Perbedaan Ikan Bilis dan Ikan Teri

Memancing.info – Perlu sekali untuk bisa tahu perbedaan ikan bilis dan ikan teri supaya tidak akan tertukar lagi walaupun keduanya memiliki ukuran yang kecil. Namun, walaupun demikian, tentu keduanya pasti ada perbedaan yang mencolok. Baca Juga: Perbedaan Ikan Jantan dan Betina Cupang 

Bahkan keduanya juga mirip, sehingga semakin sulit untuk membedakannya. Tenang saja berikut ini sudah dirangkum apa saja perbedaan antara ikan keduanya.

Mengenal Ikan Bilis

Biasanya ikan bilis ini lebih senang hidup di perairan yang jernih. Jadi, akan lebih mudah menemukan ikan ini di sungai yang memiliki banyak kerikil dan di bawah ini adalah beberapa ciri ikan bilis:

1. Tubuh Ikan Bilis

Bagian tubuh dari ikan bilis biasanya memiliki ciri tubuh yang berukuran kecil hanya mencapai 116 milimeter saja. Ikan ini pun juga biasanya dipenuhi dengan sisik sama seperti pada ikan jenis lainnya.

2. Sirip Ikan Bilis

Sementara sirip pada ikan ini memiliki ukuran standar hampir sama dengan sirip lainnya. Namun, untuk ukuran pangkal sirip yang ada di bagian punggungnya hampir sejajar dengan sirip siput.

Sirip yang ada di ikan bilis ini memiliki tiga bagian yaitu pada bagian punggung, dada dan perut. Sedangkan pada sirip bagian punggung biasanya memiliki tekstur yang bergerigi dan sirip perut hingga dada juga sama hanya saja tak mencapai belakang.

Namun, pada bagian sirip punggung biasanya memiliki duri kecil yang mengarah ke bagian depan. Dan biasanya sirip ini pun juga tersembunyi di bagian bawah sisik.

3. Ekor Ikan Bilis

Sama seperti ikan pada umumnya karena ikan bilis juga memiliki ekor yang dikelilingi oleh 18 sisik. Biasanya sisik tersebut berwarna perak dengan sirip pada bagian ekor dominan memiliki warna hitam.

4. Mulut Ikan Bilis

Ikan bilis mempunyai mulut yang berbentuk moncong kemudian ini juga membuat ikan terlihat unik. Di samping itu, bagian mulutnya juga ada dua sungut kecil, tetapi tidak semua ikan memiliki sungut tersebut.

Mengenal Ikan Teri

Karena tadi sudah tahu ikan bilis, tentu sekarang harus tahu perbedaan ikan bilis dan ikan teri. Bisa dibilang kedua ikan ini memang mirip, akan tetapi memiliki perbedaan. Adapun ciri-ciri ikan teri dapat dilihat berikut ini:

1. Tubuh Ikan Teri

Karena sama-sama memiliki ukuran tubuh kecil, tentu ikan teri pun juga memiliki ukuran panjang hanya 6 sampai 9 cm. Namun, perbedaannya justru ikan teri bisa bertambah ukurannya menjadi lebih panjang hingga 17 cm.

Pada tubuh ikan teri juga terdapat selempang putih yang sedikit berwarna perak mulai dari kepala hingga bagian ekor. Sedangkan pada bagian gigi ikan teri juga terdapat rahang, langit mulut dan memiliki lidah.

2. Kandungan pada Ikan Teri

Berbeda dengan ikan bilis, justru ikan ini paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang karena memiliki banyak kandungan di dalamnya. Di dalam tubuh ikan teri banyak mengandung protein, vitamin, mineral dan gizi yang bermanfaat untuk kecerdasan seseorang.

Perbedaan Ikan Bilis dan Ikan Teri

Perbedaan Ikan Bilis dan Ikan Teri
Perbedaan Ikan Bilis dan Ikan Teri

Di samping itu, banyak juga manfaat yang didapatkan jika dibandingkan dengan ikan bilis. Ikan teri disebut banyak manfaat karena memiliki kandungan omega 3, sumber protein dan rendah merkuri sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Demikian tadi tentang apa saja perbedaan ikan bilis dan ikan teri yang jarang orang tahu dan sering tertukar. Jadi, mulai sekarang jangan sampai tertukar lagi antara ikan bilis dan ikan teri karena memang sangat banyak perbedaan yang ada di kedua ikan tersebut.