Morfologi Ikan Nila

Morfologi Ikan Nila

Mempelajari Morfologi Ikan Nila secara detail dapat membantu Anda untuk membedakan ikan jantan maupun betina di alam. Coba Anda perhatikan dari kepala hingga ekor, pasti ada sesuatu yang berbeda dan menjadi ciri unik dari nila.

Bentuk semua bagian ikan bisa dipergunakan untuk proses identifikasi. Begitu pula dengan ukurannya, misalnya tipe sisik, ukurannya besar atau kecil. Satu hal yang tidak kalah penting adalah warna.

Morfologi Ikan Nila

Berikut, adalah informasi selengkapnya mengenai Morfologi Ikan Nila dan penjelasan masing-masingnya :

Bentuk Tubuh

Tubuh ikan nila berbentuk pipih ke samping, memanjang dan tebal. Anda bisa menemukan adanya garis linea lateralis yang mana bagian atas dan bawah terputus. Pada bagian atas, garis tersebut memanjang dari tutup insang hingga belakang sirip punggung.

Berdasarkan warna tubuhnya ada dua macam, yaitu nila merah dan hitam. Kedua warna tersebut terlihat mengkilap. Ciri-ciri nila hitam adalah tubuhnya kehitaman, namun bagian perutnya memiliki warna lebih terang.

Sedangkan, untuk nilai merah warna tubuh maupun siripnya semua merah. Namun, ada juga yang sirip punggungnya merah dan bagian perut putih kemerah-merahan.

Sisik

Ciri-ciri sisik nila adalah kasar, ukurannya besar dan tersusun rapi. Sisik menyelimuti seluruh tubuh dan memiliki tipe ctenoid.

Sirip

Morfologi Ikan Nila selanjutnya adalah Sirip nila yang terdapat 5 jenis, yaitu sirip dada, sirip ekor, sirip perut, sirip anal dan sirip punggung.  Sirip membantu mempercepat pergerakan ikan. Sirip ekor bentuknya membulat dan dijumpai sekitar 6 buah garis vertikal.

Baca Juga : Morfologi Ikan Gurame

Warnanya hitam, namun bagian ujungnya sedikit kemerah-merahan. Penyusun sirip punggung adalah garis-garis berbentuk miring.

Mulut

Mulut nila terletak di ujung (terminal) kepala dan bergerigi. Bagian rahangnya tumbuh sangat baik dan bersendi di tulang tempurung kepala.

Kepala

Bentuk kepala kecil. Anda dapat menjumpai sepasang mata berukuran besar dengan tepi berwarna putih. 

Alat Kelamin

Saat masih berukuran kecil maka morfologi ikan nila bagian alat kelamin belum terlihat jelas. Anda baru bisa membedakannya ketika beratnya sudah 50 gram. Pada umur 4 sampai  5 bulan berat ikan mencapai 100-150 gram sehingga  ikan akan kawin lalu bertelur.

Sebagai informasi tambahan, ternyata ikan nila yang berukuran kecil lebih mudah untuk menyesuaikan diri jika terjadi perubahan salinitas di lingkungan daripada nila yang besar.

Baca Juga : Morfologi Ikan Lele

Ciri-Ciri Ikan Nila Jantan dan Betina

Selain morfologi Ikan Nila di atas, berikut adalah Ciri-Ciri yang membedakan ikan nila jantan dan betina :

Ikan Nila Jantan

  • Tubuh memiliki warna lebih gelap, lebih tinggi dan membulat.
  • Ketika memijah, warna bagian tepi dari sirip punggung dan ekor adalah merah cerah.
  • Alat kelaminnya berbentuk tonjolan atau papila yang terdapat di bagian belakang anus. Lubang untuk mengeluarkan sperma dan urin sama.
  • Sirip berwarna merah dan memiliki motif garis putus-putus. Ketika gonad matang maka pergerakan sirip melambat.
  • Ukuran sisik lebih besar.
  • Panjang  total tubuhnya adalah  16-25 cm dengan berat antara 400-600 gram.
  • Tulang rahangnya melebar ke belakang.
  • Pada waktu memijah, warna sperma akan terlihat putih jika Anda stripping.

Ikan Nila betina

Sedangkan Morfologi Ikan Nila atau Ciri-Ciri yang betina adalah sebagai berikut :

  • Warna tubuh lebih pucat.
  • Ukuran tubuh lebih pendek dibandingkan nila jantan dan memanjang.
  • Alat kelamin juga terletak di belakang lubang anus dan berupa sebuah tonjolan. Di belakangnya ada  dua buah lubang, yaitu lubang bagian depan berfungsi untuk mengeluarkan telur. Sedangkan, lubang belakang sebagai jalan keluarnya air seni.
  • Tubuh akan membesar saat ikan sedang mengandung telur-telur yang matang.
  • Warna sirip hitam dengan garisnya tidak terputus-putus.
  • Tubuh lebih pendek hanya 14-20 cm saja, sedangkan beratnya mencapai 300- 450 gram.

Baca Juga :

Penutup

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Morfologi Ikan Nila dan penjelasan lengkapnya dari Memancing.info. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.