Makanan Ikan Bawal

Makanan Ikan Bawal – Asal muasal ikan bawal adalah dari sungai Amazon yang ada di Amerika Selatan. Kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Kini banyak orang yang berbudidaya ikan bawal dengan memilih pakan ikan bawal yang tepat dan bagus untuk pertumbuhan ikan.

Ada banyak jenis pakan untuk ikan bawal yang bisa kamu berikan saat berbudidaya misalnya seperti serangga air, pelet, dan masih banyak lagi. Ikan yang satu ini termasuk jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Negara Brazil.

Makanan Ikan Bawal Agar Cepat Besar

Kamu bisa memberikan pakan utama yang alami atau pakan buatan sebagai alternatif atau tambahan saja. Jika ingin ikan bawal tumbuh dengan cepat dan besar maka pilih jenis pakan yang kualitasnya bagus.

Makanan Ikan Bawal Kolam

Jenis pakan ikan bawal yang bisa memengaruhi pertumbuhannya diantaranya yaitu:

1. Pelet

Pakan utama yang bisa diberikan pada ikan bawal adalah pelet, terutama untuk jenis bawal yang dibudidayakan di wilayah perairan kolam, tambak, dan keramba. Ikan bawal termasuk jenis ikan air tawar yang tidak pemilih dalam hal makanan.

Hal ini memudahkan pembudidaya dalam memberikan pakan apa saja untuk ikan. Berilah pelet sebagai pakan utama ikan bawal, yang banyak dijual di toko pakan ikan.

Cara memberikan pelet pada ikan bawal adalah dengan menebarkannya di permukaan kolam secara merata. Supaya semua ikan mendapat bagian pelet tersebut. Apabila ikannya terlihat agresif dalam menangkap makanan, tambahkan lagi sampai ia malas mengambilnya.

2. Limbah Makanan atau Roti

Limbah Makanan atau Roti

Limbah makanan atau roti sisa-sisa dari makanan manusia, juga bisa menjadi jenis pakan alternatif untuk ikan bawal. Kamu bisa memperolehnya dari limbah rumah tangga, sisa makanan dari restoran, atau di rumah makan.

Misalnya roti sisa atau yang sudah kadaluwarsa, berikan roti itu pada ikan bawal daripada membuangnya atau membiarkannya menjadi busuk. Memanfaatkan limbah makanan tersebut juga akan menguntungkan bagi pembudidaya.

Dari 1 karung makanan sisa/limbah tersebut cukup untuk 40 ekor ikan per Kgnya. Dalam waktu 2-3 hari, atau bergantung pada kondisi makanannya. Harga makanan sisa atau limbah tersebut juga cukup murah.

Kamu bisa memperoleh nasi bekas atau campuran roti yang sudah kadaluwarsa tersebut dalam harga terjangkau. Berikan makanan sisa tersebut pada air kolam yang sedang mengalir supaya tak ada minyak yang tertinggal pada permukaan air.

3. Suplemen

Ikan bawal yang berada dalam masa pembesaran/pembenihan bisa diberikan suplemen untuk meningkatkan selera makan ikan-ikan tersebut. Jenis suplemen yang bisa diberikan pada bawal misalnya susu, gula, atau madu yang dicampurkan dengan pelet.

Dosis pemberiannya sekitar 1 sdm masing-masing bahan, kemudian dicampur dengan 1 Kg pelet. Untuk ikan bawal budidaya, yang jumlahnya mencapai 10000 ekor sama dengan ikan bawal seberat 1 ton.

Susu yang diperlukan untuk jumlah ikan bawal tersebut sebanyak 2 kaleng, untuk madunya sebanyak 1 botol saja, dan gula pasirnya sekitar 1,5 Kg.

Berikan suplemen pada ikan bawal secara selang seling misalnya diberikan hari ini kemudian berikan lagi lusa, begitu seterusnya.

Makanan Ikan Bawal Air Tawar

4. Azolla

Tanaman paku air yang disebut dengan Azolla juga bisa menjadi pakan ikan bawal. Azolla menjadi salah satu makanan organik untuk bawal. Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan beras pecah, dedak, ataupun jagung.

Terdapat kandungan protein pada Azolla sekitar 31,25%, kabohidrat 6,5%, dan lemak 7,5%. Kandungan serat kasarnya kira-kira sebanyak 13%, dan gula larutnya sebanyak 35,56%. Kandungan itulah yang membuat tanaman Azolla ini cocok menjadi pakan untuk bawal.

