan dua bambu lainnya.

Bagi Kamu yang suka memancing karena ikut perlombaan Galatama, joran palem waregu cocok untuk Kamu.

Joran dari palem waregu juga mempunyai sifat lentur sehingga mudah sekali digunakan dan tidak akan menyulitkan Kamu ketika menarik ikan.

Selain bagus untuk menjadi alat pancing, joran dari palem waregu tidak jarang juga dijadikan hiasan ruang tamu.

Kamu yang mungkin menyukai joran tradisional, maka bisa pertimbangkan jenis bambunya terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Memilih Joran Pancing

Jenis bambu untuk joran pancing memiliki karakteristiknya masing-masing, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Demikian, semoga membantu.

Join the discussion

Memancing.info