Pakan Ikan Takari

Ketika memiliki hewan peliharaan seperti ikan atau berbudidaya ikan maka perhatikan juga jenis pakan apa yang cocok untuknya. Seperti pakan ikan Takari yang biasa diberikan pada ikan-ikan hias. Pakan ikan tersebut sangat banyak digunakan oleh pembudidaya ikan hias.

Pakan ikan dengan merk Takari juga memiliki kualitas terbaik, sehingga bisa membuat ikan cepat tumbuh besar dan warna ikan menjadi lebih menarik. Maka pemilihan pakan menjadi hal yang penting dalam memelihara atau berbudidaya ikan.

Pakan Ikan Koi Takari Terbaik

Pakan Ikan Takari
Pakan Ikan Takari

Ada beberapa jenis pakan ikan dengan merk Takari yang disesuaikan dengan kebutuhan ikan tersebut. Harganya juga sangat beragam tergantung pada berat bersih pakan tersebut. 

Pakan ikan dari Takari ini merupakan jenis pakan ikan berupa pelet, yang biasanya menjadi makanan bagi ikan hias jenis koi floating. Pakan ikan hias ini sangat bermutu dan berkualitas, karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk ikan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan Takari ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan hias tersebut, dan membuat ikan-ikan menjadi lebih sehat. 

Jenis ikan hias yang bisa diberi pakan Takari diantaranya yaitu ikan cupang, manfish, platis, komet, koi, black ghost, koki, louhan, guppy, discuss, neon tetra, dan jenis ikan hias yang lainnya. 

Komposisi dari pakan Takari ini juga lengkap, meliputi tepung ikan, tepung kedelai, mineral, antioksidan, tepung udang, vitamin, pencerah warna, dan sebagainya. Jika dilihat dari komposisinya pun memang lengkap dan bernutrisi tinggi untuk ikan.

Kandungan nutrisi pada ikan takari ini terdiri dari 30% protein, 3% lemak, 4% serat, dan 12% abu. Itulah sebabnya para pembudidaya ikan hias juga banyak memiliki pakan ikan Takari untuk ikan hias yang mereka budidayakan.

Harganya bervariasi, biasanya bergantung pada berat dari pakan itu sendiri. Untuk pakan Takari dengan berat 100 gr harganya mulai dari Rp.3.500,-, sedangkan untuk pakan yang beratnya mencapai 500 gr harganya sekitar Rp.16.000,-.

Keunggulan dan Kelebihan Pakan Ikan dengan Merk Takari

Ada 4 jenis pakan Takari yang bisa kamu pilih, dan sesuaikan dengan kebutuhan ikan itu sendiri. Jenis-jenis pakan tersebut diantaranya yaitu:

  • Takari Mix dengan ukuran pelet 1 mm
  • Takari Red dengan ukuran pelet 1 mm
  • Takari Red dengan ukuran pelet 2 mm
  • Takari Green dengan ukuran pelet 2 mm

Pakan ikan hias yang satu ini adalah makanan yang bagus untuk berbagai jenis ikan hias, dengan model dan juga formula nutrisi yang mencukupi. Keunggulan dari pakan ikan yang satu ini diantaranya yaitu:

  • Merupakan jenis pelet dengan teksturnya yang jauh lebih halus.
  • Memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, lengkap, dan terdapat tambahan mineral dan juga vitamin yang diperlukan ikan.
  • Tidak akan membuat air baik di kolam atau akuarium menjadi keruh.
  • Dibuat dari beragam bahan alami pilihan dan tidak menggunakan bahan zat pewarna buatan.
  • Bisa digunakan untuk ikan hias jenis koki, manfish, komet, louhan, koi, dan discuss.
  • Merupakan jenis pakan floating atau mengambang.
  • Harganya variatif dan sangat terjangkau.
  • Bisa diberikan pada hewan peliharaan lainnya misalnya kura-kura yang masih berukuran kecil.

Cara memberikan pakan ikan Takari ini bisa dengan memberikannya pada ikan hias setiap 2x sehari. Caranya dengan menebarkan pakan ke seluruh kolam atau akuarium, yang akan dihabiskan oleh ikan-ikan tersebut selama 15 menit.

