Cari
Tips memilih ukuran reel

Tips Memilih Ukuran Reel

Ulasan mengenai Tips Memilih Ukuran Reel di bawah ini semoga bisa membantu kamu dalam menentukan reel terbaik untuk digunakan. Simak selengkapnya dan selamat membaca.

Sebelum memasuki pembahasan, ketahui terlebih dahulu bahwa Reel jenis spinning & BaitCasting menjadi reel paling banyak digunakan di Indonesia. Selain harganya tergolong murah, pemakaiannya juga gampang.

Tips Memilih Ukuran Reel Pancing

Reel sendiri adalah media dalam Peralatan Memancing yang berfungsi sebagai penggulung, pengulur dan pengatur senar / kenur yang kita gunakan. Posisinya sangat penting dalam dunia memancing.

Karena Jenis Reel Pancing juga sangat bervariasi dengan berbagai tipe dan merek, maka kamu harus pandai dan berhati-hati dalam menentukan sebelum memutuskan untuk membeli. Jika salah pilih, bisa berdampak tidak baik nantinya.

Menurut saya pribadi, hal ini cukup penting untuk dipertimbangkan, karena banyak hal dalam dunia Memancing yang memiliki ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya keadaan air, jenis ikan, jenis umpan yang dipakai, jenis joran, spot dan lokasi memancing bisa mempengaruhi ukuran reel yang kita pakai. Untuk itu, Tips Memilih Ukuran Reel Spinning ini perlu untuk kamu simak.

Secara umum, jenis reel yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Spinning dan BaitCasting. Nah, berikut panduan dalam memilih ukuran reel yang dilansir dari berbagai sumber.

Memilih ukuran Reel yang Tepat

Tips memilih ukuran reel pancing spinning
Aliemsurya.com

Dalam memilih ukuran reel, kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan spot atau lokasi yang hendak dituju, misalnya sungai, rawa, waduk ataupun laut.

Beda spot akan beda pula jenis ikannya, dan ikan yang berbeda akan ada pula ukuran reel yang direkomendasikan. Perhitungannya sebagai berikut :

  • Ukuran 500-1000 : Cocok untuk memancing di spot rawa, kolam, sungai dan danau, dengan menggunakan teknik casting, umpan racikan / dari bahan alami
  • Ukuran 1000-2500 : Cocok digunakan di Kolam, Sungai, Rawa, Danau, Muara bahkan di Tepian Pantai, dengan teknik Galatama lele / mas dan kolam harian.
  • Ukuran 4000 ke atas : Ukuran sebesar ini tentu dirancang khusus untuk memancing di laut, dengan menggunakan teknik Dasaran, RockFishing, Surf Fishing, Jigging dan Popping.

Memahami Kekuatan Reel

Tips Memilih Ukuran Reel berikutnya, bahwa Kekuatan dari sebuah reel juga sejalan dengan ukuran yang diusungnya. Ketika membeli reel, kamu akan melihat angka-angka seperti 500, 1000, 2000, 2500, 3000 sampai 20000 yang menjadi kelas dari tipe reel tersebut.

Sebagai contoh angka 500, yakni 500;1000 gram, yang artinya reel mampu mengangkat ikan dengan berat 1000 gram atau 1 kilogram. Begitu seterusnya dengan perbandingan 1;2.

Kemampuan reel dalam mengangkat ikan disebut dengan Drag. Namun, ada elemen lain yang juga perlu dimiliki, yakni skill ketika terjadi strike. Karena meski senar berukuran besar, bisa saja putus bila teknik tidak ada.

Memperhatikan Spool

Spool pada reel pancing
Shopee.co.id

Tips Memilih Ukuran Reel selanjutnya ialah dengan memperhatikan spool pada reel. Spool adalah media sebagai tempat digulungnya senar tersebut. Semakin besar spool, semakin panjang pula muatan senar.

Kualitas Drag System

Kualitas Drag System pada reel pancing juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Drag memiliki pengaruh yang besar ketika Angler mendapat perlawanan dari ikan.

Kamu harus memperhatikan bagaimana kualitas drag sistem yang dimiliki, kelancaran senar yang keluar ketika ikan menarik umpan dan lainnya selama fight.

Fitur Anti Reverse Handles

Pada Fitur Anti Reverse Handles ini, fungsinya adalah agar handle tidak berputar atau bergeser tidak sejas saat strike. Jika masih berputar, lebih baik cari reel yang lain saja.

Baca Juga : Harga Reel Spinning Murah Berkualitas

Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing

Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing
Acehanglerscommunity.blogspot.com

Gear Ratio adalah perbandingan antara jumlah putaran yang terjadi pada reel dalam 1x putaran handle. Misalnya 3:1, artinya Spool akan berputar 3x setiap kamu memutar handle.

Namun berbicara mengenai Gear Ratio dalam Tips Memilih Ukuran Reel ini, benar-benar tergantung pada Angler itu sendiri. Saat ini, banyak yang menggunakan Gear Ratio dengan perbandingan 6:1.

Menurut saya itu terlalu cepat. Banyak Angler yang merekomendasikan untuk memakai Gear Ratio dengan perbandingan 4:1 – 4.5:1, dengan putaran lambat dan tidak banyak senar yang digulung saat handle dimainkan.

Namun kembali lagi kepada Angler itu sendiri, karena ada yang namanya teknik high, slow atau medium speed rate yang diperlukan. Jika sobat hanya dapat memilih satu reel spinning, cobalah untuk memilih model kecepatan sedang (4 – 4.5:1).

Komponen Ball Bearing

Tips Memilih Ukuran Reel selanjutnya yakni memahami Komponen Ball Bearing, media ini berfungsi sebagai penentu kelancaran, dukungan dan stabilitas pada reel pancing.

Semakin banyak ball bearing, maka putaran gulungan akan semakin halus. Namun, untuk mendapatkan reel dengan jumlah ball bearing yang banyak, tentunya kamu harus mengeluarkan budget yang lebih.

Baca Juga : Tips Memilih Reel Pancing Spinning

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Tips Memilih Ukuran Reel Pancing Spinning agar mendapatkan jenis yang memuaskan dan sesuai. Semoga bermanfaat dan Selamat Memancing.

Join the discussion

Memancing.info