Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan

Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan – Pernah merasa kesal memancing lama-lama tapi tidak mendapatkan satupun ikan?

Padahal jika dipikir-pikir peralatan memancing Kamu sebenarnya mungkin sudah lengkap, posisi sepertinya sudah sesuai, masalah umpan juga sudah disesuaikan.

Kamu pasti pernah sekali dua kali mengalami hal yang tidak menyenangkan tersebut bukan Sebenarnya apa sih penyebab mancing tidak dapat ikan itu sendiri ? Perlu ketahui Tips Mancing di bawah ini !

Lalu apa yang sebenarnya penyebab boncos saat mancing sekalipun sudah menghabiskan banyak waktu ? Simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan

Kondisi Angin

Angin bisa menjadi teman atau musuh saat memancing, khususnya jika Kamu memancing di laut.

Jika angin bertiup terlalu kencang ketika Kamu sedang memancing dan angin tersebut mengendalikan perahu maka itu adalah salah satu hal yang menyebabkan Kamu sulit mendapatkan ikan.

Angin yang bertiup kencang bisa membuat perahu atau kapal bergoyang-goyang dan pada akhirnya membuat posisimu beserta kail menjadi goyah.

Tapi angin juga bisa menjadi temanmu. Angin dapat membantu Kamu melayang di atas perahu dengan tenang.

Posisi Kamu di atas perahu atau kapal semua tergantung pada kekuatan angin. Jika tidak ada angin, Kamu bisa menggunakan umpan yang lebih baik dalam kondisi tenang, seperti lure top water.

Area Memancing Kamu Salah

Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan selanjutnya adalah kesalahan area mancing.

Salah kesalahan paling umum yang dilakukan pemancing baik itu profesional maupun pemula adalah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memancing di area yang salah.

Jika Kamu tidak menangkap ikan apa pun, mungkin sebenarnya Kamu memancing di area yang salah.

Pastikan Kamu menghabiskan waktu paling banyak di tempat yang sama  sekitar 30-45 menit.

Jika umpan Kamu belum menerima gigitan selama kurun waktu tersebut, saatnya untuk memancing di area baru.

Salah satu kunci dalam memancing adalah selalu bergerak sampai menemukan ikan.

Setelah menemukan area yang dirasa tepat, maka Kamu dapat meluangkan sedikit waktu untuk memancing di area itu, tetapi jangan lama-lama, ya!

Jangan sampai Kamu membuang waktu untuk memancing di tempat yang tidak ada ikannya.

Memancing dengan Umpan yang Salah

Penyebab mancing tidak dapat ikan
Tribunnews.com

Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan berikutnya adalah, kemungkinan besar Kamu menggunakan jenis umpan yang salah.

Memancing bisa menjadi hal yang tidak bisa ditebak, apa yang berhasil kemarin atau minggu lalu belum tentu membuatmu berhasil hari ini.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui umpan yang tepat. Jangan takut untuk mengubah umpan dan metode memancing sampai Kamu dapat menemukan sesuatu yang berhasil memikat h ikan.

Jangan bertahan dengan satu umpan yang sama terlalu lama ketika tidak ada satupun ikan yang menanggapi.

Cobalah untuk menggunakan beberapa umpan cadangan agar bisa menjadi alternatif lain.

Alasan umum lainnya mengapa ikan tidak tertarik dengan kail Kamu juga bisa disebabkan umpan Kamu terlalu kecil atau besar.

Memancing ikan dengan umpan yang terlalu besar bisa menjadi kesalahan fatal, apalagi target ikan Kamu ukurannya kecil-kecil seperti mujaer.

Sebaliknya, jika Kamu mencoba menangkap ikan yang lebih besar, mungkin ada baiknya jika Kamu juga memperbesar ukuran umpan.

Ikan yang lebih besar terkadang malas memangsa umpan kecil dan lebih memilih makanan yang lebih besar karena tidak mengharuskannya mengeluarkan banyak energi untuk terus mencari mangsa.

Jadi, jika memang target pancing Kamu adalah ikan berukuran besar, maka sesuaikan pula umpannya dengan ukuran besar.

Baca Juga : Pantangan Dalam Memancing Ikan

Menggunakan Umpan Lure dengan Warna yang Salah

Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan selanjutnya adalah, pemilihan warna lure yang penting untuk memikat ikan. Jika tidak, maka menjadi sulit bagi kamu untuk berburu.

Warna mungkin tampak seperti hal kecil tetapi dapat berdampak besar pada keberhasilan memancing Kamu. Jika ikan tidak menggigit lure yang Kamu gunakan, cobalah mengganti warnanya.

Pilihan warna pada umpan lure Kamu dapat membuat perbedaan besar. Jika Kamu sudah memancing dalam waktu sekian lama dan tidak menangkap apapun dengan lure tersebut, cobalah beralih ke warna lain.

Ada baiknya sih jika Kamu memilih lure dengan warna yang kontras dengan sebelumnya.

Kalau Kamu memancing dengan kondisi air yang jernih, maka gunakan lure dengan warna-warna alami seperti hijau dan biru.

Sementara jika kalau Kamu memancing dalam air dengan kondisi keruh, maka Kamu bisa gunakan lure dengan warna-warna gelap seperti coklat.

Memancing di Waktu yang Salah

Penyebab mancing tidak dapat ikan yang terakhir adalah waktu yang salah. Jika Kamu tidak pernah beruntung saat mancing, mungkin Kamu memancing di waktu yang tidak tepat. 

Tidak dapat disangkal bahwa dalam satu hari, ada waktu-waktu tertentu yang membuat ikan lebih aktif keluar dan tidak.

Nah, kalau Kamu memancing saat siang hari dan tidak mendapatkan satupun ikan, maka bisa jadi waktu tersebut tidak tepat.

Kamu bisa mencoba kembali lagi dengan waktu lain seperti sore atau malam hari saat ikan lebih aktif.

Dengan memilih waktu mancing yang tepat maka  Kamu akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menangkap ikan.

Ya, ketahuilah waktu terbaik untuk memancing. Selain malam hari, pagi atau saat cuaca mendung adalah waktu yang paling tepat untuk memancing.

Baca Juga : Doa Memancing Ikan

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa Penyebab Mancing Tidak Dapat Ikan atau hasil tangkapan minim. Semoga Bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply