Pakan Ikan Gabus

Advertisements

Ikan gabus sering dikonsumsi manusia dan dianggap bisa menyembuhkan atau membuat luka cepat kering. Itulah sebabnya ikan ini menjadi salah satu jenis komoditi ikan yang cukup laris di pasaran. Ketahuilah apa saja jenis pakan ikan gabus terbaik untuk kamu yang ingin berbudidaya.

Jadi, sebelum kamu memulai budidaya ikan gabus sebaiknya perhatikan dulu apa saja jenis pakan yang cocok dan bagus untuk ikan gabus tersebut. Jika salah memberi pakan pada ikan gabus maka pertumbuhannya akan lambat dan tidak tumbuh dengan besar sesuai harapan.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi kami mengenai pakan ikan gabus yang cocok sebagai pakan alternatifnya.

Jenis Pakan Ikan Gabus Utama dan Alternatif yang Terbaik

Cara berbudidaya ikan gabus memang tidak semudah budidaya pada ikan patin atau ikan lele. Khususnya karena masa panen dari ikan ini terbilang lama. Tapi masih banyak orang yang membudidayakannya karena prospek ikan ini cukup bagus.

Sebelum mulai budidaya, perhatikan jenis pakan ikan gabus yang utama dan alternatif di bawah ini:

1. Pelet

Makanan utama yang bisa diberikan pada ikan gabus adalah pelet. Pakan ini bisa diberikan pada ikan gabus yang hidup di kolam ataupun di akuarium. Harganya yang terjangkau membuat banyak pembudidaya memberikan pelet ini pada ikan gabus peliharaannya.

Cara pemberiannya pun mudah, dan kandungan di dalam pelet sudah mencakup apa saja yang dibutuhkan oleh ikan itu sendiri. Ikan gabus merupakan jenis ikan yang membutuhkan kandungan protein yang tinggi, setidaknya sebanyak 30% saja.

Namun karena kandungan protein yang terdapat pada pelet jauh lebih banyak dan lebih dari 30%, maka sebaiknya berikan pelet pada ikan gabus dengan cara dicampur dengan makanan alternatif lainnya. Tujuannya agar nutrisi yang dibutuhkan ikan ini terpenuhi dengan baik.

2. Ikan Kecil

Jika ikan kabus dibudidayakan pada kolam alami atau yang berasal dari alam, maka pakan terbaiknya adalah ikan-ikan kecil yang juga hidup di dalam kolam tersebut. Namun jika ikan gabus dibudidayakan di kolam terpal/semen maka berikan ikan-ikan kecil yang masih segar.

Ada banyak varian ikan kecil segar yang bisa diberikan pada ikan gabus tersebut dan harganya pun murah. Misalnya saja ikan wader, bibit dari ikan nila, atau jenis ikan-ikan air tawar yang ukurannya kecil, sehingga dapat dimakan oleh ikan gabus dengan mudah.

Advertisements

Keunggulan dari pakan alami berupa ikan kecil untuk ikan gabus tersebut adalah ikan gabus bisa menjadi lebih cepat besar, dan ikan gabus akan lebih lahap memakan ikan-ikan tersebut.

3. Cacing Sutera

Jenis makanan lainnya yang juga cocok diberikan pada ikan gabus adalah cacing sutera. Jenis cacing yang satu ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Ketika kamu memberikan cacing sutera sebagai pakan untuk bibit ikan gabus, maka ukuran bibitnya akan lebih cepat besar. Namun jenis pakan ikan gabus ini terbilang mahal di pasaran.

Namun pemberian pakan pada ikan gabus kecil atau bibit dengan cacing sutera memang sangat efektif. Tapi jika cacing sutera diberikan pada gabus dewasa maka biaya pakannya akan lebih mahal, karena jumlah yang diperlukan tentu lebih banyak.

Apabila kamu memberikan cacing sutera untuk ikan gabus dewasa sebaiknya gunakan sebagai makanan tambahan saja, dan bukan makanan utama supaya biayanya tidak mahal.

4. Ikan Rucah

Ikan Rucah

Jenis pakan untuk ikan gabus yang lainnya dan juga bagus untuk gabus adalah ikan rucah. Ikan ini adalah jenis ikan yang ukurannya kecil yang sering juga ditangkap oleh para nelayan di lautan.

