Tips Memilih Reel Pancing Spinning

Tips Memilih Reel Pancing Spinning – Reel pancing adalah penggulung untuk kenur atau senar yang sangat penting bagi seorang pemancing.

Fungsi dari benda ini yaitu agar lebih memudahkan pemancing ketika melempar umpan maupun menarik ikan. Ada beberapa tips memilih reel pancing spinning yang wajib Anda ketahui.

Sebagai pecinta dunia mancing, ternyata pemilihan Perlengkapan Mancing reel memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Di pasaran Anda akan menemukan dua jenis reel, yakni reel baitcasting dan reel spinning. Pemilihan reel yang salah, maka dapat membuat kegiatan memancing menjadi repot.

Tips Memilih Reel Pancing Spinning

Reel merupakan benda paling utama yang wajib diperhatikan ketika ingin memancing. Pemilihan reel memang tergantung pada preferensi pribadi.

Dari kedua pilihan memberikan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk itu, pilihlah reel yang sekiranya paling efektif.

Agar tidak salah memilih, berikut ini ada beberapa Tips Memilih Reel Pancing Spinning yang bisa Anda manfaatkan, khususnya bagi pemula, di antaranya :

Ukuran Reel Pancing

Tips memilih reel pancing spinning
Aliemsurya.com

Memperhatikan ukuran dari reel pancing harus ditentukan secara tepat. Silahkan memilih reel yang sesuai pada sport di mana Anda akan memancing.

Misalnya seperti di rawa, sungai, danau, kolam, maupun laut.

Tidak sampai di situ saja, Anda pun juga harus menyesuaikannya terhadap jenis ikan yang ingin dipancing.

Berikut ini ada beberapa ukuran reel pancing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaitu:

  • Ukuran 500 – 1.000 tepat digunakan di area memancing seperti sungai, kolam harian, danau, atau rawa. Untuk teknik memancingnya, kolam harian dan casting.
  • Ukuran 1.000 – 2.500 tepat digunakan di area memancing seperti danau, rawa, sungai, kolam, muara, maupun di tepian pantai. Teknik memancing yang digunakan yaitu kolam harian dan casting, galatama mas atau lele.
  • Ukuran 2.500 – 3.000 tepat digunakan di area memancing seperti tepi pantai dan sungai. Teknik memancingnya yaitu kolam monster fish, muara conser mancing tenggiri.
  • Ukuran 4.000 ke atas, cocok digunakan di salt water atau laut. Teknik memancing yang paling tepat yaitu surf fishing, rockfishing, dasaran, jigging, dan popping.

Tipe dan Kekuatan Reel Pancing

Tips Memilih Reel Pancing Spinning berikutnya, kamu bisa menentukan reel pancing berdasarkan dari segi tipenya. Ada tipe 2.000 – 2.500 bahkan sampai 20.000. Untuk angka 500, artinya 500:1.000 gram.

Berarti reel type 500 memiliki drag maksimum sebesar 1 kg atau 1.000 gram.

Sementara reel inilah yang dapat mengangkat ikan dengan ukuran 1 kg. Hal ini berlaku untuk tipe yang lainnya dengan perbandingan 1:3.

Untuk beratnya itu sendiri merupakan kemampuan reel untuk menahan tarikan ikan.

Baca Juga : Reel Spinning Murah Berkualitas

Ukuran dan Bahan Spool

Cara mengetahui bahan spool reel
Theatmojo.com

Spool mempunyai fungsi untuk tempat senar digulung. Jika ukuran spool semakin besar, maka senar yang bisa digulung pun juga semakin panjang.

Sementara spool memiliki fungsi utama sebagai penahan dari senar tersebut.

Kualitas Drag

Tips Memilih Reel Pancing Spinning berikutnya, disarankan untuk tidak menyeting bagian drag hingga maksimal atau sampai mati. Hal ini justru dapat merusak gear yang terdapat pada reel.

Bahkan hal buruknya Anda pun dapat ikut tercebur ke laut, karena tubuh yang menjadi penahannya.

Jika tidak menggunakan drag yang baik dan berkualitas tinggi, maka risiko yang bisa diperoleh pemancing yaitu senar putus.

Selain itu, Anda juga kehilangan ikan yang sudah tertangkap. Sebelum memancing pastikan bahwa reel mempunyai drag yang non konstruktif dan mulus.

Drag di reel juga menjadi pusat perhatian sebelum Anda mulai memancing.

Peran dari drag itu sendiri memberikan perlawanan terhadap ikan selama fight. Selain itu, juga membiarkan senar agar keluar pada saat ikan melawan.

