Perbedaan Ikan Jantan dan Betina Cupang

Memancing.info – Perbedaan ikan jantan dan betina cupang tentu saja sangat perlu diketahui supaya jika saat memeliharanya tidak akan tertukar. Hanya saja, memang bagi pemula akan sangat sulit untuk bisa membedakannya. Baca Juga: Perbedaan Ikan Guppy dan Ikan Cere

Jadi, dengan mengetahui antara cupang jantan dan betina tentu saja ini sangat penting apalagi jika ingin membudidayakannya. Adapun perbedaannya tentu saja bisa lihat semuanya berikut ini:

Perbedaan Ikan Jantan dan Betina Cupang

Bagi yang ingin memelihara ikan cupang tentu saja harus bisa membedakan ikan jantan. Adapun cara mengetahui ikan cupang jantan bisa simak penjelasannya berikut ini:

1. Warna Ikan

Untuk bisa membedakannya ikan cupang jantan biasanya dilihat dari segi warna. Pada cupang jantan cenderung warnanya lebih dominan.

2.  Sirip dan Tubuh

Ikan cupang jantan biasanya identik dengan tubuhnya yang panjang. Bahkan bukan hanya itu saja, karena sirip ikan cupang jantan juga sama panjangnya dan lebih lebar.

3. Sifat Agresif Ikan Cupang Jantan

Sudah bukan hal yang asing bahwa ikan cupang dikenal sebagai ikan yang agresif dengan sesama ikan cupang, bahkan pada ikan lainnya. Biasanya ikan cupang jantan akan cenderung agresif yang ditunjukkan kepada semua ikan jenis apa pun.

4. Meniupkan Gelembung

Pada umumnya justru hanya ikan cupang yang jantan mampu meniupkan gelembung ke atas permukaan air. Hal tersebut tentu untuk melindungi telur-telur selama melakukan pengembangbiakan.

5. Garis-garis Vertikal

Jika sering menemukan ikan jantan yang memiliki garis vertikal di bagian tubuhnya, itu adalah cupang betina. Karena cupang jantan sekalipun saat memasuki masa kawin tidak akan terdapat garis vertikal tersebut.

Ciri Ikan Cupang Betina

Jika tadi sudah tahu ciri-ciri dari ikan cupang jantan, tentu sekarang harus tahu apa saja perbedaan ikan jantan dan betina cupang. Namun, untuk lebih jelasnya silakan simak semuanya di bawah ini:

1. Warna Ikan

Jika cupang jantan memiliki warna lebih dominan, justru sebaliknya dengan cupang betina. Cupang betina justru memiliki warna yang cenderung pucat.

2. Bentuk Tubuh dan Sirip Ikan

Pada tubuh cupang betina justru lebih pendek dan lebar pada bagian tubuhnya. Sedangkan pada sirip ikan cupang betina justru lebih tipis jika dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

3. Sifat Agresif Ikan Cupang Betina

Jika tadi sudah tahu sifat agresif pada ikan cupang jantan, kini saatnya harus tahu juga bagaimana sifat agresif ikan cupang betina. Berbeda dengan cupang jantan, justru cupang betina jauh lebih agresif dengan sesama betina.

Jadi, jika ingin memelihara ikan cupang sangat tidak disarankan untuk menyatukan dua ikan cupang yang sudah dewasa dalam satu wadah. Pastikan satukan ikan tersebut jika memang sudah saatnya masa kawin.

4. Meniupkan Gelembung

Orang lebih tahu bahwa ikan jantan yang hanya meniupkan gelembung saja. Namun, siapa sangka karena cupang betina dapat melakukan hal sama, hanya saja jarang dilakukan tidak sama dengan cupang jantan.

Ikan cupang jantan membuat gelembung saat memiliki pasangan dan akan berkembang biak. Namun, cupang betina justru akan tetap meniupkan gelembung walaupun ikan tersebut tidak memiliki pasangan dan tidak sedang berkembang biak.

5. Garis-Garis Vertikal

Pada ikan cupang betina justru akan terlihat garis-garis vertikal di bagian tubuhnya. Namun, ini hanya akan ditemukan jika ikan cupang betina hendak berkembang biak.

Sekian tadi tentang perbedaan ikan jantan dan betina cupang yang jarang orang tahu. Karena sekarang sudah tahu apa saja perbedaannya seharusnya tidak akan tertukar lagi.