Morfologi Ikan Mas

1 min read

Morfologi Ikan Mas

Morfologi Ikan Mas – Ikan merupakan salah satu hewan yang paling sering berdampingan dengan manusia. Bisa untuk hewan peliharaan, objek budidaya, atau sekedar dijadikan menu makanan.

Salah satu ikan yang paling mudah ditemui yaitu Ikan Mas. Yuk, pelajari lebih dalam bagaimana Morfologi Ikan Mas yang sebenarnya melalui penjelasan di bawah ini oleh Memancing.info :

Klasifikasi Ikan Mas Secara Lengkap

Pertama, Anda perlu mengenali lebih dulu tentang klasifikasinya sebelum menginjak ke morfologi ikan mas jantan atau betina. Detail klasifikasi atau profil dari ikan mas adalah :

NoKlasifikasiKlasifikasi
1PhylumChordata
2SubphylumVertebrata
3SuperclassPisces
4ClassOsteichthyes
5SubclassActinopterygii
6OrdoCypriniformes
7SubordoCyprinoidea
8FamilyCypridae
9SubfamilyCyprinidae
10GenusCyprinus
11SpeciesCyprinus carpio
Tabel Spesifikasi Ikan Mas

Sistematika Dasar Ikan Mas

Di Indonesia, ikan mas ternyata memiliki beragam jenis dan fungsi. Masing-masing jenis memiliki “pasar” yang cukup potensial sesuai minat masyarakat.

Misalnya ikan mas untuk hiasan atau peliharaan pribadi, atau ikan mas untuk konsumsi menu harian. Secara detail, ikan mas dapat dipetakan dengan sistematika berikut ini :

Golongan– Bersisik Biasa
– Bersisik Kecil
Jenis– Jenis Karper
– Jenis Kumpai
Fungsi– Ras Ikan Konsumsi
• Bersisik penuh
• Bersisik sedikit
– Ras Ikan Mas
Sistematika Dasar Ikan Mas

Morfologi Ikan Mas Secara Lengkap

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Mas

Sekilas, ikan mas memiliki ciri-ciri atau morfologi yang khas. Namun berdasarkan ilmu Biologi, sebenarnya ikan mas memiliki bentuk morfologi yang lebih detail, mulai dari organ bagian dalam hingga organ-organ luar. Simak uraiannya di bawah ini:

Sirip

Sirip menjadi salah satu “tanda pengenal” paling mudah dilihat. Ikan mas memiliki banyak sirip yang tumbuh di beberapa bagian tubuhnya.

NoJenis SiripIstilah IlmiahBentuk / Jumlah
1Sirip dadaPectoral FinSepasang
2Sirip duburAnal FinSatu
3Sirip ekorCaudal FinSatu
4Sirip perutAbdominal FinSepasang
5Sirip punggungDorsal FinBerbentuk memanjang, bagian belakang lebih keras dan bergerigi
Jenis Sirip Ikan Mas

Bentuk Tubuh

Tubuh ikan mas berbentuk Bilateral Simetris. Artinya, tubuh ikan ini memiliki ukuran dan komposisi yang sama antara kanan dan kirinya.

Hal ini terbukti saat Anda membelah tubuh ikan mas ini, maka sisi tubuh kanan dan kiri akan terlihat simetris atau sama besar.

Bagian Mulut dan Hidung

Pada bagian ini, ciri khas paling mudah dikenali yaitu pada bentuk mulutnya. Mulut ikan mas bersifat protaktil, artinya mulut bisa disembulkan atau menonjol keluar.

Gerakan ini akan terlihat saat ikan berusaha meraih makanan yang ada di depannya.

Selain mulut, hidung juga bisa menjadi identitas pembeda antara ikan mas dengan ikan yang lainnya. Hidungnya berada tepat di ujung kepala dan di tengah-tengah (terminal).

Morfologi ikan mas lainnya di bagian mulut yaitu adanya 4 sungut (2 pasang) di bagian anterior.

Gigi

Ikan mas memiliki gigi berjenis pharyngeal teeth. Pharyngeal teeth adalah jenis gigi yang berbentuk seperti kerongkongan. Komposisinya terdiri dari gigi geraham sebanyak 3 baris.

Baca Juga : Umpan Ikan Mas

Sisik

Secara langsung, sisik ikan mas terlihat berbentuk bulat atau lingkaran. Hal ini sesuai dengan morfologi ikan mas yang memiliki sisik jenis sikloid.

Selain itu, bentuk sisik secara menyeluruh masuk dalam jenis ctenoid, atau berbentuk sisir.

Ekor

Ekor pada ikan mas termasuk dalam kategori emarginate. Emarginate merupakan jenis ekor dengan lekuk tunggal.

Jika Anda perhatikan, ekor ikan mas di bagian tengah terlihat sangat cekung (lekuk), sedangkan sisinya terlihat sangat simetris. Beberapa jenis ikan mas bahkan ada yang memiliki ekor rumbai.

Artikel terkait :


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Klasifikasi, sistematika dan Morfologi Ikan Mas secara lengkap dan tersusun. Semoga ulasan di atas bisa memberi manfaat dan menambah wawasan juga ilmu pengetahuan kita. Terima kasih.

Habitat Ikan Mas

Wiki Pebrianto
2 min read

Ciri-Ciri Ikan Mas

Wiki Pebrianto
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *