Pakan Ikan Cupang

Diposting pada

Sudah banyak pilihan untuk pakan ikan cupang, yang bisa diberikan sebagai pakan utamanya. Namun dalam memelihara ikan cupang sebaiknya beri ragam makanan, yang akan membantu meningkatkan gizi dan juga nutrisi untuk pertumbuhan ikan tersebut.

Terpenuhinya kebutuhan gizi yang baik pada ikan cupang, akan membuat tubuhnya menjadi lebih sehat dan warna tubuhnya pun lebih cerah dan indah. Terutama jika kamu memelihara ikan cupang jenis ikan hias.

Pakan Ikan Cupang Yang Bagus

Cara budidaya ikan cupang
Cara budidaya ikan cupang

Supaya warna tubuh dari ikan cupang ini beragam, cerah, dan cantik, maka pilihlah jenis pakan yang alami. Sekaligus juga untuk meningkatkan asupan nutrisi pada ikan cupang itu sendiri. Jenis pakan cupang yang terbaik dan bagus untuk warna tubuhnya bisa diperoleh dari jenis pakan berikut:

1. Jentik Nyamuk

Jenis pakan cupang yang baik adalah jentik nyamuk. Jentik-jentik nyamuk ini mudah diperoleh dan juga bisa menjadi jenis pakan terbaik untuk cupang supaya ikan-ikan itu bisa tumbuh dengan cepat.

Ditambah lagi dengan kandungan proteinnya yang tinggi pada jentik nyamuk tersebut yang cukup tinggi, dan cocok diberikan pada cupang yang masih remaja dan yang sedang berada di masa pertumbuhan.

Untuk memperoleh jentik nyamuk tersebut kamu bisa mengambil ember lalu mengisinya dengan air. Bisa dengan air bekas cucian beras atau air bekas cuci baju, kemudian simpan di tempat yang gelap dan terbuka.

Lalu tunggu sampai jentik-jentik nyamuk itu muncul di ember yang berisi air tersebut. Jika ingin praktis, kamu bisa membelinya di toko pakan ikan terdekat.

2. Cacing Darah

Cacing darah atau yang disebut dengan bloodworm merupakan jenis cacing yang warnanya merah seperti darah. Jenis cacing ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk pakan cupang dan bergizi tinggi.

Namun sayangnya, kandungan protein yang terdapat pada cacing darah tidak sebanyak kandungan protein yang ada pada pakan lainnya. Namun pakan ini juga dipercaya bisa membuat warna tubuh ikan cupang menjadi lebih indah dan menyala.

Berikan cacing darah pada ikan cupang sebagai pakan alternatif atau tambahannya saja.

Racikan Pakan Ikan Gabus Biar Cepat Panen

3. Cacing Sutera

Jenis pakan cupang yang bagus lainnya adalah cacing sutera. Cacing yang juga sering disebut dengan cacing rambut juga bisa menjadi salah satu pilihan pakan terbaik bagi ikan tersebut.

Cacing sutera mudah ditemukan di tempat-tempat seperti perairan yang kotor, misalnya di selokan. Kalau tak mau kotor-kotoran mencari cacing sutera di selokan, bisa juga dengan membelinya langsung pada toko pakan ikan.

Bisa juga dibeli di toko ikan hias, karena biasanya selain menyediakan beragam ikan hias di sana juga tersedia makanan ikannya.

4. Microworms

Jenis pakan yang alami yang bisa diberikan pada ikan cupang berikutnya adalah microworms. Ukuran jenis cacing ini memang sangat kecil, sehingga jenis pakan ini lebih cocok menjadi pakan ikan cupang burayak atau cupang yang masih anakan.

Dalam membudidayakan microworms untuk pakan ikan ini juga tak terlalu sulit. Cukup dengan membelinya terlebih dulu di toko ikan hias kemudian masukkan ke dalam toples. Lalu tambahkan sedikit roti tawar di sana dan jadikan roti itu sebagai remah-remah.

Setelah itu biarkan sampai microworms tersebut berkembang biak di sana dengan sendirinya.

5. Kutu Air

Bukan hanya microworms saja yang bisa menjadi pakan cupang, jenis hewan kecil lainnya yang bisa dijadikan pakan adalah kutu air. Kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan cupang tersebut baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari anak ikan.

