Cari
Trik mancing ikan tawes

Trik Mancing Ikan Tawes

Trik Mancing Ikan Tawes – Tawes atau nama lainnya lawak, lalawak, turub hawu, bale kandia dan badir ini merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang populer di Indonesia.

Keberadaan ikan tawes tersebar luas hingga ke pelosok negeri. Selain di alam liar, budidaya Ikan Tawes juga banyak dilakukan masyarakat dengan menempatkannya di kolam-kolam ikan.

Selain rasanya yang lezat dan gurih, harga jualnya juga cukup tinggi. Bagi kamu yang tertarik berburu ikan ini, ketahui beberapa fakta dan Trik Mancing Ikan Tawes di bawah ini. Apa sajakah itu? Langsung saja simak ulasannya.

Trik Mancing Ikan Tawes

Sebelum pergi memancing ikan, ada beberapa hal yang tentunya perlu untuk diperhatikan dan dipersiapkan, diantaranya adalah joran, reel, dan yang terpenting ialah umpan.

Nah, beberapa Umpan Ikan Tawes yang direkomendasikan telah pernah saya buatkan artikelnya tempo hari. Memakai umpan potensial tentu bisa menaikkan persentase pendapatan kamu nantinya.

Selain itu, perlu pula bagi kamu untuk memahami Tips Mancing, habitat ikan tawes, jadwal makan, jam potensial, spot terbaik hingga Trik Mancing Ikan Tawes agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Umpan Ikan Tawes

Tawes merupakan jenis ikan yang sensitif, kamu memerlukan konsentrasi, kefokusan dan kehati-hatian. Selain itu, butuh kesabaran yang ekstra pula karena ikan ini juga memiliki tarikan yang kuat.

Untuk melengkapi Teknik Mancing Ikan Tawes ini, kamu memerlukan beberapa jenis umpan yang jitu. Untuk bahan alami, kamu bisa pakai lumut, pisang matang, kacang-kacangan, daun sawi hijau, dan sejenisnya.

Sedangkan jika ingin menggunakan umpan hewan, pakailah cacing, jangkrik, belalang sawah, laron, udang rawa, kroto, dan serangga-serangga kecil lainnya. Sedangkan untuk umpan racikan, bisa kamu baca selengkapnya pada artikel Umpan Ikan Tawes ini.

Intinya, ikan tawes merupakan spesies yang tergolong Omnivora atau pemakan segalanya, jadi tidak begitu sulit untuk menentukan umpan apa yang harus kita pakai.

Rangkaian Pancing Ikan Tawes

Selain umpan, elemen penting lainnya ialah bagian mata kail. Banyak Angler dari berbagai daerah yang menganjurkan untuk membuat rangkaian pancing khusus bila hendak berburu ikan tawes.

Rangkaian mata pancing ada banyak jenisnya, namun yang perlu diperhatikan pada kasus sebagai bagian dari Trik Mancing ikan tawes adalah susunan peralatan pada senar pancing yang kita gunakan. Simpelnya, seperti gambar di bawah ini :

Jejaksemut.com

Langkah-langkah dalam pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan perlengkapan bahan utama seperti kenur/senar, pelampung, stopper, timah kecil, kili-kili dan kail.
  • Langkah awal, ambil senar kemudian masukkan stopper 1, lalu pelampung dan diikuti stopper 2.
  • Setelah itu, masukkan timah pemberat kecil seukuran biji kedelai, lalu ikatkan dengan kili-kili.
  • Selanjutnya, pasang mata kail yang sudah disediakan.
  • Sehingga, urutannya menjadi stopper 1 > pelampung > stopper 2 > kili-kili > mata kail.

Hal-hal lain yang perlu diketahui sebagai bagian dari Trik Mancing Ikan Tawes selanjutnya adalah beberapa poin di bawah ini :

  • Pakailah penampung yang berbentuk panjang, tujuannya agar mudah dilempar ke arah spot.
  • Ukuran senar yang lembut, ukurannya antara 10-15 lbs.
  • Gunakan timah berjenis lempengan (opsional).
  • Gunakan pancing yang kecil, ukuran sekitar 4-6.
  • Pakailah rangkaian pancing tunggal.

Habitat Ikan Tawes

Seperti yang kita tahu, tawes ialah ikan air tawar. Namun secara spesifik, ikan tawes yang liar sangat suka dengan keadaan arus air yang sedikit deras, dengan suhu antara 22-28 °C.

Selain itu, ikan ini juga mudah ditemukan di perairan seperti waduk dan anak sungai. Untuk migrasinya, antara sungai induk ke anak-anak sungai, saluran air, dan dataran banjir, khususnya di awal musim hujan.

Untuk perkembangbiakan, ikan ini lebih suka di sungai dan rawa-rawa seperti perairan dengan air yang jernih dan terdapat aliran air, berhubung ikan ini memiliki sifat biologis yang membutuhkan banyak oksigen.

Baca Juga : Trik Mancing Nila Umpan Lumut

Teknik Mancing Ikan Tawes

Teknik mancing ikan tawes sungai
Jejakpetualangsungai.blogspot.com

Setelah mengetahui dan mempersiapkan umpan yang dirasa jitu serta perlengkapan lainnya sudah siap semua, saatnya mengetahui beberapa Trik Mancing Ikan Tawes ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama, tentunya mempersiapkan segala alat-alat pelengkap pancing kamu
  • Untuk ukuran joran, sebenarnya hanya menyesuaikan slot yang kamu tuju. Bila menggunakan reel, bisa memakai joran ukuran 150-165. Namun jika memakai joran tegek, panjang 2-3 meter sudah bagus.
  • Untuk ukuran senar, tidak perlu begitu tebal, karena ukuran ikan tawes mayoritas juga kecil, kamu bisa pakai senar ukuran 0.20 mm / 6 lbs (3 kg), atau mungkin lebih tipis lagi.
  • Karena mulut ikan tawes yang tergolong kecil, kamu bisa pakai ukuran kail 5-7.
  • Gunakan pelampung yang kecil, karena akan lebih sensitif, sehingga tarikan yang kecil sekalipun bisa terlihat.
  • Untuk ukuran pemberat, bisa menyesuaikan arus sungai saat itu.
  • Jika kamu memakai umpan bom, pakailah daun kangkung atau singkong. Caranya, ikat daun singkong / kangkung, lalu lemparkan ke spot. Kamu juga bisa menggunakan pemberat pada pelampung agar tidak cepat terbawa arus bila mancing di perairan yang agak deras.
  • Setelah ikan kawes sudah mulai berkumpul, kamu bisa segera beraksi. Prediksikan saja, apakah ikan sudah berkumpul atau belum.
  • Setelah umpan dilempar, kamu bisa memainkan Trik Mancing Ikan Tawes yakni menaik-turunkan umpan secara perlahan, agar ikan cepat melihat dan tertatik untuk menyambar.
  • Nah, setelah umpan disambar, hentakkan joran agar mata kail bisa langsung tertancap di mulut ikan.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Di Sungai

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Tips dan Trik Mancing Ikan Tawes beserta umpan dan tekniknya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Selamat Memancing.

Join the discussion

Memancing.info