Harga ikan rucah biasanya relatif murah karena tak banyak jenis ikan yang mengkonsumsi ikan tersebut. Biasanya ikan rucah bisa diperoleh di tempat pelelangan ikan dengan harga yang terjangkau.

Memberi ikan gabus dengan ikan rucah ini adalah hal yang tepat karena protein hewani yang terkandung di dalam ikan tersebut cukup tinggi. Selain itu tubuh ikan gabus juga bisa menjadi cepat besar jika diberi pakan ikan rucah.

Cara memberikan ikan rucah pada gabus hampir sama dengan cara pemberian menggunakan pelet, yaitu cukup dengan menyebarkannya ke sekitar kolam.

Baca Juga: Pakan Ikan Gurame

5. Keong Sawah

Keong Sawah

Jenis pakan untuk ikan gabus yang juga cocok dan pas adalah keong sawah. Keong sawah memiliki habitat di daerah sawah karena salah satu pakan untuk ikan gabus ini merupakan jenis hewan liar.

Advertisements

Keong sawab bisa menjadi pakan tambahan atau alternatif saja, baik untuk ikan gabus anakan ataupun dewasa. Kandungan protein yang tinggi pada keong sawah bagus sekali untuk ikan gabus karena pertumbuhannya akan lebih maksimal.

Cara memberikan pakan keong sawah pada gabus adalah dengan mengumpulkan dahulu di area sawah dalam jumlah yang banyak. Kemudian potong keong kecil-kecil lalu dihaluskan. Kemudian sebar potongan keong yang sudah dihaluskan itu ke kolam.

6. Udang

Jenis pakan tambahan yang lainnya yang juga bisa diberikan pada ikan gabus adalah udang. Hewan kecil ini memang sangat disukai siapapun, tak hanya oleh hewan saja tapi juga oleh manusia.

Ikan gabus juga sangat suka dengan udang, karena dalam habitatnya yang asli udang merupakan jenis makanan ikan gabus yang sesungguhnya. Namun karena harganya mahal maka pertimbangkanlah jika ingin memberi ikan gabus makanan berupa udang.

 

7. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Jenis cacing lainnya yang juga bisa diberikan pada ikan gabus adalah cacing tanah. Cacing ini lebih banyak ditemukan di sungai yang berlumpur atau di rawa-rawa.

Tak heran jika cacing tanah menjadi salah satu pakan untuk ikan gabus, dan disarankan untuk dijadikan jenis pakan tambahan saja. Kandungan protein yang terdapat pada cacing tanah juga tinggi dan bisa membuat tubuh ikan menjadi lebih cepat besar.

Advertisements

Apalagi pakan berupa cacing tanah juga mudah ditemukan dan didapatkan. Cara pemberikan cacing tanah pada ikan gabus adalah dengan memotong-motong cacingnya terlebih dulu, hingga kecil-kecil.

Kemudian sebarkan saja langsung pada kolam tempat ikan gabus itu hidup. Pemberikan cacing tanah pada ikan gabus bukanlah sebagai makanan yang utama. Namun hanya sebagai pakan tambahan saja supaya gabus bisa memperoleh kandungan protein yang cukup.

8. Siput

Selain memberi keong, ikan gabus juga bisa diberi pakan yang berupa siput. Nutrisi yang terdapat pada siput ini bisa membuat pertumbuhan ikan gabus meningkat dengan cepat. Cara pemberian siput pada gabus sama juga dengan keong sawah.

Yaitu dengan memotong-motong siput terlebih dulu kemudian diberikan pada ikan gabus ke kolam.

9. Makanan Sisa

Kamu juga bisa memberikan makanan-makanan sisa dari dapur pada ikan gabus, misalnya sisa makanan berupa daging ayam, seafood, ikan dan sebagainya. Gunakan sisa-sisa makanan tersebut sebagai makanan tambahan saja.

Makanan sisa berupa hewani tersebut juga bagus untuk ikan gabus karena kebutuhan proteinnya bisa terpenuhi dengan baik. Hal itu disebabkan oleh makanan asli dari ikan ini yang memang berupa hewan-hewan kecil.

Baca Juga: Pakan Ikan Lele

Jadi, kamu bisa menambahkan makanan sisa dari dapur yang berupa jenis makanan hewani untuk pakan ikan gabus. Pastikan untuk memberikannya sebagai pakan tambahan saja dan bukan yang utama.

Advertisements

X

Advertisements

Join the discussion