Manfaat Memancing Ikan

Manfaat Hobi Memancing

Manfaat Memancing – Aktivitas berburu ikan dengan cara memancing seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan, dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Benarkah begitu? Maklumi saja, namanya juga pendapat. Hehe.

Yap, memang jika dipikir secara seksama dan lebih dalam, kita tidak akan menemukan Manfaat Hobi Memancing bagi kesehatan tubuh, pengaruhnya terhadap kehidupan dan lain sebagainya. Tapi eitss, tunggu dulu. Simak ulasannya di bawah ini.

Nyatanya, tahukah kamu bahwa sebenarnya kegiatan ini memberikan manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari, baik kesehatan dan pergaulan? Memancing merupakan salah satu seni yang hanya bisa dirasakan orang yang melakukannya.

Bagi orang yang hanya melihat, pasti akan menyepelekannya karena belum tahu sensasinya yang mengasyikkan. Saya dulunya juga begitu, “apa sih manfaat memancing ?”, Eh setelah mencoba, malah ketagihan dan banyak pula mendapat hal-hal positif.

Coba saja aktivitas ini ketika Anda memiliki waktu luang, agar dapat menikmati sensasi mengasyikkan dan juga mendapatkan Manfaat kegiatan Memancing untuk melatih kesabaran, konsentrasi dan ketenangan misalnya.

Manfaat Memancing Bagi Lingkungan

Sebenarnya jika di kaji lebih dalam, manfaat kegiatan memancing ini sangat banyak, meskipun tidak sedikit pula yang menganggap kalau hobi yang satu ini identik dengan orang-orang yang malas.

Salah satu manfaat memancing tersebut ialah bagi lingkungan. Kenapa bisa? Logikanya begini, jika banyak daerah perairan yang diracuni oleh orang-orang yang ingin berburu ikan, tentunya ekosistem akan rusak, dan berdampak bagi kehidupan hewan air maupun manusia.

Dengan membiasakan diri untuk memancing, otomatis kita telah ikut andil dalam melestarikan ekosistem, merawat dan menjaga dunia air. Karena kegiatan memancing tidak memberi dampak negatif apa-apa bagi lingkungan, malah meminimalisir kegiatan peracunan hewan air.

Manfaat Memancing Bagi Kesehatan

Manfaat hobi mancing

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga dan selalu ditingkatkan. Meskipun banyak cara yang bisa dilakukan, namun pastinya akan lebih mengasyikkan jika dijalankan seiring dengan hobi. Berikut, beberapa dianntaranya :

Pelepas Stress

Yang pertama bermanfaat sebagai pelepas stress, misalnya habis pulang kerja, kuliah, perjalanan jauh dan rutinitas dunia lainnya. Memancing menjadi salah satu pilihan yang direkomendasikan oleh sebagian orang.

Bagaimana tidak, sebut saja ketika kita memancing di danau atau sungai, suguhan pemandangan alam yang indah tentunya mampu menyegarkan pikiran dan hati kita. Ditambah pula karena relaksasi dari sensasi memancing yang tenang.

Menjaga Kebugaran Fisik

Manfaat memancing selanjutnya yakni untuk menjaga kebugaran fisik. Kok bisa? ya, karena selain memancing di Spot kolam atau tempat pemancingan umum, terkadang para Angler harus menuju daerah yang terjal, berbukit, curam dan keadaan ekstrim lainnya.

Akhirnya, kegiatan yang mengutamakan fisik ini akan berdampak bagi kebugaran dan keseimbangan perkembangan tubuh. Dan ini semua merupakan aktivitas kardiovaskular.

Hobi yang Menyenangkan

Memancing adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan , sebab Anda bisa mendapatkan pengalaman yang menarik dan berbeda dari hobi lainnya.

Tak hanya itu saja, sensasi yang muncul saat menunggu kail disantap oleh ikan juga merupakan hal yang mengasyikkan. Apalagi ketika Anda berhasil menangkap ikan, sudah pasti kesenangan akan memenuhi jiwa dan raga.

Melatih Kesabaran

Kegiatan memancing tidak melulu fokus tentang mendapatkan ikan banyak atau tidak mendapatkannya sama sekali. Namun, kegiatan ini dapat memberikan pelajaran bagi Anda tentang proses yang berjalan dan arti dari sebuah kesabaran.

Pasalnya, untuk melakukan kegiatan memancing ini Anda memerlukan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa mencapai target sesuai keinginan Anda tanpa menyerah sama sekali. Dengan adanya kesabaran ini, tentu sedikit banyak akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Terapi Kejiwaan

Manfaat Hobi Memancing Ikan selanjutnya yakni bisa dimanfaatkan sebagai terapi kejiwaan. Ini dibuktikan oleh Rumah Sakit Jiwa Greater Glasgow dan Rumah Sakit Jiwa Clyde yang berada di Skotlandia.

Orang yang pernah mencetuskan terapi ini diantaranya David Potter, staf di Leverndale Mental Health Hospital dan Mark Aitchison, serta John Kelly dari Dykebar Mental Health Hospital.

Melatih Emosi

Ternyata memancing juga dapat melatih kestabilan emosi pada seseorang, mulai dari rasa marah, sedih dan perasaan senang sekalipun. Dalam kegiatan ini Anda akan belajar untuk mengolah segala macam perasaan yang keluar dari diri sendiri.

Dengan memancing perasaan akan diluapkan begitu saja sehingga akan berdampak baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan jiwa.

Menjaga Daya Penglihatan

Manfaat memancing berikutnya adalah dapat menjaga daya penglihatan karena mata akan sering dilatih untuk melihat pelampung kail serta gerak-gerik ikan di air jernih.

