Jenis Ikan Mas Konsumsi

Jenis Ikan Mas Konsumsi

Jenis Ikan Mas Konsumsi – Ikan menjadi salah satu menu makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain tinggi gizi, harga yang murah menjadi alasan paling utama.

Dari sekian banyak jenis ikan, ikan mas menempati posisi paling atas untuk tingkat kepopulerannya. Berikut adalah Jenis Ikan Mas untuk konsumsi yang bisa Anda jadikan menu harian untuk keluarga :

Jenis Ikan Mas Konsumsi Yang Lezat dan Bergizi

Hampir semua ikan memiliki gizi, tidak peduli ia berasal dari laut maupun perairan tawar. Mengonsumsi ikan menjadi hal yang lumrah di seluruh dunia. Salah satu jenis yang sangat direkomendasikan ialah Ikan Hias.

Ikan Mas Punten

Jenis ikan mas konsumsi

Nama “punten” berasal dari sebuah daerah di Malang-Jawa Timur yaitu Desa Punten. Mulanya, sekitar tahun 1933 ada seorang petani yang membudidayakan ikan ini untuk pertama kalinya.

Bentuk tubuhnya cenderung pendek, namun punggungnya cukup tinggi dan lebar. Ciri fisik lainnya yaitu matanya yang cenderung keluar atau menonjol. Ikan ini sangat populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Selain terjangkau dan mudah didapatkan, ikan ini ternyata memiliki daging sekitar 10% lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan mas konsumsi lainnya.

Ikan Mas Lokal

Ragam ikan mas konsumsi

Sebenarnya ikan Mas Lokal ini bukanlah golongan ras dari ikan mas. Namun realitanya, ikan ini justru terkenal dan paling banyak mendominasi penjualan di pasar.

Ikan Mas Lokal disebut sebagai hasil perkawinan silang antara lebih dari satu jenis ikan mas. Maka tidak heran jika warna sisik yang dihasilkan sangat bervariasi.

Warna yang sering muncul yaitu merah dan kuning. Beberapa diantaranya ada yang memiliki totol-totol warna hitam. Selain warna, ciri fisik lainnya yaitu bentuk tubuhnya yang cukup panjang.

Kelopak matanya cukup lebar tapi tidak begitu menonjol. Ikan ini memiliki rasa yang lezat dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Apakah Anda pernah memasaknya?

Ikan Mas Putri Yogya (Ikan Mas Sinyonya)

Ikan mas yang boleh dimakan

Ikan mas konsumsi satu ini memiliki sebutan cukup unik yaitu Sinyonya. Konon, disebut “Sinyonya” karena ikan ini sangat mudah untuk bertelur.

Ikan mas Sinyonya atau Putri Yogya ini memiliki bentuk mata yang menonjol. Namun saat usianya mulai tua, bentuk matanya akan mulai menyempit atau sipit.

Selain bentuk matanya, ciri fisik lainnya yaitu ada di warna sisik. Sinyonya ini memiliki warna sisik kuning seperti buah jeruk sitrun.

Perilaku yang sering ditunjukkan yaitu bergerombol di bagian permukaan air. Gerakannya tergolong lambat, namun hebatnya ikan ini mampu bertahan dari beberapa jenis parasit, termasuk Myxosporea.

Ikan Mas Majalaya

Pilihan ikan mas yang enak

Jenis ikan mas konsumsi selanjutnya yaitu Ikan Mas Majalaya. Ikan ini berkarakter jinak dan cukup banyak digemari oleh masyarakat untuk dijadikan santapan makanan bergizi.

Awalnya, ikan ini dibudidayakan di wilayah Majalaya-Jawa Barat. Tubuhnya cenderung pendek, tapi cukup runcing atau lancip pada ujung punggungnya.

Ikan ini cukup mudah didapatkan karena jumlah telur yang dihasilkan cukup banyak, yaitu sekitar 84 ribu hingga 100 ribu butir.

Selain itu, ikan ini ini juga cukup kuat bertahan dari serangan bakteri, misalnya bakteri Aeromonas Hydrophila. Masyarakat sangat menyukai ikan ini karena rasanya yang gurih dan nikmat saat sudah dimasak.

Baca juga : Umpan ikan Mas

Ikan Mas Yamato

Ikan air tawar untuk dikonsumsi

Ikan Mas Yamato mungkin masih terdengar cukup asing di telinga Anda. Ya, ikan ini berasal dari wilayah Jepang.

Tidak hanya populer di Jepang, ikan Mas Yamato juga terkenal di Negara Cina atau di Asia Timur lainnya. Namun berbeda dengan Indonesia, ikan ini memiliki peminat yang sedikit.

Ikan Yamato memiliki anatomi tubuh yang panjang dan terlihat ramping. Warna pada sisiknya hijau, namun bisa juga sedikit kecoklatan. Mungkin Anda bisa mencoba mencicipinya saat berkunjung ke Jepang atau Cina ya?

Ikan Mas Rajadanu

Ukuran ikan mas besar

Berikutnya bernama Rajadanu, ikan ini merupakan hasil dari perkembangan dari IPPTP Mataram, hasil kerjasama dengan Balitkanwar Sukamandi. Tubuh ikan ini agak memanjang, relatif besar serta sekujur tubuh dipenuhi sisik yang beraturan.

Sisiknya berwarna hijau keabu-abuan, Ikan Mas jenis ini tergolong omnivora dan berjenis air tawar. Dia suka memakan tanaman yang tumbuh disekitar habitatnya, serta hewan kecil seperti cacing dan beberapa jenis serangga.

Ikan Mas Taiwan

Ikan yang paling laris

Bentuk yang bisa dicermati dari ikan ini adalah adanya “busur” di punggungnya. Warnanya cukup menarik, yaitu hijau kekuningan. Sedangkan siripnya cenderung berwarna kemerahan. Cantik sekali kan?

Artikel Terkait :


Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Jenis Ikan Mas Konsumsi beserta gambar yang paling laris dan terkenal di Indonesia oleh Memancing.info. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.