Pantangan Dalam Memancing Ikan

Pantangan dalam memancing ikan

Pantangan Dalam Memancing Ikan – Memancing adalah hobi bagi sebagian orang karena bisa mengisi waktu luang, charge energi sekaligus bonus mendapatkan ikan.

Apakah Kamu suka sekali memancing? Pernahkah Kamu mendengar tentang pantangan saat memancing ikan ?

Kamu mungkin sering mendengar tentang metode pancing yang benar, umpan paling tepat untuk ikan dan lokasi mana yang bagus untuk tempat memancing.

Namun, pernahkah Kamu mendengar tentang pantangan yang harus dihindari ketika memancing ? Jika belum, yuk cari tahu Info pantangannya di bawah ini!

Pantangan Dalam Memancing Ikan

Pantangan adalah sesuatu yang dilarang untuk dilakukan karena adanya beberapa mitos yang menyertai.

Pantangan merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan atau berakibat buruk ke depannya.

Larangan juga hadir dalam aktivitas memancing. Apa saja sih pantangan ketika mancing ikan yang perlu diketahui oleh seorang pemancing ?

Jaga Omongan

Pantangan Dalam memancing ikan yang pertama, Kamu harus menjaga apapun yang keluar dari mulut. Kamu harus bisa menjaga mulut dengan tidak berkata kasar atau mengeluarkan makian.

Cobalah untuk tidak mengeluh hal-hal yang sifatnya remeh temeh ketika Kamu menghadapi kesulitan saat memancing.

Apabila Kamu nantinya menemukan hal yang aneh karena sudah terlanjur mengeluarkan kata-kata yang tidak semestinya diucapkan, jangan panik!

Kamu bisa membaca surat al fatihah dan ayat kursi. Baca dengan lirih dalam hati untuk menenangkan perasaan.

Namun apabila Kamu merasa terdesak, cobalah  azan. Pastikan Kamu tidak pernah panik. Buatlah semua terasa tenang agar semua berjalan dengan baik.

Jangan Sampai Tidak Ucapkan Salam

Pantangan selanjutnya yang harus Kamu lakukan adalah jangan sampai Kamu tidak mengucapkan salam.

Ketika memasuki sebuah tempat baru untuk memancing, Kamu harus mengamalkan salam.

Beri salam dalam hati saat ingin memancing. Ketika Kamu mengucapkan salam, maka itu adalah tanda bahwa kehadiran Kamu membawa niat yang baik.

Cobalah untuk menjaga niat Kamu datang ke sungai atau rawa karena murni ingin memancing.

Memiliki Niat Buruk

Saat memancing, Kamu harus meluruskan niat. Kalau niatnya untuk memancing, maka Kamu jangan melakukan hal lain yang merusak lingkungan.

Kamu juga bisa menjaga niatmu dengan berhajat. Misal, saat Kamu datang memancing ingin 4 ekor saja, maka setelah Kamu mendapatkan jumlah yang diinginkan, berhenti saja. Kamu harus menghindari sifat serakah.

Jangan Membunuh Ikan Dengan Alat yang Berbahaya

Pantangan dalam memancing ikan selanjutnya, Kamu mungkin sering sekali melihat ikan-ikan besar datang ke permukaan namun tidak mengambil umpan yang Kamu berikan.

Kamu mungkin kesal sekali karena apa yang Kamu inginkan tidak terpenuhi. Meski demikian, hindari hal-hal yang berpotensi membunuh ekosistem ikan.

Sekalipun Kamu ingin sekali membawa ikan-ikan besar namun sulit dipancing, jangan dipedulikan! Kamu harus menghindari cara apapun yang sekiranya merugikan ekosistem ikan.

Jangan Buang Air Sembarangan

Buang air sembarangan adalah pantangan yang paling penting untuk Kamu hindari.

Sekalipun Kamu merasa ingin sekali membuang air, pastikan Kamu tidak mengotori sungai atau tempat Kamu memancing.

Cobalah untuk mencari tempat yang sesuai untuk buang air. Ketika Kamu buang air tidak pada tempatnya, Kamu berpotensi mencemari lingkungan sekitar.

Baca Juga : Jam Makan Ikan Di Sungai

Selesai Memancing Jangan Langsung Pulang

Pantangan saat memancing ikan
Jatimnow.com

Apabila Kamu memancing hingga larut malam, ada baiknya jika Kamu tidak langsung pulang ke rumah. Ini termasuk pantangan dalam memancing ikan juga, loh.

Kamu bisa singgah terlebih dahulu ke tempat lain, misal warung kopi atau rumah makan. Apabila sudah sampai di rumah, Kamu juga langsung masuk.

Cobalah istirahat sebentar di teras atau halaman rumah. Hal ini perlu Kamu lakukan agar makhluk halus yang mungkin mengikuti Kamu akan pergi dan tidak akan memasuki rumah Kamu.

Jangan Ucapkan Jam Ketika Ditanya Kapan Pulang Memancing

Pantangan selanjutnya yang juga perlu Kamu lakukan adalah menghindari ucapan waktu yang tepat ketika ditanya kapan Kamu pulang.

Ketika ditanya pulang jam berapa, jawablah bahwa Kamu akan mengabarinya nanti.

Hal ini perlu Kamu lakukan untuk menghindari makhluk halus yang nakal.

Biasanya ada kejadian di mana makhluk halus akan menyerupai wujud Kamu untuk kembali ke rumah karena mendengar jam yang Kamu sampaikan sementara Kamu sendiri dibuat ketagihan untuk memancing.

Baca Juga : Doa Memancing Ikan Terlengkap

Jangan Ambil Benda Sembarangan

Pantangan dalam memancing ikan berikutnya, Kalau Kamu memancing di sebuah sungai atau laut, jagalah tanganmu! Hindari untuk mengambil benda yang bukan milikmu.

Kalau Kamu mengambil benda yang ada di tempat tersebut, maka kembalikan lagi ke tempat semula.

Hal ini untuk menjaga bahwa benda yang Kamu ambil ini didiami oleh makhluk halus atau benda tersebut adalah miliknya.

Jika Kamu membawanya sampai ke rumah, sama halnya Kamu membawa serta makhluk lain yang bisa hal buruk.

Jangan Biarkan Anak Bermain di Laut

Kalau Kamu memancing di sebuah tepi laut dengan keluarga, maka jangan sampai Kamu membiarkan anakmu bermain hingga di dasar laut.

Kalau anak ingin mandi, ya ajak ia mandi di pinggir laut atau bisa juga memintanya bermain  di pantai saja.

Pantangan ini memiliki tujuan untuk keselamatan anak Kamu agar tidak menarik makhluk halus yang hidup di laut untuk memilikinya.

Baca Juga : Aplikasi Pendeteksi Ikan Di Sungai

9 pantangan dalam memancing ikan ini bisa Kamu terapkan jika pergi ke sungai, laut, rawa atau alam terbuka lainnya. Mengapa?

Sebab alam terbuka berpotensi lebih sakral dibandingkan tempat-tempat pemancingan komersil. Demikian, ulasan singkat kali ini dan semoga Bermanfaat.