Ini Perbedaan Ikan Guppy dan Ikan Cere ! Jangan Salah

Memancing.info – Ada banyak perbedaan ikan guppy dan ikan cere yang belum diketahui orang sehingga sering tertukar. Memang keduanya sama-sama ikan hias yang sering dipelihara, akan tetapi keduanya berbeda. Baca Juga: Perbedaan Ikan Koi Sukabumi dan Blitar

Kedua ikan ini populer hingga kalangan internasional dan harganya pun mahal sehingga banyak yang menyukainya. Namun, sebelum itu alangkah baiknya untuk tahu perbedaan antara keduanya seperti berikut ini:

Mengenal Ikan Guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan hias banyak digemari orang karena memiliki tubuh yang indah juga menarik. Namun, untuk tahu lebih jelasnya lagi terkait ikan ini silakan simak selengkapnya berikut ini:

1. Klasifikasi

Ikan guppy mempunyai nama latin Poecilia Reticulata yang memiliki habitat asal dari Amerika Selatan di bagian timur laut. Ikan guppy ini pertama ditemukan di Negara Venezuela, Kepulauan Karibia dan Guyana pada 1859.

2. Habitat

Ikan guppy termasuk ke dalam jenis ikan ovovivipar yang bisa bertelur dan beranak. Dan telurnya akan selalu ada di dalam tubuh induknya hingga menetas. Sementara lama usia kehamilannya mulai 3-4 minggu dan bisa menghasilkan 80-100 ekor telur.

Usia ikan guppy ini biasanya mulai dari 1 sampai 3 tahun. Namun, karena telur ikan tersebut rentan terhadap suhu air, tentu akan ada banyak mati. Jadi, jika ingin memelihara ikan guppy supaya tetap hidup, usahakan suhu airnya 27 C.

3. Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina

Jika ingin membedakan antara ikan guppy jantan betina tentu tidak sulit. Untuk ikan guppy jantan biasanya mempunyai bentuk tubuh lumayan ramping, warna cerah dan ragam corak warna lebih beragam, tetapi tetap indah.

Ikan guppy jantan biasanya memiliki sirip dan ekor yang lebih panjang dan mengembang. Biasanya ikan guppy yang jantan juga memiliki panjang mulai 2 hingga 3 cm. Sedangkan pada ikan guppy betina biasanya memiliki ukuran tubuh 4 hingga 6 cm yang lebih besar.  Baca Juga: Perbedaan Ikan Kembung Layang dan Banjar

Mungkin jika ikan ini dijual tentu harganya terkesan murah, tetapi untuk beberapa strange tentu punya harga jual yang tinggi. Ini semua tentu bisa dilihat dari keindahan warna, ekor, sirip yang menjadi nilai jual lebih tinggi.

Mengenal Ikan Cere

Berbeda dengan ikan guppy karena ikan cere justru malah lebih banyak sekali ditemukan di selokan, sungai dan rawa-rawa. Bahkan budidayanya pun cenderung lebih mudah dan inilah dia perbedaan ikan guppy dan cere.

1. Klasifikasi

Memiliki nama latin gambusia affinis, ikan yang selalu disamakan dengan ikan guppy ini berasal dari Amerika Serikat. Sejak tahun 1920 lalu barulah ikan ini mulai menyebar di seluruh perairan yang ada Indonesia.

2. Habitat

Dengan kadar oksigen yang lebih rendah, bahkan dengan kadar garam yang tinggi atau  air yang mengandung banyak limbah sekalipun, ikan ini mampu bertahan hidup. Sedangkan makanan utama ikan ini adalah jentik nyamuk sehingga ikan ini akan sangat membantu untuk membasmi nyamuk.

Perbedaan Ikan Guppy dan Ikan Cere

Bahkan ikan ini juga dikenal sangat rakus karena bisa memakan jentik nyamuk yang jumlahnya ratusan hanya dalam waktu satu jam saja. Ikan ini pada umumnya bisa hidup berkoloni di dalam akuarium, tetapi justru ikan cere ini tidak agresif.

Berbeda dengan ikan guppy justru harga jual ikan cere jauh lebih murah. Bahkan ikan ini juga sering dijual untuk makanan hewan seperti kura-kura, burung dan hewan yang lainnya. Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Guppy

Demikianlah tadi terkait perbedaan ikan guppy dan ikan cere yang perlu diketahui supaya tidak akan tertukar lagi. Karena sekarang sudah tahu perbedaannya tentu jika ingin memeliharanya akan bisa bertahan hidup lebih lama lagi.