Jangan memberikan pakan dalam jumlah berlebih pada ikan-ikan tersebut. Beri secukupnya saja sesuai dengan ukuran tubuh si ikan, dan jumlah ikan yang ada di kolam atau di akuarium. Pakan ikan yang satu ini adalah resep istimewa yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

Baca Juga: Pakan Ikan Cupang yang Bagus

Cara Memberikan Pakan dengan Benar pada Ikan Hias

Pakan ikan terbaik dan berkualitas sangat diperlukan oleh ikan hias untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan itu sendiri. Maka, lakukan dengan cara yang tepat dan tidak sekadar menaburkannya saja pada tempat hidup ikan-ikan tersebut.

Perhatikan hal berikut ini dalam memberi pakan ikan yang berkualitas dan langkah yang tepat:

  1. Pilih Jenis Makanan yang Tepat

Dalam memberi pakan ikan yang tepat sebaiknya ketahui apa saja spesies/jenis ikan yang kamu pelihara saat ini. Supaya kamu bisa memberikan makanan yang cocok untuk ikan-ikan itu. 

Misalnya untuk jenis ikan karnivora maka berikan jenis pakan berupa hewan kecil atau yang dibuat dari olahan daging. Kamu bisa memberikan pakan yang berupa makanan kering, makanan beku, makanan hidup, sayuran, dan sebagainya.

Sesuaikan jenis pakan tersebut dengan kebutuhan dari jenis ikan yang kamu pelihara.

  1. Perhatikan Jumlah Pakan yang Diberikan pada Ikan

Banyak pemilik ikan atau pemelihara ikan yang memberi pakan dalam jumlah berlebih, karena khawatir mereka akan kelaparan. Namun hal itu bukanlah cara yang tepat karena hanya akan menambah limbah/kotoran di dalam akuarium/kolam.

Apalagi jika jenis pakannya mengandung nitrat, amonia, nitrat, dan sejenisnya. Maka akuarium akan tercemar oleh beberapa kandungan tersebut, akibat dari jumlah berlebih pada pakan yang diberikan.

Beri makan sekali saja setiap harinya pada ikan dewasa, jika kamu memberi makan sebanyak beberapa kali dalam sehari maka berikan pakan dalam porsi sedikit setiap kali memberi mereka makan.

Sedangkan jenis ikan muda atau ikan kecil bisa diberikan pakan 3-4 kali sehari. Jangan memberi pakan pada ikan lagi apabila makanannya tidak habis dalam waktu 5 menit. 

Untuk jenis ikan herbivora biasanya akan lebih mudah lapar, sehingga kamu bisa memberinya makan sebanyak 3-4 kali. Berbeda dengan ikan jenis karnivora yang cukup diberi makan sekali saja.

  1. Pilih Jenis Makanan yang Mengapung atau Tenggelam 

Ada jenis-jenis ikan yang lebih senang berenang di dasar air, sehingga kamu bisa memilihkan jenis pakan yang tenggelam pada ikan tersebut. Namun jika jenis ikannya lebih sering berenang di tengah atau permukaan, maka pilihlah jenis pakan yang mengapung.

Sama halnya dengan jenis pakan ikan merk Takari yang terdiri dari jenis pakan yang mengapung atau tenggelam. Hal itu berdasarkan pada jenis ikan yang berenang di dasar atau di permukaan.

Untuk ikan yang memiliki bentuk mulut panjang dan juga lurus ke depan biasanya akan mencari makanan di bagian tengah akuarium. Sedangkan untuk ikan yang biasa berenang di permukaan bentuk mulutnya menengadah serta suka berkerumun ke bagian depan.

  1. Pilih Pakan Ikan yang Kandungan Proteinnya Tinggi

Untuk jenis-jenis ikan karnivora biasanya lebih membutuhkan asupan protein yang lebih banyak, sehingga pilih jenis pakan yang kandungan proteinnya lebih banyak atau lebih tinggi. Kandungan protein yang diperlukan oleh ikan tersebut bisa mencapai 45-70% banyaknya.

Misalnya pada ikan cupang yang merupakan jenis ikan mengapung dan karnivora. Bentuk mulutnya kecil dan lebih sering diberi pakan berupa pelet seperti pakan ikan Takari misalnya. 

Berbeda dengan ikan mas yang termasuk jenis ikan omnivora, dengan kebutuhan proteinnya yaitu 30-45% saja.

Tumbuhan air adalah salah satu jenis pakan yang bagus untuk ikan mas, karena proteinnya tinggi dan mudah dicerna.

Tinggalkan komentar