Perbedaan Ikan Kembung Layang dan Banjar

Memancing.infoIkan kembung merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak digemari masyarakat. Jenis ikan ini ada beragam seperti ikan kembung layang dan banjar. Nah, terdapat perbedaan ikan kembung layang dan banjar yang bisa diketahui meskipun keduanya nampak sama. Baca Juga: Ciri Ciri Ikan Koi

Ikan ini memiliki harga terjangkau dan dapat diolah menjadi beragam masakan yang enak. Sementara penyebarannya hampir di seluruh wilayah Indonesia sehingga mudah dijumpai di pasaran. Berikut ini ulasan mengenai perbedaan ikan kembung layang dan banjar yang sekilas sama tapi berbeda:

Ciri Ikan Kembung Secara Umum

Ikan kembung merupakan ikan yang mudah ditemukan dan menjadi ikan konsumsi. Daerah terbesar penyebaran ini ada di Kalimantan, Laut Jawa, Selat Malaka hingga Sulawesi. Para Nelayan biasa menangkap ikan ini menggunakan alat purse seine, selain itu jaring insang lingkar, serta jala.

Secara umum ikan kembung memiliki ciri tubuh yang tipis dan gepeng. Bagian tubuh dan samping mata tertutup oleh sisik kecil dan dada yang lebih besar daripada bagian tubuh lainnya. Bagian mata ikan ini berlemak dan terdapat gigi kecil di bagian tulang rahang.

Ikan kembung ini memiliki dua sirip punggung dengan sirip pertama berjari-jari keras. Sementara sirip punggung kedua ini memiliki duri yang lebih lemah. Biasanya sirip ini memiliki warna abu-abu kekuningan hingga warna yang pucat.

Ciri Ikan Kembung Layang

Ikan kembung layang memiliki panjang  hingga 30 cm dan umumnya berada di kisaran 20–25 cm. Tubuh ikan layang memiliki warna biru kehijauan, lalu hijau seperti pupus pada bagian atas, dan warna putih perak di bawah. Ciri khas ikan kembung layang adalah totol hitam pada bagian atas penutup insang.

Ciri lain dari kembung layang ini ada sisik melengkung serta tidak mempunyai gigi pada rahang atas. Sedangkan siripnya sendiri berwarna abu-abu kekuningan atau pucat. Sementara itu bentuk tubuhnya lebih pipih dan panjang dibandingkan dengan ikan kembung banjar.

Perbedaan ikan kembung layang dan banjar yang mencolok ada pada harganya. Ikan kembung layang memiliki harga lebih murah yang ada di kisaran hingga Rp. 30.000 per kilogram. Oleh karena itu pembeli juga menyukai ikan kembung yang berharga lebih murah.

Ciri Ikan Kembung Banjar

Ikan kembung layang dan banjar memiliki perbedaan yang tidak mencolok karena berasal dari jenis yang sama. Nah, perbedaan ikan kembung layang dan banjar ini dapat diketahui dengan memperhatikan fisik. Berikut ini penjelasan mengenai ciri ikan kembung banjar untuk membedakan dengan kembung layang.

  • Ikan kembung banjar memiliki mata menjorok ke dalam dan kecil sehingga menjadi pembeda utama dari jenis kembung yang lain.
  • Bentuk tubuh ikan kembung banjar ini bulat memanjang. Sehingga sekilas ikan kembung banjar ini lebih padat berisi.
  • Pada tubuh ikan kembung banjar ini memiliki garis memanjang yang berwarna ungu kekuningan, berbeda dengan kembung layang yang berwarna pucat.
  • Kulit sisik pada ikan kembung banjar ini lebih halus mengkilat dan tidak keras sama sekali. Sehingga bagian ini tetap bisa dimakan karena pada jenis kembung yang lain biasanya bersisik keras.

Perbedaan Ikan Kembung Layang dan Banjar

perbedaan ikan kembung layang dan banjar
perbedaan ikan kembung layang dan banjar

Perbedaan ikan kembung layang dan banjar selanjutnya ada pada kisaran harga. Pada ikan kembung banjar ini memang sedikit lebih mahal yang berada pada harga sekitar Rp. 40.000 per kilogram. Meskipun begitu ikan kembung banjar ini lebih laku daripada ikan kembung layang karena kualitasnya.

Nah itulah tadi ulasan mengenai perbedaan ikan kembung layang dan banjar secara umum. Sekilas ikan tersebut sama karena memang berasal dari jenis yang sama tetapi memiliki harga yang berbeda. Meskipun begitu ikan ini banyak digemari dan kaya akan nutrisi untuk tubuh.