Morfologi Ikan Mujair

Morfologi Ikan Mujair – Asal mula ikan mujair adalah dari perairan Afrika. Di Indonesia ditemukan pertama kali tahun 1939 di muara sungai Serang, pantai selatan Blitar, Provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan dan perkembangbiakannya sangat cepat sehingga banyak dibudidayakan.

Ciri-ciri Ikan Mujair ini sangat khas.
Di bawah ini akan dijelaskan secara detail bagian-bagian dari ikan mujair yang wajib Anda ketahui. Pasalnya, selain bernilai gizi tinggi juga memiliki banyak manfaat. Contohnya mampu mengendalikan kadar kolesterol, menurunkan berat tubuh dan mengatasi peradangan.

Morfologi Ikan Mujair

Berikut, penjelasan mengenai Morfologi Mujair secara lengkap dari tiap-tiap bagian tubuhnya :

Tubuh

Tubuhnya pipih memanjang, bersisik, bersimetris dua dan memiliki corak berupa garis vertikal. Panjang maksimal yang dapat dicapai adalah 40 cm.

Batang tubuh ditutup selaput tipis dengan kulit mengandung banyak lendir. Warnanya tergantung pada kondisi lingkungan atau habitatnya. Beberapa ada yang berwarna kecoklatan, hitam atau kehijauan. 

Spesies ikan yang hidup di air tawar ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Apabila air kolam keruh atau tidak subur mujair akan beradaptasi yang ditandai dengan warna tubuh berubah kecoklatan.

Berbeda saat kolam subur dengan air hijau maka tubuh menjadi kehijauan. Begitu pula ketika ikan mujair hidup di lingkungan berwarna biru gelap seperti di danau, maka akan menjadi kehitam-hitaman.

Kepala

Morfologi Ikan Mujair berikutnya yakni bagian kepala yang berbentuk kerucut dan bagian depannya oval. Bagian dorsal terdapat cavum oris dan nostril yang letaknya di depan mata.

Fungsinya adalah mendeteksi berbagai macam rangsangan bau. Di samping kanan kiri kepala ada penutup insang.

Baca Juga : Morfologi Ikan Mas

Mata

Mata bulat, di tengahnya terdapat bola mata hitam. Anda juga akan melihat lingkaran keputihan atau kekuningan tergantung usia dari mujair.

Sirip

Sirip ikan mujair mirip sisir dan bagian atasnya berduri. Kelima jenis siripnya mudah dibedakan berdasarkan warnanya.

Pada Morfologi Ikan Mujair ini, di sirip ekor dan sirip punggung berwarna kemerah-merahan bagian ujungnya. Sedangkan sirip perut dan dada hitam kemerahan.

Letak sirip perut dan sirip dada mujair sejajar sehingga disebut thoracic. Tulang penyusun siripnya adalah sebagai berikut :

  • Sirip punggung tersusun 13 jari-jari lunak dan 17 jari-jari keras.
  • Sirip perut memiliki 5 jari-jari lemah dan 1 jari-jari keras melunak.
  • Sirip dada terdiri atas 15 jari-jari lemah.
  • Sirip anus ada 3 jari-jari keras dan 10 jari-jari lemah.
  • Sirip ekor hanya dijumpai 8 jari-jari keras melunak.

Sisik

Sisik memiliki tipe ctenoid yang bentuk mirip kipas. Anda juga dapat menemukan linea lateralis atau yang populer dengan istilah gurat sisi dan sepasang operculum di belakang caput. Ukuran sisiknya kecil-kecil menyerupai sisir.

Sisik yang terdapat di garis rusuk atas sebanyak 18-21 buah. Sedangkan, pada garis rusuk bawah lebih sedikit, yaitu 10-15 buah.

Mulut

Morfologi ikan mujair bagian mulut yaitu sedikit lebih besar dengan gigi yang halus. Letaknya di bagian terminal atau ujung tubuh. Di atas mulut dijumpai cekungan yang merupakan hidung.

Baca Juga : Umpan Ikan Mujair

Perbedaan Ikan Mujair Jantan dan Betina

Untuk membedakan spesies jantan dan betina dari ikan Mujair cukup mudah, kamu hanya perlu mengenal dan memahami beberapa perbedaan di bawah ini :

Ikan Mujair Jantan

  • Terdapat dua lubang, yaitu lubang dubur dan urine. Lubang spermanya sama dengan lubang urine.
  • Ujung sirip berwarna kemerah-merahan yang tampak terang dan jelas.
  • Warna perut gelap dan sedikit kehitam-hitaman. Saat Anda tekan akan keluar cairan.
  • Dagu berwarna merah kehitaman.

Ikan Mujair Betina

  • Memiliki 3 lubang yang berfungsi sebagai lubang urine, lubang telur dan lubang dubur.
  • Ujung sirip pucat sehingga warnanya tidak begitu jelas.
  • Perut dan dagu berwarna keputihan. Saat ditekan tidak ada cairan yang keluar.

Baca Juga : Morfologi Ikan Koi

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Morfologi Ikan Mujair beserta penjelasan, serta perbedaan Mujair jantan dan betina. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih

Leave a Reply