Perbedaan Ikan Koi Sukabumi dan Blitar

Memancing.info – Memelihara ikan menjadi salah satu hobi yang banyak disukai orang. Nah, ada jenis ikan koi Sukabumi dan Blitar yang banyak dibudidaya atau juga sebagai ikan hias. Sebenarnya ada perbedaan ikan koi Sukabumi dan Blitar yang masih belum banyak diketahui. Baca Juga: Ciri Ciri Ikan Koi

Sekilas memang cukup sulit mengenali perbedaan ikan koi Sukabumi dan Blitar karena memang tak banyak perbedaannya. Ikan yang berharga cukup mahal ini memang memiliki kualitas yang berbeda dari dua daerah tersebut. Berikut ini perbedaan keduanya yang dapat dikenali:

Perbedaan Ikan Koi Sukabumi dan Blitar

Perbedaan Ikan Koi Sukabumi dan Blitar
Perbedaan Ikan Koi Sukabumi dan Ikan Koi Blitar

1. Kualitas Indukan yang Digunakan

Perbedaan pertama ada pada kualitas indukan koi dari kedua daerah tersebut. Peternak ikan koi di Blitar biasa menggunakan indukan ikan koi besar dan panjang, serta kualitas tinggi. Kualitas anakan yang dihasilkan akan terus dipantau sehingga akan sangat baik.

Jika ada anakan yang menurut peternak kualitasnya jelek, maka anakan tersebut akan dimasukkan ke dalam kategori rijek. Ikan yang dimasukkan dalam kategori ini biasanya dijual murah di pasar, kadang malah ikan ini akan segera dibuang dan tidak dimasukkan ke pasar. Tujuannya agar kualitas ikan yang dijual di pasar, adalah ikan koi yang kualitasnya baik saja.

Sedangkan ikan koi Sukabumi kualitas indukan masih kurang bagus daripada ikan koi Blitar. Hal ini karena peternak kurang memperhatikan kualitas indukan ikan yang digunakan. Sehingga hasil anakan juga kurang bagus kualitasnya yang biasanya ikan jadi tidak bisa tumbuh besar.

2. Keaslian Ikan Koi yang Berasal dari Jepang

Perbedaan ikan koi Sukabumi dan Blitar selanjutnya ada pada keaslian itu sendiri. Ikan koi Blitar dapat diakui bahwa benar-benar asli dari Jepang dan tidak dikawinkan dengan ikan mas. Hal ini memang sudah dilakukan oleh peternak ikan koi Blitar untuk menjaga keasliannya.

Nah, berbeda dengan ikan koi Sukabumi dimana banyak peternak yang kadang mengawinkan koi dari Jepang itu dengan ikan mas. Tentunya kualitasnya sudah tidak murni lagi.

3. Warna Tubuh

Warna sisik ikan bisa menjadi indikator yang membedakan ikan koi Blitar dan koi Sukabumi. Sisik koi Blitar ini warna merah dan kuningnya sangat terang. Sedangkan warna putihnya benar-benar seputih salju. Sehingga koi Blitar terlihat lebih terang.

Berbeda dengan koi Sukabumi yang berwarna lebih pudar. Warna kuning atau merah pada koi Sukabumi tidak terlalu cerah. Selain itu warna putihnya juga tidak seputih warna salju.

4. Ukuran Tubuh Ikan Koi

Meskipun tak secara mutlak menjadi perbedaan tetapi ukuran ini juga bisa menjadi indikator untuk kedua ikan tersebut. Ukuran tubuh ikan koi Blitar ini lebih proporsional dengan umurnya. Sedangkan koi Sukabumi banyak yang kurang bagus pertumbuhannya karena indukan yang kurang bagus.

5. Harga yang Lebih Mahal pada Koi Blitar

Meskipun bukan merupakan patokan utama harga bisa menjadi indikator koi itu berasal. Biasanya karena kualitas yang lebih bagus koi Blitar berharga lebih mahal daripada koi Sukabumi. Namun pembeli juga harus cermat karena ada saja pedagang yang mengklaim koi Blitar padahal bukan.

Nah untuk harga koi Blitar ini berkisar dari seratus ribu hingga satu juta rupiah untuk ukuran 10 cm. Lalu koi Sukabumi berharga sepuluh hingga lima belas ribu rupiah saja dengan ukuran yang sama. Jadi jelas harga koi Blitar ini memiliki harga lebih mahal. Ba a Juga: Morfologi Ikan Koi

Nah, itulah tadi ulasan mengenai perbedaan ikan koi Sukabumi dan Blitar. Perbedaan tersebut tidaklah mutlak meskipun kelihatannya koi Blitar lebih baik daripada koi Sukabumi. Hal ini karena sekarang juga sudah ada beberapa peternak di Sukabumi yang bisa memelihara koi kualitas unggulan.