Sebab itulah kualitas sistem drag pada reel pancing harus diperhatikan dengan baik, agar bisa memperoleh ikan yang besar.

Baca Juga : Tips Memilih Joran Pancing

Fitur pada Reel Pancing

Tips Memilih Reel Pancing Spinning , Pada bagian reel pancing ini harus terdapat fitur anti reverse handless. Fitur inilah yang mempunyai fungsi supaya handle tidak berputar balik.

Sebaiknya Anda mencari jenis reel lain, apabila reel yang Anda gunakan masih ada putaran baliknya.

Baca Juga : Tips Memilih Senar Pancing

Perbandingan Gear Rasio

Mengetahui gear ratio pada reel
Outdoorlife.com

Tips dalam menentukan reel pancing spinning selanjutnya yaitu pemilihan gear rasio. Gear rasio adalah perbandingan dari banyak putaran per 1 putaran pada handle.

Seperti contohnya gear rasio 3:1 maka berarti 10 berputar sebanyak 3 kali pada setiap kali Anda memutar pegangan atau handle.

Anda banyak menemukan reel yang memiliki gear ratio lebih tinggi yaitu sampai 6 : 1. Namun, jangan heran jika harga yang ditawarkan pastinya jauh lebih mahal.

Sebaiknya Anda menggunakan reel dengan gear rasio ukuran sedang, yaitu antara 4 :1

Bisa juga dengan maupun 4.5:1. Ukuran ini dianggap sebagai putaran reel yang lebih lambat.

Tentu alasannya karena tidak mempunyai banyak senar yang diambil ketika proses pemutaran. Keuntungan yang diperoleh yaitu gulungan akan memberikan torsi yang lebih.

Terutama ketika memancing ikan dengan ukuran yang besar. Kecepatan tinggi berada pada angka 6 : 1.

Namun, hal ini tergantung dari segi gaya memancing Anda, seperti medium speed, rate, high, maupun slow.

Apabila hanya memilih satu reel spinning saja, maka cobalah memilih model kecepatan sedang yaitu 4: 4.

Akan tetapi, apabila Anda dapat membeli lebih dari satu reel, sebaiknya pilih beat atau high-speed. Tujuannya agar dapat mengcover seluruh keadaan.

Jigging dan popping dasar pada biasanya rasio yang digunakan dibawah 4,9 : 1. Sementara untuk casting dan popping menggunakan rasio 5,0 : 1 ke atas.

Baca Juga : Jenis Reel Pancing

Perhatikan Komponen Ball Bearing

Tips Memilih Reel Pancing Spinning, kehadiran spinning reel yang dilengkapi dengan bushing atau ball bearing ini sangat berpengaruh.

Khususnya terhadap kelancaran, stabilitas, dan dukungan selama memancing. Kebanyakan dari spinning reel juga mempunyai fungsi sebagai bantalan rol.

Pada roller line 3 ball bearing yang  lebih banyak, secara otomatis putarannya pun juga semakin halus.

Jika Anda mampu, sebaiknya pilih reel yang mempunyai ball bearing dalam jumlah paling banyak. Minimal Anda bisa memilih ball bearing sebanyak 4 buah.

Kualitas Bahan Material

Cara mengetahui reel Spinning yang bagus
Kailpedia.com

Tips Memilih Reel Pancing Spinning adalah, bahan material yang berkualitas ditentukan berdasarkan dari bahan materialnya.

Pada biasanya reel memang dibuat dari bahan aluminium anodized atau grafit. Bahan tersebut kuat, namun terasa ringan.

Namun, tidak jarang beberapa reel yang terbuat dari bahan metal anti karat yang cukup berat dan kuat.

Anda juga bisa menemukan reel dengan bahan babbitt atau babet. Bahan magnesium menjadi bahan material berkualitas tinggi, ringan, dan awet. Bahkan bagian bodynya tidak terbuat dari bahan plastik.

Dalam aktivitas memancing, penggulung senar atau reel pancing memang menjadi bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan.

Seperti penjelasan di atas, bahwa ukuran reel sangat beragam, dari yang berukuran kecil, menengah, bahkan hingga ukuran besar.

Baca Juga : Tips Memilih Ukuran Reel

Melihat hal ini, wajar saja jika sebagian dari pemancing, khususnya pemula merasa kebingungan dalam menentukan pilihan reel pancing spinning yang berkualitas baik.

Beberapa tips memilih reel pancing spinning yang ada di atas bisa dijadikan sebagai acuan agar tidak salah memilih.

Leave a Reply