Jenis Ikan Mas Hias

Jenis Ikan Mas Hias

Jenis Ikan Mas Hias – Memandangi gemercik air terkadang bisa membuat pikiran menjadi tenang, apalagi jika ditambah adanya ikan-ikan di dalamnya, wah pasti jauh lebih indah dipandang.

Spesies yang satu ini juga sering disebut sebagai ikan mas koki dan menjadi hewan favorit untuk menghiasi akuarium di ruang tamu kamu. Ukurannya yang kecil dan lucu juga menjadi daya tarik sendiri.

Selain motif, corak dan rupa, harga Ikan Mas hias juga berbeda-beda, tergantung dari beberapa sudut pandang dan tolok ukur. Ragamnya juga banyak, jadi kamu bisa memilih mana yang cocok.

Meskipun ada banyak jenis ikan hias, namun ada satu yang paling populer yaitu ikan mas. Eits, jangan buru-buru beli! Simak dulu penjelasan tentang jenis ikan mas hias yang paling populer di bawah ini oleh Memancing.info.

Jenis Ikan Mas Hias Paling Laris

Perlu Anda ketahui bahwa selain sebagai hiasan, ikan mas ini juga bisa dikonsumsi loh! Jadi jika suatu hari Anda bosan melihat ikan mas di aquarium atau ingin menggantinya dengan jenis yang lain.

Anda bisa menjadikannya sebagai santapan makananan keluarga. Nah, ini dia jenis ikan mas yang paling sering dijadikan sebagai hiasan aquarium atau kolam. Berikut, penjelasannya :

Ikan Mas Koi

Jenis ikan koi

Ikan mas pertama yang paling laris diburu pecinta ikan hias adalah ikan mas koi. Ikan ini mulanya berasal dari Jepang, namun lambat laun ikan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Karakter fisik paling menonjol adalah warna sisiknya yang bervariasi. Biasanya, ikan ini memiliki kombinasi warna antara merah, kuning, dan hitam. Pantas saja banyak yang suka!

Ikan Mas Taiwan

Ikan mas Taiwan

Kedua, adalah ikan mas Taiwan. Ikan ini disebut “Taiwan” karena konon berasal dari negara Taiwan, meskipun saat ini sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia.

Bentuk yang bisa dicermati dari ikan ini adalah adanya “busur” di punggungnya. Warnanya cukup menarik, yaitu hijau kekuningan. Sedangkan siripnya cenderung berwarna kemerahan. Cantik sekali kan?

Ikan Mas Merah

Jenis ikan mas hias

Ragam ikan mas hias selanjutnya ada ikan mas merah. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan mas hias paling digemari karena warna sisiknya yang cantik, yaitu merah keemasan.

Selain dari segi warna, daya tarik lain dari ikan ini adalah bola matanya yang sedikit menonjol. Karakter ikan mas merah yaitu mereka lebih sering berenang di dasar air atau kolam untuk mencari makanan.

Ikan Mas Kaca

Ragam ikan mas hias

Ternyata tidak semua ikan itu memiliki sisir di sekujur tubuhnya, loh! Seperti ikan mas kaca ini, tidak semua bagian tubuhnya dilindungi sisik. Itulah mengapa ikan ini disebut “kaca”.

Pada tubuh yang tidak bersisik, akan terlihat sangat bening bahkan tulangnya bisa dilihat dengan kasat mata. Sisik yang tumbuh cenderung berwarna putih mengkilap. Wow, keren sekali ya?

Ikan Mas Kumpay

Gambar ikan mas hias

Ikan mas kumpay juga tidak kalah populer di Indonesia, meskipun sebenarnya perkembangbiakan ikan ini terbilang lambat. Namun tetap saja, kecantikan dan pesona ikan ini selalu berhasil menarik hati para pecinta ikan hias.

Daya tarik utama ada di bagian sirip dan ekornya yang panjang dan berumbai-rumbai. Warnanya kuning cerah dengan bintik-bintik hitam.

Ikan Mas Fancy

Pilihan ikan untuk hiasan

Tidak hanya ikan koi, ikan mas fancy juga memiliki warna sisik yang menarik. Biasanya, satu ekor ikan mas fancy memiliki 3 warna utama yaitu merah, kuning, dan bulatan-bulatan hitam.

Bentuk tubuhnya cenderung memanjang dan ramping. Dengan bentuknya yang memanjang, ikan ini terlihat lincah ketika berenang di aquarium maupun di kolam.

Ikan Mas Kancra Domas

Ikan untuk akuarium

Jenis ikan mas hias populer yang terakhir adalah Kancra Domas. Sebagian masyarakat menjadikannya sebagai hiasan aquarium, namun sebagian lain banyak juga yang mengkonsumsinya.

Warna pada sisiknya beragam, ada yang berwarna hijau, biru, atau coklat. Meskipun tubuhnya cenderung berwarna terang, namun bagian punggungnya selalu berwarna gelap.

Baca juga : Umpan Ikan Mas

Tips Memilih Ikan Mas Hias

Nah, setelah mengetahui jenis dan perbedaan ikan mas hias di atas, mungkin kamu sudah menentukan pilihan dan ingin segera membelinya. Namun tahan dulu, pahami beberapa tips di bawah ini agar tidak salah pilih :

  • Memperhatikan kesehatannya. Caranya yakni memperhatikan pergerakannya ketika berenang. Bila terlihat lincah dan leluasa, artinya ikan itu sehat, dan begitu pula sebaliknya.
  • Bentuk tubuh. Umumnya, Ciri-Ciri ikan mas hias yang sehat perutnya berbentuk bulat dan ukurannya pendek. Hindari pula membeli ikan mas yang memiliki benjolan di tulang belakang.
  • Warna. Warna ikan mas yang sehat biasanya terlihat jelas dan cerah. Usahakan memilih warna yang tunggal, bukan gabungan.

Artikel terkait :


Nah, demikianlah informasi mengenai Jenis Ikan Mas Hias paling laris, terkenal dan favorit, beserta tips memilih ikan mas hias yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.