Selain itu, kutu air juga bisa membuat ikan cupang memiliki warna tubuh yang indah dan menyala. Kandungan lemak pada kutu air terbilang rendah sehingga variasikan pakan ini dengan jenis pakan yang lainnya, dalam membantu tumbuh kembang pada anak ikan.

Pakan Ikan Cupang Burayak Yang Bagus

Gambar Ikan Cupang Burayak
Gambar Ikan Cupang Burayak

6. Kuning Telur

Masih ada lagi jenis pakan ikan lainnya yang akan membantu pertumbuhan cupang menjadi lebih baik dan lebih cepat, yaitu kuning telur. Tak hanya bagi ikan cupang, tetapi kuning telur juga memiliki kandungan protein yang juga baik untuk manusia.

Maka kamu bisa mencoba memberi kuning telur sebagai salah satu variasi pakan untuk ikan cupang. Cara pemberiannya adalah dengan mengukus atau merebus telurnya dahulu, setelah itu langsung diberikan pada ikan cupang.

Sebaiknya tidak memberi kuning telur terlalu banyak pada cupang tersebut, karena sisa-sisa makanannya bisa mengotori akuarium dan membuat cupang mudah terkena penyakit.

7. Burayak Ikan Guppy

Masih ingin memberikan pakan alternatif untuk ikan cupang? Maka cobalah untuk memberinya burayak atau benih dari ikan guppy. Ikan guppy adalah jenis ikan yang lebih mudah dalam berkembang biak.

Anak ikan guppy atau burayak ikan guppy juga bisa dijadikan pakan ikan cupang itu sendiri. Burayak dari ikan guppy tersebut sangat terkenal dalam jenis pakan untuk ikan cupang, karena terdapat kandungan nutrisi baik untuk cupang.

Kandungan nutrisi pada burayak guppy ini juga bisa memaksimalkan serta mempercepat pertumbuhan dari ikan cupang tersebut.

Baca Juga ” Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar”

8. Lalat

Jenis pakan yang juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk ikan cupang berikutnya adalah lalat. Jadi, lalat juga bernutrisi tinggi untuk cupang dan merupakan jenis pakan yang bergizi untuk cupang.

Namun sebaiknya tidak memberi pakan berupa lalat yang terlalu banyak untuk ikan cupang tersebut. Cara membuat makanan untuk cupang yang berupa lalat tersebut adalah dengan membuang bagian kepalanya terlebih dulu, setelah itu berikan langsung pada cupang.

9. Artemia

Jenis udang yang ukurannya kecil-kecil serta hidup di laut disebut dengan Artemia. Ukurannya yang kecil ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sehingga Artemia banyak dijadikan pakan ikan termasuk untuk ikan cupang.

Kandungan protein yang ada pada Artemia ini sangat baik untuk pertumbuhan cupang yang usianya belum terlalu dewasa. Sebelum memberikannya pada cupang, sebaiknya bilas Artemia ini dengan air terlebuih dulu.

Tujuannya adalah supaya kadar garamnya dapat berkurang dan tak akan mengganggu keseimbangan dari asupan garam, yang dimakan atau dikonsumsi oleh ikan tersebut.

10. Vinegar Eel

Jenis hewan yang satu ini termasuk jeni belut yang ukurannya sangat kecil, terutama jika dibandingkan dengan ukuran belut secara umum. Bahkan vinegar eel ini sulit dilihat dengan mata telanjang saking kecil sekali ukurannya.

Pakan alami yang pas adalah vinegar eel tersebut, dan bisa menjadi asupan makanan yang cocok untuk anak ikan apa saja termasuk anak ikan cupang.

11. Infusoria

Jenis makanan alami lainnya yang juga bisa diberikan pada cupang adalah infusoria. Hewan kecil ini adalah jenis hewan invertebrata yang cocok menjadi pakan untuk anak ikan cupang atau untuk ikan cupang dewasa.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Kamu bisa membudidayakan sendiri infusoria, dengan cara membuat kol hingga membusuk lalu rebus dan dapatkan sarinya dengan cara memeras sayur tersebut. Campurkan sarinya ke dalam toples dan masukkan ke dalam akuarium.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.