Posisi Ikan Sungai Malam Hari

Posisi ikan sungai malam hari

Posisi Ikan Sungai Malam Hari – Apakah Kamu pernah memancing di waktu siang hari dan mendapatkan sedikit sekali ikan?

Sementara ketika malam hari, Kamu menghasilkan banyak sekali ikan. Kira-kira apa sih yang membuat Kamu bisa mendapatkan hasil ikan berbeda?

Bagaimana dan dimana posisi ikan sungai malam hari dibandingkan saat siang? Apakah posisi ikan ketika siang dan malam hari ini berbeda sehingga berpengaruh pada hasil memancing Kamu?

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk bisa mendapatkan banyak ikan saat malam hari?

Posisi Ikan Sungai Malam Hari

Saat malam hari, pemancing banyak sekali mendapatkan ikan dibandingkan ketika mereka memancing saat siang hari.

Mungkin Kamu pernah mengalami hal ini sebelumnya dan heran, bagaimana bisa hasil tangkapanmu lebih banyak ketika malam hari?

Buat Kamu yang mungkin bingung, jadi ketika siang hari ikan tidak suka terlalu menampakkan diri di sungai.

Banyak ikan yang lebih aktif ketika malam hari dikarenakan sumber cahayanya tidak begitu menonjol.

Banyak ikan yang tidak menyukai sinar matahari dan lebih suka dengan cahaya yang dihasilkan oleh lampu-lampu di malam hari.

Apalagi, ketika malam hari banyak sekali mangsa ikan yang berkumpul di sungai seperti plankton atau serangga.

Itulah yang menjadikan Posisi Ikan Sungai Malam Hari jauh lebih aktif saat malam dibandingkan siang. Bisa dibilang malam adalah jam makannya ikan.

Nah, posisi ikan sungai malam hari ini yang benar mudah sekali untuk dikenali karena ikan akan bergerombol di pinggir-pinggir sungai.

Kamu bisa lebih mudah untuk memancing ikan ketika malam hari karena spesies ini akan selalu bergerombol saat malam hari di pinggir sungai.

Apalagi saat malam hari suasana juga semakin hening dan sunyi sehingga alat pancing Kamu bisa berkamuflase dengan cukup baik sehingga bisa tersamarkan.

Cara Memancing Ikan di Sungai Saat Malam Hari

Keberadaan ikan sungai malam hari
Youtube.com

Belajar Beradaptasi Tanpa Cahaya

Tips Mancing yang pertama adalah, ketika di siang hari, Kamu mungkin terbiasa melihat apapun dengan jelas, mulai dari area di sekitarmu hingga senar alat pancingmu.

Tapi apa yang bisa Kamu lihat di siang hari mungkin berbeda ketika di malam hari. Kamu akan memancing dengan penerangan yang minim.

Hal yang perlu Kamu siapkan adalah membawa sumber pencahayaan seperti petromax atau genset lampu yang memudahkan Kamu melihat senar pancingmu.

Penglihatan Kamu harus lebih baik pada malam hari karena cahaya bulan saja tidak akan cukup.

Apalagi jika Kamu memancing pada malam yang gelap atau mendung. Menjaga penggunaan sumber lampu tambahan seminimal mungkin adalah ide yang baik untuk menangkap banyak ikan.

Ada baiknya sih jika Kamu menggunakan sumber cahaya Kamu memiliki warna merah atau hijau karena dua warna tersebut tidak akan berbelok ke arah air.

Sediakan Beberapa Joran dengan Umpan

Trik kedua ketika mengetahui Posisi Ikan Sungai Malam Hari di sungai dan kamu hendak memancing, adalah sediakan beberapa joran dengan umpan.

Jadi, setiap joran ini sudah Kamu pasang sebelumnya dengan beberapa umpan untuk memudahkan Kamu ketika sudah sampai di sungai.

Jadi, ketika malam hari dengan kondisi pencahayaan yang minim, banyak pemancing yang merasa kesulitan dalam memasang umpan.

Nah, dengan sudah menyiapkan joran dan umpan sekaligus di satu waktu, Kamu tidak harus bolak balik kesulitan memasangnya.

Kamu dapat menggunakan pancing cadangan untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.

Kenali Daerah Kamu

Memancing di malam hari itu penuh resiko sehingga Kamu ada baiknya luangkan waktu untuk membiasakan diri dengan tempat Kamu memancing saat masih siang hari. Catat rintangan yang mungkin menghalangi Kamu.

Kenali dengan sebaik mungkin daerah yang hendak Kamu jadikan tempat memancing, jika perlu Kamu bisa membuat sketsa peta.

Tentunya jauh lebih mudah untuk memancing di tempat yang Kamu kenal baik daripada yang tidak pernah Kamu jelajahi bukan?

Baca Juga : Jam Makan Ikan Di Sungai

Jangan Terlalu Berisik

Se telah mengetahui Posisi Ikan Sungai Malam Hari maka, harus selalu berusaha untuk menjaga suasana tetap hening dan jangan terlalu banyak mengeluarkan kebisingan.

Hindari hal-hal yang menjadikan suasana memancing Kamu menjadi berisik seperti memindahkan barang-barang, membuang jangkar ke laut, tertawa dan sebagainya.

Hal-hal tersebut akan merugikan Kamu nantinya karena ikan cenderung menghindari sumber suara yang berisik. Pastikan Kamu menjaga keheningan dengan seminimal mungkin.

Ekstra Hati-hati

Duduk dan berdiri saat melepaskan kail yang ditangkap dengan umpan merupakan masalah serius yang akan Kamu hadapi ketika memancing dalam kegelapan.

Jadi, untuk menghindari resiko terjatuh setelah mengetahui Posisi Ikan Sungai Malam Hari adalah, baiknya jika Kamu melemparkan umpan dengan duduk dalam posisi stabil.

Berhati-hatilah agar Kamu tidak kehilangan keseimbangan dan jatuh ke dalam air karena kondisi cahaya yang minim bisa menjadi hal yang membahayakan.

Di siang hari, Kamu mungkin bisa menahan benturan dengan benda atau memegang sesuatu di samping Kamu agar tidak mudah terjatuh.

Namun saat malam hari, Kamu akan sulit untuk mengatasi masalah ini ketika mudah terguncang dan kehilangan keseimbangan.

Selain memiliki sumber cahaya berupa petromak atau benda lainnya, pastikan Kamu juga memiliki senter sehingga bisa memudahkan Kamu menyorot hasil tangkapanmu nantinya.

Baca Juga : Tips Mancing Malam Di Sungai

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Posisi Ikan Sungai Malam Hari dan cara memancingnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Join the discussion

Memancing.info