Jenis Reel Pancing

Jenis reel pancing

Bagi para Angler, beberapa Jenis Reel Pancing pastinya sudah diketahui dan dipahami secara detail, baik dari segi pembagian, fungsi, spot hingga harga reel pancing dari berbagai merek.

Pengertian Reel adalah piranti berupa Perlengkapan Mancing yang berfungsi untuk menggulung, mengulur dan tempat senar pancing berada. Dengan adanya reel, akan mempermudah Angler dalam menarik dan melempar senar dengan bantuan joran.

Yang membedakan antara jenis reel untuk memancing sebenarnya hanya dari segi kekuatan, harga, model, warna dan tentunya kualitas. Namun dari segi manfaat, semuanya sama saja. Meski begitu, kamu juga perlu untuk mengetahui macam-macamnya.

Jenis Jenis Reel Pancing

Beda reel beda pula penggunanya, ini tergantung dari kecocokan Angler dengan reel yang ia pakai. Selain itu, juga tergantung pada spot yang menjadi lokasi untuk memancing. Secara umum, jenis reel untuk mancing ada 4 macam, yakni :

Reel Spinning

Jenis reel pancing terbaik
Tokopedia.com

Jenis Reel Pancing yang pertama bernama Spinning. Untuk saat ini, saya berani mengatakan bahwa ini adalah tipe reel yang paling banyak digunakan oleh para anglers di seluruh Indonesia.

Selain itu, jenis dari reel spinning ini juga bervariasi, dibedakan berdasarkan merek, harga, warna dan kualitas, dan sudah tersebar di toko-toko memancing di berbagai daerah.

Selain harga yang tergolong murah, reel ini juga mudah diaplikasikan bagi para pemula. Dan juga, cocok dipakai saat spot target kita adalah ikan air tawar, seperti sungai, rawa, parit, danau dan waduk.

Pada jenis reel pancing spinning ini, terdapat beberapa bagian yang harus diketahui, diantaranya Bail Arm, yakni tempat untuk mengarahkan senar saat digulung.

Selain itu ada pula Drag Knob, yakni putaran untuk mengukur dan mengatur besar kecilnya tarikan ikan, sesuai dengan kehendak kita sendiri. Untuk teknik penggunaan, tentu kembali lagi kepada para Angler-nya.

Reel BaitCasting

Tipe reel untuk mancing
Aliexpress.com

Jenis Reel Pancing selanjutnya yakni BaitCasting. Sesuai dengan namanya, reel satu ini dirancang khusus bagi para Angler yang menggunakan umpan casting.

Posisi reel ini berada di atas joran, penggunaannya tidaklah semudah jenis spinning di atas. Karena kita memakai teknik pelemparan umpan tiruan (lure), tentu memerlukan keakuratan dalam melempar.

Untuk itu, sebelum menggunakan reel ini dalam memancing, lebih baik belajar dulu tentang teknik pelemparan umpan. Karena, menggunakan umpan casting mengharuskan kita untuk terus-menerus melempar.

Jika lemparan sering tidak tepat sasaran, maka berpotensi kusutnya senar. Jika senar kusut, tentunya akan mengganggu aktivitas memancing serta menghabiskan banyak waktu yang sia-sia.

Sama halnya dengan reel spinning, Jenis Reel BaitCasting juga memiliki beberapa keluaran merek yang bervariasi, diantaranya Abu Garcia, Daiwa, Shimano, Fishdrops dan lainnya.

Untuk kisaran harga, tentunya akan lebih mahal. Kamu bisa mengecek langsung ke toko-toko perlengkapan memancing, atau melalui toko online pilihan kamu.

Reel Trolling

Katrol pancing yang murah
Tackledirect.com

Jenis Reel Pancing selanjutnya adalah reel trolling. Untuk para angler laut pastinya sudah kenal dengan reel satu ini. Posisinya sama dengan BaitCasting, yakni overhead atau di atas joran.

Yang membedakan dengan BaitCasting adalah, ukuran Trolling ini lebih besar, serta diaplikasikan pada joran yang khusus trolling pula. Reel ini dipakai dengan menggunakan teknik menyeret umpan di atas kapal dengan kecepatan tertentu.

Reel Trolling ukurannya lebih besar dan berat, juga spool yang besar dengan kemampuan drag yang lebih tinggi dibanding BaitCasting. Tujuannya agar senar muat lebih panjang, serta kuat ketika disambar ikan-ikan besar.

Jenis Reel Pancing Trolling ini kurang cocok jika dipakai menggunakan umpan casting, yang di mana Angler harus menarik umpan terus-menerus.

Jadi, Angler yang menggunakan trolling hanya berdiam diri, dan umpan akan diseret oleh kapal yang sedang melaju di tengah lautan. Angler hanya perlu fokus pada tarikan yang ada.

Selain itu, dari sisi harga juga cukup mahal, karena memang dirancang dari bahan-bahan berkualitas, dan didesain untuk memancing ikan-ikan berukuran besar di laut lepas.

Baca Juga : Spesifikasi Reel Spinning Murah Berkualitas

Reel Fly Fishing

Harga reel pancing
Bukalapak.com

Untuk Jenis Reel Pancing selanjutnya bernama Fly Fishing. Jenis reel satu ini mungkin belum begitu dikenal luas dan memang masih jarang dipakai di Indonesia.

Reel Fly Fishing adalah reel yang pemakaiannya khusus untuk teknik Fly. Untuk memakai reel ini, kita akan menggunakan umpan buatan yang bernama Fiels, berbentuk seperti binatang-binatang kecil atau serangga.

Dalam prakteknya, Angler dituntut untuk mampu memainkan umpan agar terlihat seperti benar-benar nyata atau hidup, sehingga mengandalkan keahlian dan keterampilan dalam memainkan tangan dan joran.

Intinya, implementasi reel fly fishing ini perlu pelatihan dan belajar yang baik dan benar. Untuk kisaran harga cukup bervariasi, kamu bisa cek di toko pemancingan atau toko-toko online di internet.

Reel SpinCasting

Reel SpinCasting
Walmart.com

Sedangkan Jenis Reel Pancing yang terakhir ialah SpinCasting, reel ini sangat direkomendasikan untuk kamu para pemula, karena memang penggunaannya relatif cukup mudah.

Selain itu, reel ini dirancang memang untuk berburu ikan-ikan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sama halnya dengan BaitCasting, reel ini memiliki guide line / pengatur senar diatas.

Reel satu ini tergolong memiliki teknologi yang dikembangkan, di mana terdapat tombol yang akan mengeluarkan senar ketika dipencet, sehingga kita tak perlu kesusahan melempar umpan.

Baca Juga : Tips Memilih Ukuran Reel

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai berbagai Jenis Reel Pancing beserta penjelasannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.