Tips Mancing Di Musim Hujan

2 min read

Tips Mancing Di Musim Hujan

Sebagai seorang pemancing, baik yang sudah senior ataupun masih pemula, ada salah satu hal penting yang harus diketahui, yakni bagaimana Tips Mancing di musim hujan agar hasil yang didapat tetap banyak dan tidak boncos.

Keadaan cuaca menjadi salah satu faktor penentu yang penting. Sehingga, bila kita menghiraukan hal ini, bisa-bisa hasil yang didapat akan mengecewakan. Untuk itu, perlu kiranya mengetahui Tips Memancing di musim penghujan.

Sejatinya, ketika hujan turun terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, benar-benar mengganggu para pemancing untuk menuangkan hobinya. Karena faktanya, ada beberapa kesulitan yang akan dialami ketika memancing di sungai saat musim hujan.

Misalnya seperti pelampung yang tidak begitu jelas pergerakannya, sehingga kita sering terkecoh. Yang kedua yakni suhu air yang menurun, sehingga membuat ikan lebih memilih untuk berdiam diri di sarang-sarang mereka. Untuk itu, Memahami Teknik Mancing Di Musim Hujan adalah solusi.

Selain mampu memahami keadaan cuaca, jenis Umpan Mancing di musim penghujan juga harus diperhatikan, karena ada beberapa hal-hal khusus yang harus dilakukan terlebih dahulu, yang menjadi pembeda pada waktu biasanya.

Tips Mancing Di Musim Hujan

Teknik mancing di musim hujan
Source : YouTube.com

Nah, untuk itu, Memancing.info telah merangkum untuk kamu semua, materi mengenai Cara dan trik mancing di musim penghujan, serta racikan umpan yang direkomendasikan. Simak selengkapnya di bawah ini :

Gunakan Pakaian Pelindung

Ini sangat berguna untuk tetap mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Pasalnya, badan yang terus-menerus tertimpa air hujan dalam waktu tertentu bisa menimbulkan hipotermia, yang diawali dengan tubuh yang menggigil.

Gunakanlah topi bermotif Coboy dan jas hujan. Intinya, usahakan jangan sampai menggigil, karena hal tersebut juga akan mengganggu pergerakan dan konsentrasi kita dalam melihat reaksi tali pancing, apalagi keadaan pengapung yang tidak stabil di permukaan air.

Memakai Sepatu

Selain topi dan jas hujan, jangan lupa pula untuk memakai sepatu. Ketika kita memancing di tepian sungai, rawa atau danau yang notabene ditumbuhi rerumputan atau semak-semak kecil, akan berpotensi diserang oleh Pacet, yakni hewan penghisap darah.

Selain Pacet, hewan-hewan melata seperti ular, kelabang dan kalajengking juga akan keluar dari sarangnya karena sedang basah. Nah, sepatu tabung / sepatu yang berdinding tinggi akan jadi metode antisipasi yang optimal.

Tempat Berpijak Yang Keras

Tips Mancing Ketika Musim Hujan selanjutnya yakni, carilah posisi duduk atau tempat berpijak yang keras dan tidak licin. Karena umumnya ketika hujan, tanah di sekitaran pinggiran sungai atau danau akan menjadi lembut karena sedang menyerap air.

Hal ini berguna untuk mengantisipasi kaki agar tidak terpeleset. Karena bila hal ini terjadi, tentu akan merepotkan kita. Selain itu, spot yang sedang kita gunakan juga akan terganggu, dan ikan akan terkecil hingga lari.

Carilah Spot Yang Terbuka

Berikutnya yakni carilah spot memancing yang terbuka. Ini berguna untuk mengantisipasi diri dari Sambaran petir secara langsung bila terjadi, karena dihalangi oleh pohon maupun tumbuh-tumbuhan lainnya.

Selain itu, spot tertutup juga akan meminimalisir air hujan yang jatuh langsung menimpa badan. Sehingga, bisa lebih menutup kemungkinan terkena hipotermia maupun menggigil. Di sisi lain, keadaan permukaan air juga akan sedikit tenang.

Baca juga : Umpan Ikan Laut Pinggiran

Teknik Mancing Di Musim Hujan

Nah, selain tips di atas yang bertujuan sebagai proteksi diri dari berbagai hal yang tidak diinginkan, tentunya kita juga harus menyesuaikan keadaan dengan teknik-teknik yang ada.

Teknik tersebut ialah teknik umpan melayang, yaitu penggunaan pelampung yang di setel sedikit naik. Hal ini akan menyebabkan pemberat di dalam air bisa bergerak lebih cepat bahkan menuju dasar air.

Nah, ketika umpan melayang saat memancing di musim hujan, maka ikan-ikan kecil maupun besar akan lebih tertarik untuk menyambar umpan. Maka dari itu, teknik ini sangat direkomendasikan dan cukup mudah untuk dicoba.

Teknik kedua yakni menggunakan Barel Swivel. Penggunaan penuntun umpan yang satu ini telah dipercaya dan direkomendasikan oleh pemancing-pemancing yang sudah profesional, ketika berburu di musim penghujan.

Dikatakan pula bahwa, teknik Barel Swivel ini akan berguna sebagai Stoper Timah, yang menyebabkan umpan akan bergerak mengikuti arus ikan secara alami, sehingga ikan akan lebih tertarik melihatnya. Itulah cara memancing di musim hujan.

Umpan Mancing Di Musim Hujan

Tips memancing di musim penghujan

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika memancing di musim penghujan adalah, umpan yang kita gunakan. Sejatinya, tidak terlalu berbeda dengan keadaan ketika musim kemarau atau panas.

Simak juga : Manfaat Hobi Memancing

Namun, dianjurkan untuk menggunakan umpan yang memiliki bau yang sangat amis, tujuannya adalah untuk melawan bau atau aroma air hujan. Kamu bisa menggunakan cacing, ulat, tempe busuk, usus ayam busuk dan racikan yang amis maupun busuk lainnya.


Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Tips Mancing Di Musim Hujan beserta teknik dan umpan yang digunakan. Semoga bisa memberi manfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih dan selamat memancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *