Tips Memilih Joran Pancing

Tips memilih joran pancing

Tips Memilih Joran Pancing – Joran merupakan Peralatan Mancing yang wajib dimiliki. Di pasaran Anda akan menemukan banyak pilihan joran pancing.

Untuk itu tips menentukan joran pancing bagi para pemancing wajib Anda ketahui. Ada beberapa teknik memancing yang tidak membutuhkan joran.

Secara umum memancing seringkali menggunakan joran pancing. Jika salah dalam memilih joran, maka hal ini dapat mengganggu kegiatan memancing.

Membeli joran pancing tidak harus dengan harga yang mahal, yang terpenting yaitu joran yang Anda beli tersebut cocok terhadap target memancing.

Tips Memilih Joran Pancing

Menentukan pilihan joran pancing dapat dikatakan susah-susah gampang. Terutama bagi pemula yang masih berada dalam tahap belajar memancing.

Tidak perlu berkecil hati, karena tips berikut ini akan sangat membantu Anda agar menemukan joran pancing terbaik:

Sesuaikan dengan Teknik Memancing

Cara memilih joran pancing
Bp-guide.id

Teknik memancing ada banyak sekali, untuk itu sebelum Anda memilih joran pancing harus disesuaikan pada sasaran dan teknik memancing yang Anda gunakan. Teknik memancing jigging pastinya berbeda dengan teknik fly fishing.

Hal ini juga berlaku ketika Anda memancing ikan di air laut pastinya berbeda saat memancing di kolam, air tawar, atau di tambak.

Jika salah memilih joran, sering kali mengalami permasalahan seperti senar terbelit, senar terurai, joran patah, dan tidak nyaman ketika melempar umpan..

Komposit dan Bahan Joran Pancing

Sebagai orang yang memiliki hobi memancing, hal wajib yang perlu diketahui sebagai Tips Memilih Joran Pancing yaitu jenis bahan dan komposit joran pancing.

Ada beberapa jenis bahan maupun komposit joran yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti berikut:

Bahan Karbon

Joran yang terbuat dari bahan karbon mempunyai ciri kurang lentur dan ringan. Harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan joran lainnya. Alasannya ketika strike lebih enak dibandingkan tipe fiberglass.

Saat menggunakan joran dari bahan karbon, Anda tidak diperkenankan untuk joran terlalu melengkung karena hal ini bisa menimbulkan patah. Sementara karakter dari bahan carbon lebih ketat.

Tipe joran dengan bahan ini yaitu semikonduktor atau dapat mengalirkan arus listrik. Untuk itu, ketika ada halilintar atau petir dan Anda sedang memancing, maka berhati-hatilah.

Bahan Fiberglass

Bahan fiberglass pada joran mempunyai karakter yang lentur dari ujung sampai pangkal. Pada biasanya bahan fiberglass ini dapat ditekuk hingga ketemu antara ujung dan pangkalnya.

Dalam Tips Memilih Joran Pancing ini, Harganya jauh lebih murah, namun bebannya lebih berat pada biasanya.

Fiberglass seringkali digunakan oleh pemula. Apabila target sasaran Anda adalah ikan besar, maka jangan menggunakan joran tipe ini.

Terlebih lagi ukurannya yang kecil, karena sangat tidak nyaman dan tidak mudah high.

Karbon Komposit

Karakter yang lebih mudah dikenali dari bahan joran high carbon composite yaitu terasa lebih mantap dan ringan saat strike. Selain itu, juga mempunyai aksen yang sangat bagus sekali.

Wajar saja jika harga yang ditawarkan pun jauh lebih mahal. Selain itu, joran dengan bahan ini juga membutuhkan perawatan secara khusus.

Pada biasanya karbon komposit ini banyak digunakan para pemancing profesional.

Perhatikan Diameter Joran

Pengaruh diameter joran pancing
Lazada.co.id

Joran mempunyai beberapa diameter yang beragam. Untuk itu, sebelum memancing Anda juga perlu memperhatikan diameter dari joran tersebut.

Joran yang mempunyai diameter besar tentunya tidak terasa nyaman saat dipegang.

Terlebih lagi pada pemancing yang mempunyai ukuran tangan lebih kecil daripada diameter joran.

Sebaiknya jangan memilih joran berdiameter kecil apabila Anda memancing di lautan dan target ikan besar. Tentu hal ini akan sangat merepotkan diri Anda sendiri.

Menentukan Lokasi Memancing

Tips memilih joran pancing selanjutnya yaitu dengan menentukan di mana lokasi Anda memancing. Misalnya seperti di sungai dangkal, tepi danau, lautan, kolam pancing, maupun yang lainnya.

Dengan menyesuaikan antara lokasi memancing dan joran pastinya lebih memudahkan pemancing untuk menghandle joran pancing.

Memang tidak ada aturan secara khusus dalam penggunaan joran pada tempat-tempat tertentu.

Akan tetapi, hal ini sangat berhubungan erat terhadap tingkat kenyamanan pemancing.

Menggunakan jenis joran batangan dipercaya mampu menjadikan pemancingan merasa lebih tenang dan enjoy.

Jika Anda memancing di laut disarankan untuk menggunakan joran yang tergabung pada reel. Bisa juga dengan menggunakan include atau terpisah.

Hal ini dikarenakan lokasi memancing di laut membutuhkan benang pancing atau senar yang jauh lebih panjang.

Baca Juga : Tips Memilih Senar Pancing

Sesuaikan dengan Reel yang Digunakan

Tips Memilih Joran Pancing Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih joran pancing yaitu dengan memperhatikan reel yang Anda gunakan.

Apabila menggunakan spinning reel, maka direkomendasikan agar memilih joran tipe underhead reel.

Sementara jika menggunakan baitcasting reel, disarankan untuk menggunakan joran overhead reel.

Sebaiknya Anda jangan sampai salah dalam menentukan pilihan ini dan jangan sampai terbalik.

Dengan demikian, memancing semakin menyenangkan dan membuahkan hasil.

Menyesuaikan Panjang Joran dengan Teknik dan Spot

Menentukan jenis joran dengan spot mancing
Infohobikamu.com

Anda harus tahu bahwa masing-masing dari teknik memancing pastinya akan membutuhkan panjang joran pancing yang tidak sama.

Akan tetapi, hal ini harus disesuaikan terhadap kebutuhan masing-masing pemancing.

Selain memperhatikan dari segi teknik, Anda pun juga harus melihat dari segi spot seperti spot air tawar yang mempunyai banyak ranting kayu dan semak belukar.

Jika menggunakan joran dengan ukuran terlalu panjang, pastinya akan sangat menyusahkan Anda sendiri.

Untuk itu, sebelum memancing, menentukan joran bisa menyesuaikan antara panjang joran dengan teknik dan spot memancing.

Baca Juga : Jenis Jenis Reel Pancing

Perhatikan Diameter Joran

Sebagai Tips Memilih Joran Pancing ini, Diameter joran menjadi pusat perhatian bagi pemancing kelas profesional maupun pemula.

Joran yang mempunyai diameter besar sangat tidak nyaman ketika dipegang. Namun, jangan juga memilih joran dengan ukuran yang terlalu kecil.

Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan Anda terutama saat ingin memancing ikan besar di lautan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ingin memancing.

Sesuaikan dengan Kegunaan Joran Pancing

Ada beberapa jenis joran pancing yang bisa Anda temukan. Namun, hal ini pun juga disesuaikan terhadap kebutuhan dan fungsinya.

Berikut ini ada beberapa jenis joran pancing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan dari fungsi dan kegunaannya, yaitu:

  • Joran pancing baitcasting : Tidak tepat bagi Anda yang membutuhkan ketepatan dan tidak cocok jika digunakan untuk spot yang sulit untuk dijangkau.
  • Joran pancing surf casting : Cocok jika Anda berada di atas tebing ketika memancing.
  • Joran pancing popping : Joran popping tepat bagi Anda yang memancing menggunakan umpan buatan.
  • Joran pancing jigging : Joran ini tepat ketika menggunakan umpan jig.
  • Joran pancing trolling : Digunakan untuk memancing menggunakan teknik menyeret umpan.
  • Joran pancing ice fishing : Sangat cocok pada spot yang beku.
  • Joran pancing fly fishing : Digunakan saat menggunakan umpan, khusus joran pancing telescopic atau antena. Joran ini paling banyak digunakan oleh pemancing pemula.
  • Joran pancing walesan atau bambu : Sangat cocok jika Anda yang memancing menggunakan sistem galatama.
  • Joran pancing pople : Sangat cocok bagi Anda yang suka memancing dengan spot jarak dekat.

Baca Juga : Tips Memilih Reel Pancing Spinning

Hobi memancing memang banyak digemari para pria, baik itu di kolam ikan, sungai, rawa, bahkan sampai laut.

Agar tidak salah menentukan pilihan joran, maka Tips Memilih Joran Pancing seperti di atas bisa dijadikan sebagai acuannya.