Baca juga : Umpan Ikan Bawal

5. Ampas Kelapa

Serutan dari buah kelapa yang biasanya diperoleh dari sisa-sisa masakan, juga bisa menjadi pakan yang baik untuk ikan bawal. Dalam meningkatkan produksinya, ikan bawal ini membutuhkan pakan yang kualitasnya bagus khususnya yang mengandung protein.

Ampas kelapa juga menjadi salah satu jenis limbah rumah tangga yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Sehingga ampas kelapa ini bisa diberikan pada ikan bawal. Cara memberikannya bisa dengan mencampurkannya dengan pelet.

Bisa juga ditebarkan secara langsung di kolam atau difermentasikan dahulu. Terdapat kandungan serat galaktomanan pada ampas kelapa, yang fungsinya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kadar proteinnya juga cukup tinggi yaitu sekitar 11,35% dan total lemaknya sekitar 23,36%. Cara memberikan ampas kelapa dengan cara difermentasi dianggap lebih efisien.

Caranya yaitu dengan mencampurkannya dengan pelet kemudian keringkan selama 4-5 hari di ruang udara yang terbuka.

6. Sayuran

Sayuran

Biasanya sayuran juga bisa menjadi pakan untuk ikan bawal. Pilih jenis sayuran yang teksturnya lembut, misalnya sayur kol, bayam, sawi, kangkung, dan sebagainya. Cincang sayuran terlebih dulu tanpa perlu diolah, lalu berikan pada ikan bawal.

Buah-buahan juga bisa diberikan pada ikan ini misalnya pada hari ke-10 sejak dimulai proses penebaran. Simpan sayur dan buah di sudut kolam tepatnya dekat dengan pintu pembuangan air.

Bisa juga disimpan di dalam bingkai kemudian pasang secara terapung di atas permukaan air. Cara pemberiannya bisa dengan disebarkan di kolam lengkap dengan tangkainya setiap 2-3 hari sekali.

Tips Memberi Makanan untuk Ikan Bawal

Tips Memberi Makanan untuk Ikan Bawal
Waktu Beri Makanan Ikan Bawal

Pakan alami untuk ikan bawal biasanya sudah tersedia di kolam seperti jasad renik yang juga hidup di dasar air. Selain itu ikan bawal juga membutuhkan pakan utama yang lainnya seperti pelet, atau pakan organik lainnya.

Beri pakan pada ikan bawal dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan ikan tersebut. Supaya ikan-ikan ini bisa hidup dengan baik. Memberi pakan pada ikan bawal dengan menggunakan pakan alternatif seperti limbah makanan, sebaiknya diberikan setiap 2 kali 1 hari.

1. Waktu Pemberian Pakan Ikan Bawal

Beri pakan pada ikan bawal tersebut di jam 09.00 pagi dan di jam 15.00 sore. Pada waktu-waktu tersebut suhu di air kolam dalam kondisi hangat dan ikan sedang bergerak aktif dalam memangsa atau menangkap makanan.

Sistem pemberian pakan pada ikan tersebut sudah terdapat pada sistem periodik, yang ditetapkan sebanyak 3x setiap pagi, siang, dan sore dengan jumlah sekitar 5%.

Sistem ini memang tak selalu efisien, karena biasanya ikan bawal tak menghabiskan makanannya sehingga banyak pakan yang terbuang begitu saja. Perhatikan juga bagaimana nafsu makan ikan, apakah semua pakan yang ditabur ke kolam dimakan sampai habis oleh ikan-ikan tersebut.

2. Porsi Pakan Ikan Bawal

Jumlah pakan yang diberikan secara berlebihan dan tidak habis akan membuat air di kolam menjadi berjamur. Jadi perhatikan juga nafsu makan si ikan dan tingkat keaktifan ikan saat mengambil makanan.

Pemberian pakan bisa dilakukan di mana saja, asalkan ikan-ikan itu mau memakannya sampai habis. Cara pemberiannya bisa ditebarkan ke seluruh kolam bisa juga dengan menaburkannya di dekat pintu air kolam.

Baca Juga ” Makanan Ikan Patin

Namun supaya semua ikan kebagian makanan, maka penebarannya sebaiknya fokus di bagian tengah saja. Cara menentukan pemberian pakan ikan bawal itu akan membuat ikan-ikan itu terbiasa untuk memperoleh makanan pada area tersebut.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENTS
X CLOSE

Tinggalkan komentar