Tak hanya itu saja, mata Anda juga dituntut untuk bisa fokus dalam melihat dasar kolam atau sungai dan juga saat melilitkan tali kail di pancing ikan yang ukurannya sangat kecil.

Meningkatkan Kemampuan Bertahan

Kemampuan bertahan juga bisa didapatkan dari kegiatan memancing, terutama jika Anda memancing pada waktu ekstrim seperti malam hingga menjelang pagi.

Pasalnya, pada waktu tersebut suhu udara berada pada puncak yang dingin, nyamuk mulai berkeliaran dan halang rintang lainnya. Dengan begitu para pemancing akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan jarang sakit.

Meningkatkan Konsentrasi

Kegiatan memancing juga bisa meningkatkan konsentrasi yang sangat berguna untuk otak. Anda bisa mengetesnya dengan cara membuat orang kaget, apabila mereka tersentak maka konsentrasinya bagus.

Hal tersebut dimiliki oleh orang-orang yang hobi memancing. Nah, jika Anda memiliki permasalahan untuk berkonsentrasi, coba saja kegiatan ini.

Manfaat Memancing Untuk Anak

Saat ini, kegiatan hobi memancing tidak hanya dilakukan oleh kalangan dewasa saja, melainkan juga banyak yang membawa anak-anaknya, baik ketika memancing ke sungai di hutan ataupun kolam pemancingan. Tanpa banyak yang sadar, manfaat memancing juga berpengaruh bagi tumbuh kembang anak.

Ketika membawa anak-anaknya memancing di sungai yang ada di hutan, secara tidak langsung kita telah memperkenalkan berbagai hal kepada mereka, mulai dari Jenis-Jenis tumbuhan, hewan-hewan darat dan air yang kita temukan, cara melindungi diri ketika di hutan dan lain sebagainya.

Selain itu, sekaligus juga mengajari mereka bagaimana menjadi orang yang sabar sejak kecil. Seperti yang kita tahu, salah satu elemen terpenting dari kegiatan memancing adalah kesabaran. Nah, dengan begitu, mereka akan membawa kebiasaan positif tersebut ke dunia luar.

Manfaat Hobi Memancing Untuk Memperluas Pergaulan

Tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, memancing juga bisa mendatangkan banyak teman sehingga pergaulan akan semakin luas. Saya bahkan sudah membuktikan sendiri mengenai hal ini.

Pasalnya, sebagian besar pemancing memiliki sebuah komunitas yang dapat membuat Anda bisa bertukar pendapat hingga berbagi pengalaman. Tidak sedikit pula yang bertukar nomor telepon dan menjalin hubungan pertemanan di luar komunitas.

Yang namanya komunitas, apalagi dalam skala besar, tentu para anggota tidak datang dari satu daerah saja, melainkan berbeda agama, suku, ras dan budaya. Akhirnya, hal ini bisa dijadikan wadah untuk saling berbagi ilmu dan cerita.

Manfaat Memancing Menurut Islam

Saya lihat di internet maupun bertanya secara langsung kepada teman-teman pemancing lainnya perihal ini, jujur bahwa tidak ada yang bisa menjawab secara spesifik mengenai pertanyaan Manfaat Memancing dalam pandangan agama Islam. Kenapa? Jadi begini..

Kita tahu bahwa melakukan perbuatan yang sia-sia itu dianggap tidak baik dalam agama. Sementara, tidak sedikit pula diantara kita yang mancing ikan kadang bisa sampai 12 jam. Alhasil, banyak tanggung jawab sebagai kepala keluarga jadi terbengkalai.

Jika dilihat dari sisi lain, tujuan dia memancing adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, anggap saja jika tidak ada ikan yang di bawa pulang, maka malam itu mereka tidak akan makan. Sedangkan kebutuhan primer yang satu ini adalah kewajiban kepala keluarga.

Pada kasus lain, banyak juga para pemancing yang menjadikan kegiatan ini sebagai ajang perjudian. Misal, menyewa kolam untuk diisi oleh 10 orang, kemudian di akhir ditentukan pemenangnya dan diberi hadiah dari uang yang telah dikumpulkan.

Sementara itu di kasus lain, tidak sedikit pula yang setiap harinya memancing ikan karena memang itulah mata pencariannya. Ikan hasil pancingan akan dijual ke pasar, lalu uang yang diperoleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Jadi, saya secara pribadi tidak bisa menguraikan secara spesifik bagaimana Manfaat memancing dalam pandangan Islam maupun dampak buruknya. Yang jelas, mari kita jalani hobi sewajarnya saja, jangan sampai melalaikan hal lain yang lebih wajib.

Manfaat Hobi Memancing Ikan Di Kehidupan Sehari-Hari

Dampak positif hobi mancing

Ternyata, kesukaan seseorang terhadap mancing ikan juga berdampak bagi kehidupan dalam sehari-harinya. Seperti apa contohnya? salah satu Manfaat Memancing ialah meminimalisir pergaulan bebas yang berdampak negatif.

Kita mengetahui bahwa, dunia pergaulan menjadi sebuah elemen yang punya pengaruh besar bagi kelanjutan hidup seseorang. Misalnya pergaulan yang identik dengan hal-hal negatif seperti narkoba, minuman keras, atau perbuatan terlarang lainnya.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, salah satu cara agar bisa terhindari adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan hal-hal positif di waktu senggang, misalnya pergi memancing ikan, baik sendiri maupun bersama teman-teman.

Baca juga : Doa Memancing Ikan


Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai Manfaat Memancing ikan bagi kesehatan tubuh, untuk meningkatkan pergaulan, dan dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat dan menambah niat kita untuk selalu melakukan hal-hal positif. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 1 Juli 2020
Terakhir Diperbaharui : 21 Oktober 2020