Tips Mancing Malam di Sungai

Tips Mancing Malam Di Sungai
Tips Mancing Malam Di Sungai

Tips Mancing Malam di Sungai – Siapa bilang kalau memancing di malam hari itu menyeramkan dan tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal?

Asal Kamu tahu, memancing di malam hari justru bisa membuatmu menghasilkan banyak sekali ikan, lho! Ya, selama Kamu tahu tips mancing malam di sungai.

Dengan Tips Mancing Malam di Sungai, maka Kamu bisa menghasilkan banyak ikan seperti yang diinginkan.

Waktu sebenarnya bukan sebuah halangan kok untuk orang yang hobi memancing agar bisa berburu ikan, termasuk malam hari.

Penasaran apa saja tips agar bisa mendapat banyak ikan di malam hari?

Tips Mancing Malam di Sungai

Memancing di sebuah sungai ketika malam hari ternyata lebih menyenangkan lho dibandingkan ketika siang hari.

Pertama, kamu tidak akan terkena panasnya matahari. Kedua, Kamu tidak akan mendapat banyak saingan karena jarang sekali ada orang yang mau memancing saat malam hari.

Ketiga, ikan-ikan jauh lebih agresif mencari mangsa ketika malam hari, jadi peluang untuk mendapatkan ikan akan semakin besar.

Namun, untuk bisa mendapatkan banyak ikan ketika malam hari, Kamu harus mengetahui beberapa triknya, ya!

Buat Kamu yang penasaran apa saja yang diperlukan sebagai Tips mancing ikan malam di sungai , coba gunakan beberapa cara ini :

Gunakan Chemical Light Snap

Perlengkapan pertama yang sekiranya perlu Kamu bawa ketika memancing di sore hari adalah chemical light snap.

Jadi alat ini mempunyai bentuk menyerupai stick kecil dengan cairan. Nah, alat ini bisa menyala kalau Kamu patahkan dan bisa dipasang di pelampung paling ujung.

Dengan Chemical Light Snap, maka suasana sekitar Kamu akan lebih menyala ketika memancing di malam hari.

Kamu jadi bisa memancing dengan sedikit penerangan yang ada. Untuk cairan yang bisa menyala ini cukup lama bertahan kok cahayanya.

Chemical Light Snap mampu menyala hingga 5–7 jam jadi cocok sekali untuk menerangi lokasi pemancingan Kamu ketika malam hari.

Lonceng Bel Klinting

Alat kedua yang perlu Kamu bawa selanjutnya adalah lonceng bel klinting yang berukuran kecil. Nah, bel ini bisa Kamu pasang di bagian ujung joran atau bisa juga dipasang pada stick.

Lonceng bel mini ini berfungsi sebagai penanda jika nantinya umpan Kamu berhasil dimangsa oleh ikan.

Lonceng otomatis akan berbunyi dan Kamu bisa siap untuk menarik joran dengan sekuat mungkin agar ikan tidak lepas dari kail.

Lampu Penerang

Selain menggunakan  Chemical Light Snap, Tips Mancing Malam di Sungai ini Kamu juga harus menyiapkan sebuah lampu penerang agar lebih maksimal dalam memancing.

Kamu bisa menggunakan petromaks atau bisa juga lampu teplok. Kalau Kamu punya sebuah genset mini, Kamu bisa kok mengandalkannya untuk sumber peneranganmu di sungai.

Apapun jenis lampu yang akan Kamu gunakan ketika memancing di malam hari, Kamu harus menyesuaikannya dengan jenis ikan yang ingin Kamu buru.

Misal, Kamu ingin berburu ikan mujair atau nila, keduanya adalah jenis ikan yang suka dengan cahaya yang terang sehingga Kamu harus menggunakan sebuah lampu dengan pencahayaan terbaik.

Dalam hal ini, Kamu bisa menggunakan genset agar bisa menarik perhatian mujair dan nila.

Sementara untuk Kamu yang ingin berburu ikan tombro, bader  atau tawes, karakteristik dari 3 ikan ini adalah tidak begitu menyukai terang.

Maka dari itu, Kamu bisa kok menggunakan pencahayaan yang minim.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tips mancing malam hari di sungai
Kompas.com

Sebagai Tips Mancing Malam di Sungai, maka udara yang akan di sekitar pastinya lebih dingin, ya!

Nah, agar Kamu nyaman saat memancing, pastikan Kamu membawa berbagai macam pakaian atau peralatan yang dirasa membuatmu nyaman seperti jaket, sarung, selimut, syal atau sepatu boot.

Beberapa perlengkapan tersebut sangat bagus digunakan karena Kamu memancing di malam hari yang udaranya begitu menusuk kulit.

Jangan lupa untuk sediakan sebuah termos untuk membuat kopi dan camilan agar Kamu tidak mudah kelaparan.

Gunakan Umpan yang Sekiranya Disukai

Setelah perlengkapan yang mendukung, maka hal yang perlu Kamu perhatikan saat memancing di malam hari adalah umpan yang hendak diberikan.

Nah, Kamu bisa kok menggunakan beberapa jenis Umpan Ikan Sungai yang dikenal memiliki bau amis untuk menarik ikan yang hendak dibidik.

Beberapa umpan dengan bau amis tersebut adalah udang, pelet ikan atau beberapa umpan lainnya.

Pastikan bahwa umpan Kamu ini memiliki kandungan protein bagus dan baunya amis juga sedap agar ikan tertarik dengan kailmu.

Baca Juga : Jam Makan Ikan Di Sungai

Taburkan Dedak Sebelum Memancing

Tips mancing malam di sungai yang terakhir adalah gunakan dedak. Jadi, dedak adalah sisa dari penggilingan padi dan tidak lagi bisa digunakan.

Nah, dedak ini biasanya digunakan oleh orang-orang sebagai pakan hewan seperti ayam.

Uniknya, dedak juga bisa lho dimanfaatkan oleh pemancing untuk menghasilkan banyak ikan.

Jadi, Kamu bisa menaburkan dedak di atas sungai jika ingin menarik banyak ikan. Kamu juga bisa melumurkan dedak ke umpanmu. Dengan dedak, maka Kamu bisa mendapatkan hasil memuaskan.

Baca Juga : Posisi Ikan Sungai Malam Hari

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Tips Mancing Malam di Sungai agar mendapat hasil yang lebih maksimal. Semoga Bermanfaat.

Join the discussion

Memancing.info